Sony Xperia XA Ultra vs Oppo F1 Plus: Perang Kamera Selfie 16 MP

Smartphone dengan kamera depan bereesolusi tinggi semakin banyak beredar seiring dengan tren berfoto selfie yang berkembang saat ini. Kali ini, kami akan membandingkan dua smartphone yang ditujukan untuk kalian penggemar berfoto selfie, Sony Xperia XA Ultra vs Oppo F1 Plus.

OPPO F! PLUS-2

Sony Xperia XA Ultra vs Oppo F1 Plus

Waktu peluncuran

Oppo F1 Plus terlebih dahulu hadir pada bulan April 2016. Nama lain dari Oppo F1 Plus adalah Oppo R9 yang diperkenalkan pada Maret 2016. Smartphone ini pun sudah tersedia di Indonesia pada April 2016. Sementara itu, Sony Xperia XA Ultra, sebagai varian yang lebih baru dari Sony Xperia XA, diperkenalkan pada pertengahan Mei 2016. Smartphone ini rencananya baru dirilis pada bulan Juli 2016 dan belum diketahui kapan akan masuk ke Indonesia.

Layar

Sony Xperia XA Ultra memiliki layar yang cukup besar berukuran 6 inci beresolusi Full HD, sedangkan Oppo F1 Plus memiliki layar yang lebih kecil berukuran 5,5 inci juga beresolusi Full HD. Dengan layar yang lebih kecil, Oppo F1 Plus tentu lebih mudah digenggam.

Chipset, GPU, dan RAM

Baik Sony Xperia XA Ultra maupun Oppo F1 Plus sama-sama dibekali chipset MediaTek MT6755 Helio P10 octa-core 2,0 GHz 64-bit dan prosesor grafik Mali T860. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa performa kedua smartphone ini berimbang. Namun, kapasitas RAM juga mempengaruhi kinerja sebuah smartphone. Oppo F1 Plus diperkuat RAM 4 GB, sedangkan Sony Xperia XA Ultra dengan RAM 3 GB. Meskipun dengan chipset dan prosesor grafik yang sama, tetapi dengan RAM yang lebih besar, Oppo F1 Plus tentu lebih tangguh.

Sony-Xperia-XA-Ultra (1)

Kapasitas media penyimpanan

Dari aspek kapasitas memori internal, Oppo F1 Plus kembali unggul karena memori internalnya berkapasitas 64 GB, sedangkan Sony Xperia XA Ultra hanya 16 GB. Namun, bila kalian merasa belum cukup, kedua smartphone ini dilengkapi slot microSD card. Kalian dapat menambah kapasitas memori internal Oppo F1 Plus hingga 128 GB dengan microSD card yang dimasukkan ke slot SIM card ke-2. Dengan kata lain, kalian tidak dapat menggunakan SIM card ke-2 dan microSD card pada waktu yang bersamaan. Sementara itu, Sony Xperia XA Ultra memiliki slot microSD card khusus yang memungkinkan kalian menambah memori internalnya hingga 200 GB.

Sekarang, mari kita hitung total kapasitas media penyimpanannya. Pada Oppo F1 Plus, 64 GB + 128 GB = 192 GB. Di sisi lain, pada Sony Xperia XA Ultra, 16 GB + 200 GB = 216 GB. Dengan demikian, kalian dapat menyimpan lebih banyak data pada smartphone Sony daripada Oppo tersebut.

Kamera

Kamera utama Sony Xperia XA Ultra lebih unggul karena beresolusi 21,5 MP yang didukung Hybrid AF, HDR, dan kemampuan perbesaran gambar hingga 5 kali, sedangkan kamera utama Oppo F1 Plus hanya 13 MP. Di sisi lain, kamera depan kedua smartphone ini beresolusi 16 MP dengan dukungan fitur yang berbeda. Kamera depan Oppo F1 Plus didukung Beautify 4.0, Selfie Panorama, dan Screen Flash, sedangkan kamera depan smartphone Sony ini didukung OIS, HDR, dan autofocus. Meskipun demikian, kedua kamera depan tersebut tetap mampu menghasilkan foto selfie yang menawan.

Baterai

Baterai Oppo F1 Plus sedikit lebih besar dengan kapasitas 2850 mAh yang didukung teknologi VOOC Flash Charge. Cukup di-charge selama 5 menit, smartphone dapat dipakai untuk bertelepon selama 2 jam. Sementara itu, baterai Sony Xperia XA Ultra berkapasitas 2700 mAh, namun didukung Quick Charger UCH12. Cukup di-charge selama 10 menit, smartphone dapat bertahan selama 5,5 jam.

Tambahan

Oppo F1 Plus tersedia dalam warna Gold dan Rose Gold, sementara Sony Xperia XA Ultra tersedia dalam warna White, Graphite Black, dan Lime Gold. Untuk sistem operasinya, smartphone Sony ini sudah menjalankan Android 6.0 Marshmallow, sedangkan Oppo F1 Plus masih dengan Android 5.1 Lollipop. Namun, smartphone Oppo ini lebih aman karena telah dibekali pemindai sidik jari.

Harga

Oppo F1 Plus dijual di Indonesia dengan harga Rp 5,5 juta. Sementara itu, harga Sony Xperia XA Ultra masih belum diketahui. Sebagai perbandingan, Sony Xperia XA dengan layar 5 inci, RAM 2 GB, dan kamera depan 8 MP ditawarkan seharga $358 atau Rp 5 juta. Dengan demikian, harga saudaranya dengan layar 6 inci, RAM 3 GB, dan kamera depan 16 MP akan lebih mahal, diprediksi lebih dari Rp 6,5 juta dan tentunya lebih mahal dari Oppo F1 Plus. Dengan keunggulan dan kekurangan yang berbeda, kalian lebih memilih Sony Xperia XA Ultra atau Oppo F1 Plus?