3 Sistem Operasi Smartphone Coba Bersaing Dengan IOS Dan Android

Apple sudah mampu membekali smartphone produksinya dengan sistem operasi buatannya sendiri yaitu IOS, sedangkan smartphone dari merek lainnya mengandalkan sistem operasi Android. Kita masih jarang menemukan smartphone yang menjalankan sistem operasi selain IOS dan Android, seperti Ubuntu, Firefox, dan Sailfish.

Menurut statistic dari IDC, smartphone yang menjalankan IOS dan Android menguasai 96,3% pasar smartphone di seluruh dunia. IOS menguasai 14,8%, sedangkan Android 81,5%. Tentunya ada sistem operasi lainnya seperti Ubuntu, Jolla Sailfish, serta Fireffox dan masih banyak lagi yang ikut merancang sistem operasi smartphone untuk bersaing dengan IOS dan Android. Namun, tampaknya bersaing dengan dua penguasa sistem operasi smartphone itu sangat sulit baik di masa sekarang maupun di masa mendatang. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan secara singkat ketiga sistem operasi tersebut dan mungkin Anda akan menemukan salah satu sistem operasi yang lebih menarik daripada IOS dan Android.

Ubuntu

Ubuntu merupakan sistem operasi open source yang dapat dijalankan di berbagai perangkat, baik smartphone, tablet, komputer, server, dan bahkan cloud. Lebih lanjut, sistem operasi ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan sistem operasi Windows dan Mac pada komputer maupun laptop. Akhir-akhir ini, Canonical, perusahaan yang menciptakan Ubuntu, berupaya keras untuk mengembangkannya agar dapat memiliki kualitas yang sama dengan sistem operasi unggulan saat ini. Hasilnya, sistem operasi tersebut kini semakin banyak dijumpai pada tablet dan smartphone.

Ubuntu dikenal menyediakan kepada para penggunanya sebuah ‘Scope’ (aka home screen) yang berisi data-data yang disimpan di smartphone dan internet. Namun, keterbatasan jumlah aplikasi yang dimilikinya menjadikan Ubuntu kurang diminati di industry smartphone.

THREE Smartphone Operating Systems trying to replace iOS and Android!

 

Jolla Sailfish

Setelah dijual ke Microsoft, Nokia telah menghentikan pengembangan Meego, sebuah sistem operasi untuk smartphone yang berbasis pada Linux. Beberapa staf Nokia memutuskan untuk beralih ke Jolla dan kembali melanjutkan pekerjaan yang belum disempurnakan itu. Dari sinilah Sailfish lahir.

THREE Smartphone Operating Systems trying to replace iOS and Android!

Sistem operasi Sailfish versi 2.0 diperkenalkan pada bulan Juli 2015 dan dikabarkan dapat digunakan baik pada tablet maupun smartphone. Mereka mengklaim Sailfish versi 2.0 akan memberikan pengalaman yang berbeda karena dapat mengendalikan berbagai aplikasi secara bersamaan pada layar multitasking yang berukuran kecil.

Namun, salah satu hal yang membuat Sailfish kurang diminati adalah tidak mendukung untuk Google Play dan para pengguna harus meng-install-nya secara langsung melalui APK yang memerlukan proses yang lebih rumit serta waktu yang lebih lama.

Firefox

Firefox juga merupakan sistem operasi yang dikembangkan dari Linux dan digunakan pada tablet, smartphone, dam smart TV. Diciptakan oleh Mozilla, perusahaan yang lebih populer untuk nama web browser Mozilla Firefox, sistem operasi ini seharusnya bisa menjadi lebih populer, namun situasinya tidak seperti yang diharapkan. Sistem operasi ini dapat dijalankan pada berbagai perangkat dan juga dapat diperbaharui secara langsung dari perangkat yang menjalankannya.

THREE Smartphone Operating Systems trying to replace iOS and Android!

Menurut beberapa sumber informasi, Mozilla memiliki rencana untuk menciptakan smartphone Firefox dengan harga terjangkau (kurang dari Rp 3 juta) yang akan dipasarkan di Asia dan Afrika. Diharapkan rencana tersebut akan terwujud.

Menurut Anda, apakah ketiga sistem operasi ini memiliki peluang untuk menggantikan IOS dan Android suatu saat nanti?