Perbandingan Tampilan Android 6.0 Marshmallow Vs Apple iOS 9

Dua sistem operasi untuk smartphone yang saat ini sedang populer adalah Android dan iOS. Pernahkah Anda mencermati perbedaan tampilan keduanya? Jika belum, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa perbedaan kedua sistem operasi terbaru: Android 6.0 Marshmallow vs Apple iOS 9. Mana yang lebih Anda sukai?

Perbandingan Tampilan Android 6.0 Marshmallow Vs Apple iOS 9

android-6.0-marshmallow-vs-apple-ios-9

Lock dan Home screen

Pertama, kami akan menunjukkan tampilan lock dan home screen dari smartphone Android dan iPhone. Tentunya hal pertama yang akan Anda lihat setelah menekan tombol Home adalah lock screen dan setelah itu home screen. Secara umum, tampilan Android 6.0 Marshmallow dan Apple iOS 9 tidak berbeda jauh. iOS 9 menyediakan shortcut untuk beberapa aplikasi yang sering digunakan dan shortcut tersebut terletak di pojok kiri bahwa dari layarnya. Sementara itu, Android Marshmallow kini dilengkapi Google Now voice shortcut, sehingga cukup dengan perintah lisan, smartphone akan secara otomatis mencari daftar nomor telepon sesuai perintah Anda. Apakah hal ini akan lebih mempermudah pengguna smartphone Android? Pada poin ini, kami lebih menyukai iOS 9 karena menyediakan shortcut, seperti kamera dan pesan, dan hal itu tentunya akan menghemat waktu kita untuk membuka aplikasi yang sering digunakan. Bagaimana dengan Anda?

Apps switcher

Kita melihat bahwa Apple telah memberikan perubahan pada iOS 9 terutama pada aspek tampilan aplikkasi yang lebih menarik. Bila kita ingin mencari atau mengganti aplikasi, kita merasa seperti sedang membuka halaman demi halaman dari sebuah buku. Pada Android Marshmallow, tampilan apps switcher-nya hampir sama seperti yang terdapat pada Android Lollipop. Seluruh aplikasi akan disusun berderet dari atas ke bawah. Sementara itu, kita belum menemukan tombol untuk menutup semua aplikasi secara sekaligus. Dengan kata lain, bila Anda ingin menutup berbagai aplikasi yang sedang Anda gunakan, Anda harus menutupnya satu per satu.

31

Menu Settings

Baik iOS 9 maupun Android 6.0 Marshmallow menyediakan kolom pencarian untuk Anda yang ingin mencari berbagai hal dan hasil pencarian Anda akan langsung ditampilkan pada halaman yang sama.

Keyboard

Dengan menggunakan iOS 9, bila Anda ingin mengetik dengan huruf besar atau huruf kecil, Anda cukup menekan tombol panah dan kemudian tersedia pilihan untuk mengetik dengan huruf besar atau kecil. Sementara itu, tampilan keyboard pada Android Marshmallow tidak mengalami perubahan dibandingkan pada Android Lollipop karena desainnya sudah cukup baik.

Aplikasi kamera

Tampilan aplikasi kamera pada Android Marshmallow terlihat lebih cerah dan menarik. Di sisi lain, sebagian orang lebih menyukai tampilan aplikasi kamera pada iOS 9 karena dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung Anda ketika ingin memotret foto atau merekam video. Hal itu tentunya mempermudah Anda untuk mengakses fitur-fitur tersebut sewaktu-waktu.

Aplikasi kamera iOS 9 memungkinkan Anda untuk memotret dan merekam video dengan pengaturan regular, time lapse, slow motion, dan panorama. Sementara itu, aplikasi kamera pada Android Marshmallow menawarkan Photo Sphere, Panorama, Lens Blur, dan video.

 

Inilah beberapa perbedaan tampilan dari Android 6.0 Marshmallow dan Apple iOS 9. Bila Anda memiliki ide lainnya, silahkan berbagi dengan kami.