Layar Smartphone Beresolusi Tinggi Saja Tidak Cukup

Layar Smartphone

Saat ini, bisa dikatakan terjadi persaingan antara Android dan Apple untuk menciptakan smartphone dengan spesifikasi yang tangguh, di antaranya prosesor yang semakin besar dan cepat, memori RAM yang semakin besar, serta layar yang semakin tipis namun memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada layar yang berukuran 50 inci.

Sebagian orang diperkirakan kurang puas dengan teknologi layar 1440, seperti yang terdapat pada Samsung Galaxy S6, yang ternyata membutuhkan daya yang besar sehingga boros baterai. Beberapa pengamat teknologi juga ada yang membandingkan kualitas layar 720p dan 1080p pada layar berukuran 5 inci. Suatu penelitian terkait hal ini juga dilakukan oleh GameBench, sebuah perusahaan yang meneliti nilai performa dari games untuk smartphone, untuk menganalisis hal tersebut.

Pada penelitian tersebut, GameBench mengambil beberapa potongan gambar dari tampilan games dari beberapa smartphone dengan resolusi layar yang berbeda-beda, yaitu iPhone 6 (720p), iPhone 6 Plus (1080p), dan Samsung Galaxy S6 (1440p). Ada 2 hal yang perlu diingat sebelum melangkah lebih jauh. Pertama, layar dengan resolusi yang lebih tinggi bisa saja menampilkan kualitas gambar yang lebih baik atau tidak memberikan perubahan apa-apa, tergantung skrip dari game tersebut dan juga kriteria yang diperlukan untuk menampilkan grafik dan efek visual pada layar yang beresolusi tinggi. Contoh yang paling mudah adalah dari game Asphalt 8 yang tampilannya tidak berbeda jauh pada Galaxy S6 meskipun layar pada Galaxy S6 memiliki resolusi yang lebih tinggi dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kedua, meskipun game tersebut memiliki kriteria untuk dimainkan pada layar 1440p, namun skrip dan efek dari game tersebut sama dengan game-game pada umumnya, maka hasil tampilan pada layar 1440p tidak jauh berbeda dan akan terlihat lebih kasar.

Add MediaCrops-comparison

Tampilan Asphalt 8 pada Samsung Galaxy S6 (kiri) dan iPhone 6 (kanan)

 

Seperti yang Anda lihat, meskipun layar pada Galaxy S6 memiliki resolusi yang lebih tinggi, namun tampilan dari game Asphalt 8 tersebut tidak jauh lebih baik pada layar 1440p, walaupun gambar dari iPhone 6 telah diperbesar sehingga kedua gambar tersebut memiliki ukuran yang sama. Hal ini tidak terjadi pada semua game, seperti Modern Combat 5 dan Dead Trigger 2 yang memiliki skrip yang sesuai untuk ditampilkan pada layar beresolusi lebih tinggi meskipun terdapat sedikit bagian yang tampak buram di sekelilingnya.

Crops-comparison-MC5

Tampilan Modern Combat 5 pada Galaxy S6 (kiri) dan iPhone 6 (kanan)

 

Gambar stetoskop pada layar Samsung Galaxy S6 sedikit lebih jelas dibandingkan pada iPhone 6. Dari 2 kejadian ini, kita bisa mencermati 2 faktor yang mempengaruhi hal di atas. Pertama, pencipta games untuk PC cenderung tidak terlalu memikirkan masalah kapasitas penyimpanan dari data-data game tersebut, sedangkan para pencipta game untuk smartphone dituntut untuk menciptakan game dengan memori yang kecil namun dengan tampilan yang berkualitas. Kedua, menciptakan game yang sesuai dengan resolusi layar yang berbeda-beda akan membutuhkan waktu yang lama serta biaya yang mahal.

Secara sederhana, hal-hal di atas terjadi karena game-game untuk smartphone tidak secara khusus didesain untuk dimainkan pada perangkat dengan ukuran layar yang cukup besar. Sekarang perhatikan kedua gambar di bawah ini. Gambar mana yang menurut Anda memiliki tampilan yang lebih baik?

GS6-DT2

Kedua gambar tersebut sangat mirip, sehingga agak sulit untuk ditemukan perbedaannya. Gambar sebelah atas berasal dari layar Samsung Galaxy S6 (2560 x 1440 piksel), sedangkan gambar sebelah bawah diambil dari iPhone 6 (1334 x 750 piksel). Gambar tersebut berasal dari game Dead Trigger 2 yang merupakan salah satu dari beberapa game yang sudah didesain agar memberikan kualitas tampilan yang baik pada perangkat dengan layar beresolusi lebih besar.

Sebagai kesimpulan, ada beberapa factor yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih smartphone yang memiliki layar beresolusi tinggi namun dengan ukuran yang kecil. Selain itu, Anda juga perlu memahami bahwa tidak semua game didesain sama dan dapat menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi ketika dimainkan pada smartphone dengan layar beresolusi tinggi.

Hal ini tentu tidak bisa diatasi oleh produsen layar saja, namun para produsen game pun memiliki peran yang cukup penting untuk menciptakan game yang memiliki kriteria yang baik agar menghasilkan gambar yang baik pada layar dengan resolusi yang lebih besar.