Samsung Galaxy S6 melawan Apple iPhone 6 Plus

Pendahuluan

Setelah melangkah pada pijakan yang salah dan kehilangan pegangan pada pasar tahun lalu, Samsung terpaksa untuk muncul dengan ponsel andalan yang mempesonal di tahun 2015. Samsung Galaxy S6 sudah hadir disini dan ponsel ini mempunyai potensial untuk membantu Samsung mendapatkan kembali pada jalurnya. Anda tidak dapat mampu untuk kecewa ketika posisi terdepan Anda terancam oleh berbagai kompetitor.

Salah satunya adalah Apple, yang mana cukup bertumbuh pada momentum paling banyak pada iPhone yang baru-baru ini, iPhone 6 dan 6 Plus. Dengan yang terdahulu, Cupertino memutuskan bahwa sudah saatnya untuk berkompetisi di segmen yang hampir seluruhnya diisi dengan Android phablet. Bagaimana Galaxy S6 berusaha terhadap iPhone 6 Plus ? Itulah apa yang kami ingin ketahui!

ss s6 vs iphone 6 plus - 1

Desain

Pada pertengahan 2014, Samsung memutuskan bahwa sudah saat nya melangkah dalam desain dan menggunakan bahan material yang berkualitas tinggi pada ponselnya. Perangkat pertama yang mempergunakan material seperti itu adalah Galaxy Alpha, tetapi hasil dari desain Samsung yang menyegarkan adalah Galaxy S6, perubahan yang cukup mencolok dari bahan plastik yang menjadi akar dari produk Galaxy, dipoles dan disempurnai sesuai visi bahasa desain perusahaan.

Eksterior dari Galaxy S6 membanggakan sebuah frame metal dengan sisi pinggiran yang diratakan, dilengkapi dengan penutup belakang yang terbuat dari Gorilla Glass 4 yang menambahkan status peremium dari Galaxy baru. Hal ini menempatkan dalam sebuah liga yang sama seperti pada iPhone 6 Plus, sebuahh perangkat yang juga membanggakan nilai premium yang besar dan kuat dari tubuh ponsel , meskipun lebih bergantung pada aluminium dari kaca.

Kedua ponsel menyebabkan rasa yang nyaman di tangan, dengan tidak adanya tepi yang tajam yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, meskipun iPhone 6 Plus berukuran tipis tetapi membuatnya sedikit tidak praktis, dalam perbandingan pada bentuk Galaxy S6 yang lebik kompak. Yang terdahulu juga terasa agak licin dikarenakan bagian belakangnya terbuat dari aluminium. Secara kontras, cover kaca belakang dari S6 tidak terlalu menyebabkan meluncur dari tangan. Sayangnya, karena covernya kaca maka lebih rentan terhadap nempelnya noda dan sidik jari dari pada iPhone 6 Plus.

Meskipun berbagi pada beberapa aspek desain yang secara umum (poisisi speaker pada sebagian bawah, kamera yang menonjol, dan konfigurasi tombol perangkat keras yang mirip),Galaxy S6 dan iPhone 6 Plus tetaplah berpijak pada akar mereka dan adalah wakil secara besar dari bahasa desain dari pembuat mereka.

Tampilan

Galaxy S6 umum memamerkan tampilan 5.1 inci, Quad HD Super AMOLED, sedangkan lawannya iPhone datang dengan 5.5 inci, IPS LCD yang membanggakan resolusi 1080 x 1920 pikse. S6 edge memamerkan sebuah densitas ultra tajam 577 ppi , yang mana membuatnya menjadi salah satu tertajam, iPhone 6 Plus dengan densitas piksel 401 ppi merupakan nilai densitas yang cukup baik.

Dalam konteks sifat mereka, tidak adanya yang mengecewakan. Keduanya secara ekstrim akurat, Galaxy S6 lebih seimbang ketika diatur ke Basic Screen Mode, karena memiliki temperatur warna white-point yang lebih baik (6550k) dari pada iPhone 6 Plus (7318 k). Point refrensi adalah 6500k, yang berarti bahwa tampilan dari iPhone sedikit lebih kebiruan dan lebih dingin dari pada Galaxy andalan baru.

Pada Basic screen mode nya, tampilan dari Galaxy S6 adalaha salah satu yang lebih akurat, jika bukan yang paling akurat yang pernah kami lihat. Pengukuran tampilan kami mengungkapkan bahwa bahwa berbagai nuansa dan bayangan semuanya itu sesuai dengan target sRGB yang diinginkan mereka secara dekat

iPhone 6 tertinggal dalam aspek ini : meskipun meskipun cukup dekat dengan titik referensi di bagan warna juga, tetapi tidak mepresentasikan semua warna secara presisi seperti pada tampilan super AMOLED di Galaxy S6, dan memiliki sedikit tone warna yang lebih dingin juga.

Sejauh kecerahan yang bersangkutan, Anda akan hampir tidak memiliki masalah dengan melihat layar di siang hari yang cerah. iPhone 6 Plus meningkatkan kecerahan maksimum 574 nits, sedangkan Samsung Galaxy S6 menunjukkan output kecerahan yang sedikit lebih rendah 563 nits (dalam kasus model super-bright ini berguna biasanya ketika ponsel dipakai saat sinar matahari secara langsung).

measurement

 

Antar muka dan kegunaannya

Galaxy S6 dan iPhone 6 Plus adalah dua bab baru yang dalam bentrokan terus menerus antara Android dan iOS. Samsung andalan baru menggunakan Android 5.0.2 Lollipop dengan sedikit toned-down, less-bloated rendition of Samsung’s TouchWiz UI atop. Jangan sampai kita salah, meskipun TouchWiz tetaplah TouchWiz, jadi Anda akan tetap mendapatkan hal-hal seperti Multi-window, mode satu tangan, Screen pinning, dan Smart Lock. Tema System-wide juga mendukung di antara fitur-fitur baru yang penting.

Dengan menjalankan iOS 8.2, iPhone besar menyediakan Anda dengan pengalaman lebih mudah dan kohesif. Benar, antar muka iOS yang terdapat pada iPhone tidaklah memamerkan banyak fitur seperti yang ada pada Galaxy S6, tetapi beberapa dari yang baru datang dengan kesegaran yang terbaru dari Ios yang cukup terkenal. Untuk contohnya, ada beberapa widget dan dukungan keyboard sebagai pihak ketiga, serta keterjangkauan kegunaan. Tidak dipungkiri lagi bahwa Galaxy S6 lebih kaya akan fitur, tetapi iPhone 6 Plus tidak diragukan lagi lebih mudah dan intuitif.

Sama halnya dengan Galaxy S5, Samsung andalan baru mempunyai deteksi sidik jari yang tertempel pada tombol home nya; kali ini hanya diperlukan sentuhan dan tidak perlu menggesek sekalipun. iPhone 6 Plus juga mempunyai sebuah deteksi dalam tombol home nya.

Prosesor dan memori

Pada dalamannya , Galaxy S6 menggunakan a 64-bit octa-core Exynos 7 Octa 7420 chipset yang dilengkapi dengan ARMv8 instruction set dan proses manufaktur the 14nm FinFET LPE. CPU nya memamerkan empat Cortex-A57 cores yang dapat pergi ke semua jalan sampai ke 2.1GHz dan empat cortex 2.1GHz yang dapat berkecepatan sampai 1.5GHz.

iPhone 6 Plus, pada lainnya, ditenagai oleh 64-bit Apple A8 SoC, yang datang dengan sebuah prosesor 1.4GHz dual-core Cyclone. Apple A8 chip dibuat dengan proses manufaktur 20nm dan dikatakan lebih cepat sampai 30 % dan memiliki efisiensi energi 25 % dari pada pendahulunya, Apple A7 yang gesit.

Dalam hal performa kenyatannya, kedua perangkat terasa solek, dengan tidak adanya eror sedikitpun, Anda akan selalu menyadari bahwa Anda memang menggunakan sebuah smartphone andalan.

Dalam hal RAM, Galaxy S6 datang dengan memori operasional 3GB dan membayangi iPhone 6 Plus, yang mana hanya mempunyai RAM 1GB komoditas perangkat keras berharga. Kedua ponsel sedikit berbeda dalam hal ketersediaan pilihan penyimpanan seperti 32, 64, 128 GB untuk Samsung, 16, 64, atau 128 GB penyimpanan internal untuk iPhone. Sayangnya, tidak ada slot kartu microSD pada Samsung andalan, yang mana selalu menjadi bagian dari salah satu fitur traditional pada hampir semua produk Samsung sebelumnya, tetapi setidaknya Kami mempunyai ultra-fast eMMC 5.1 flash memory pada ponsel.

performance benchmark

Internet dan konektivitas

Sesuai dengan status andalan mereka, kedua iPhone 6 Plus dan Galaxy S6 menyediakan penggunanya dengan sebuah pengalaman browsing A-class. Dikarenakan layar yang besar, iPhone mungkin sedikit lebih baik dalam hal ini, tetapi Galaxy S6 dengan tampilannya yang menakjubkan tidak boleh diabaikan. From get-go, Samsung andalan ini membiarkan Anda untuk memilih antara dua browser- Samsung umumnya dan Google chrome. Apple memungkinkan Anda untuk menjelajahi web dengan signature Safari , tetapi tentunya, Anda dapat mengunduh browser pihak ketiga pada kedua perangkat tentunya.

Samsung Galaxy S6
Samsung Galaxy S6
Apple iPhone 6 Plus
Apple iPhone 6 Plus

Galaxy S6 dilengkapi dengan modem LTE berkemampuan Cat6 , yang mana secara teori mendukung kecepatan transfer data sampai 300 Mbps. iPhone 6 Plus datang dengan modem LTE Cat.4, yang mana hanya mendukung kecepatan transfer data sampai 150Mbps. Kedua perangkat mendukung secara lebih jaringan LTE, walaupun iPhone 6 Plus mungkin mempunyai sebuah keuntungan dalam hal angka yang jelas – ponsel ini mendukung 20 jaringan yang berbeda. Kami juga perlu menyebutkan ponsel yang mirip dengan iPhone, Galaxy S6 datang dengan sebuah nano-SIM card slot ini hal pertama pada Samsung andalan.

Kamera

Galaxy S6 dilengkapi dengan kamera yang sama yang muncul pada Galaxy Note 4 (16 MP dengan a 1/2.6 Sony Exmor IMX240 sensor); kali ini, bagaimanapun , Samsung telah memperluas aperture nya menjadi f/1.9, yang mana membiarkan banyak cahaya untuk mengenai sensor dan secara potensi meningkatkan performa cahaya rendah. Kami juga mempunyai optical image stabilization pada ponsel. Aplikasi kamera mempunyai banyak mode-mode yang berbeda, seperti auto, selective, focus, panorama, slow motion, fast motion, virtual shot, dan manual control. Ini layak disebutkan bahwa aplikas kamera membuka dengan super cepat; Anda juga dapat meluncurkannya dengan mengklik double home screen.

iPhone 6 Plus, meskipun mengenakan hanya kamera 8MP pada bagian belakang, tetapi merupakan salah satu diantara kamera ponsel terbaik. Ini dilengkapi dengan lensa lima elemen yang mempunyai apperture f/2.2 dan sebuah sensor yang disebut Focus Pixel sistem auto focus yang membiarkannya untuk menyesuaikan fokus hampir seketika. iPhone besar juga mempunyai OIS dalam halaman spesifikasinya. Kamera aplikasinya lebih sederhana, tetapi juga datang dengan beberapa mode penting, seperti time-lapse, so-mo video, square photo, dan panorama.

Kamera interface Galaxy S6

Kamera interface iPhone 6 Plus

Dalam hal kualitas gambar, kami mempunyai dua saingan yang terlah dipersiapkan dalam ring tinju. Kamera dari Galaxy S6 memproduksi tampilan yang spektakuler dan foto dengan detail ultra yang mempunyai nilai ketajaman tinggi dan kemurnian warna. Tidak mengherankan, kamera melakukan performa yang spektakuler dalam keadaan siang hari, tetapi juga membuat kami terkesandengan kualitas gambar dalam lingkungan cahaya rendah. Pengambilan gambar malam hari cukup detil dan mempunyai temperatur warna yang benar.

iPhone 6 Plus juga merupakan perangkat yang cemerlang dalam hal fotografi. Nilai detail yang hebat (meskipun tidak sehebat Galaxy S6), eksposur yang tepat, dan reproduksi warna yang tepat (meskipun tonesnya cenderung sedikit lebih hangat dari pada Galaxy S6 ). Hampir tidak kelihatan pengotor dalam gambar yang diambil dengan iPhone 6 Plus. Dalam pencahayaan yang buruk, kamera dari iPhone 6 Plus tidak menunjukkan sedetail Galaxy S6. Kami juga harus memuji performanya pada cahaya rendah, yang mana seharusnya tidak sebagus seperti pada Galaxy S6, tetapi tetap saja sangat bagus dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Contoh gambar

SS S6 vs iPhone 6 Plus

Galaxy S6 dapat merekam klip UHD dan QHD, serta 1080p baik pada 30fps atau 60. Slow motion video (120fps pada 720p) juga menjadi bagian dari campuran. Detail video yang halus dan kaya adalah apa yang akan Galaxy S6 memperlakukan Anda , auto focus yang secara ekstrim cepat terus menerus adalah fitur yang cukup penting. iPhone 6 Plus, di sisi lain, memungkinkan Anda untuk mengambil video 1080 p )30 atao 60 fps), slo-mo 120fps 720p, dan bahkan ultra slow-motion 240fps videos (sekali lagi pada 720p). Secara khusus, video 1080p yang diambil dengan iPhone adalah halus dan sedikit pengotor dari pada smartphone kompetitornya; perangkat Apple juga menghasilkan video dengan warna yang sedikit lebih hangat, bagi Anda yang lebih menyukai warna murni mungkin tidak akan suka.

Multimedia

Ya, multimedia adalah salah satu kompetisi teater lain pada Galaxy S6 dan iPhone 6 Plus. Sampai sekarang, Galaxy andalan selalu mempunyai tampilan yang lebih besar dari pada generasi iPhone yang sejaman, tetapi hal ini tidak lagi benar. iPhone 6 Plus sekarang datang dengan ukuran yang lebin besar, tampilan IPS 5.5 inci yang sangat sempurna untum menonton video.

Telah dikatakan, Galaxy S6 juga sedikit cocok untuk menonton multimedia, meskipun secara fakta ponsel ini mengenakan sebuah tampilan yang lebih kecil. Konten media terlihat sangat manis pada panel super AMOLED. Meskipun Galaxy S6 mungkin mengenakan tampilan yang lebih kecil, tetapi secara pasti lebih pas untuk memberikan sebuah pengalaman multimedia yang lebih baik.

Dalam hal audio, iPhone 6 Plus mempunyai kualitas atas, Audionya menghasilkan suara yang lebih dalam, suara yang lebih mendalam dari loudspeaker yang terletak pada bagian bawah. Galaxy S6 dalam hal audio tidaklah rendah tetapi secara sederhana tidak dapat disebandigkan dengan kedalaman audio dari iPhone; suaranya lebiih sedikit lembut dan tipis. Kedua performa cukup bagus, tetapi Kami lebih memilih iPhone 6 Plus dibandingkan Galaxy dalam hal audio.

SS S6 vs iPhone 6 Plus

Kualitas panggilan

SS S6 vs iPhone 6 Plus
Daya tahan baterai
Pada askpek yang sering diabaikan pada smartphone sekarang ini, kedua ponsel menawarkan sebuah pengalaman berharga pada status tinggi mereka, namun perangkat Apple memenangkan atas kami. Ear piece dari Galaxy S6 cenderung terasa bunyi mendesisnya, yang mana bukanlah hal yang bermasalah besar, tetapi itu sesuatu hal yang mengecewakan. Tidak ada hal seperti itu pada iPhone, yang menghasilkan suara dengan lebih alami. Lain halnya, iPhone 6 plus memiliki kualitas yang bagus, Anda hampir tidak akan pernah menrasakan gangguang dengan pendengaran dala adanya panggilan atau sebaliknya, tetapi Galaxy S6 menghasilkan nada yang sedikit lebih lembut.

Baterai

Meskipun memiliki baterai 2.550 mAh dan tampilan Quad HD, Samsung Galaxy S6 mengungguli iPhone 6 Plus dalam hal ketahanan baterai. Baterai ponsel S6 bertahan sampai 7 jam dan 14 menit pada uji tolak ukur baterai kami, yang mana ini kurang dari apa yang Galaxy S5 dapat capai, tetapi tetap cukup untuk mengalahkan iPhone 6 Plus, yang mana bertahan selama 6 jam dan 32 menit. Berkat fitur pengisian baterai yang cepat yang dikasih oleh Samsung ini, baterai Galaxy S6 terisi penuh hanya butuh waktu 78 menit (wow!), sedangkan iPhone 6 Plus membutuhkan waktu 171 menit untuk pengisian penuh. Selain itu, kehebatan Galaxy S6 yang melampaui iPhone 6 Plus adalah adanya pengisian baterai dengan sistem wireless di Galaxy S6 ( Qi- dan PMA compliant).

SS S6 vs iPhone 6 Plus

Simpulan

Tidaklah mungkin untuk membedakan apakah iPhone 6 Plus atau Galaxy S6 yang merupakan perangkat superior. Memang, beberapa orang mungkin mengatakan bahwa Samsung perlahan-lahan menghilangkan fitur yang secara traditional di smartphone biasanya ada (yaitu microSD card slot dan baterai yang dapat dicopot pasang), tetapi bukannya Apple sesungguhnya mekakukan hal yang sama dengan meluncurkan phablet besar seperti iPhone 6 Plus ?

SS S6 vs iPhone 6 Plus

Tentu saja, Galaxy S6 merupakan smartphone terbaik dari Samsung yang pernah bergejolak (bersama dengan S6 edge). Asalkan Anda berda di pasar Android untuk fitur unggulan dalam setiap kategoti, maka Anda tidak salah dengan Samsung Galaxy S6. Tetap saja, jika tampilan yang besar, dan pengalaman pengguna yang lebih midah , dan ekosistem aplikasi yang lebih sempurna, maka iPhone 6 Plus secara pasti menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda.

 

Ulasan Samsung Galaxy S6

Ulasan Samsung Galaxy A5 : eksterior mengagumkan, interior dengan kisaran tengah.

Asus Zenfone 2 Melawan Samsung Galaxy S6: Perbandingan Kamera

Xiaomi Mipad Melawan Apple iPad Mini Retina

Bocoran dari Ulefone Dare N1 Desain IPhone 6 dan RAM 4GB?