Lebih dari 1 Miliar Perangkat Android Rawan Diretas

Kabar terbaru menyebutkan bahwa banyak smartphone Android yang rentan untuk diretas ketika para penggunanya mengakses situs-situs yang menyediakan lagu dan video. Para peretas akan mengalihkan akses ke situs-situs yang berbahaya. Hal ini terjadi karena terdapat kelemahan pada sistem keamanan Android yang diberi nama ‘Stagefright’.

Pada awal bulan Oktober ini, para ahli mengeluarkan peringatan terkait masalah terbaru pada stagefright. Dengan masalah tersebut, para peretas dapat mengakses smartphone Anda melalui file lagu dan video dengan kode-kode tertentu yang diunduh oleh penggunanya. Dengan file lagu dan video yang tersedia di berbagai situs di internet, hal ini tentu akan mempermudah para hacker untuk meretas smartphone Anda. Apa dampak terburuknya? Hal ini tidak hanya terjadi pada smartphone yang menggunakan Android versi 1.0, namun juga versi 5.1.1 Lollipop.

hack

Stagefright – isu keamanan perangkat Android

Para peneliti di Zimperium memperkirakan sekitar 950 juta pengguna Android akan terancam bila masalah ini tidak segera diselesaikan. Menurut Zuk Abraham, pendiri Zimperium Lab, jumlah pengguna yang terancam bahkan bisa meningkat menjadi 1,4 miliar.

Meskipun tidak ada yang menyebutkan seluruh perangkat Android rentan untuk diretas, namun peluang Anda untuk diretas sangat besar bila melihat jumlah yang diperkirakan di atas. Para hacker akan memanfaatkan celah ini dengan menjebak Anda untuk mengunduh file-file yang telah terinfeksi virus. “Hanya dengan mendengar lagu atau menonton video clip dapat menimbulkan masalah pada smartphone atau perangkat Android Anda,” Drake menyampaikannya melalui situs blog pribadinya untuk mengingatkan para pengguna Android agar berhati-hati.

note

Untuk mengatasi masalah yang menyebar luas itu, Google menyatakan pihaknya sedang berusaha keras untuk mencari solusi agar masalah tersebut tidak semakin parah. Para produsen smartphone, seperti Samsung, LG, HTC, Motorola, Lenovo, dan Huawei, juga bekerja sama untuk mencari solusi atas masalah tersebut.

android

Android, sistem operasi yang banyak digunakan saat ini

Dengan masalah Stagefright kali ini yang lebih berbahaya dan lebih meluas dari yang sebelumnya dan mengancam lebih banyak perangkat yang menjalankan Android, kami berharap Google segera menemukan solusinya dengan cepat agar tetap mendapat kepercayaan dari para penggunanya. Sebab, di tengah persaingan yang sangat kompetitif, para konsumen bisa saja beralih ke sistem operasi lain yang menawarkan sistem keamanan yang lebih baik.