Qualcomm Resmi Hadirkan Snapdragon 820 Untuk Smartphone Premium 

Snapdragon 820, chipset Qualcomm berikutnya untuk smartphone premium tahun 2016, yang sudah banyak kita bahas, baru saja diluncurkan oleh perusahaan pembuat chipset tersebut. Chipset yang sudah ditunggu-tunggu kehadirannya ini memiliki dukungan X12 LTE, prosesor grafik Adreno 530, dan masih banyak hal lainnya.

Snapdragon 820

Snapdragon 820 – chipset paling tangguh tahun 2016?

Meskipun mengalami masalah overheating, chipset Snapdragon 810 dari Qualcomm tidak diragukan merupakan salah satu chipset tertangguh di pasar smartphone akhir-akhir ini dan digunakan oleh banyak perusahaan untuk memperkuat smartphone papan atasnya. Snapdragon 810 memiliki performa yang menakjubkan. Nah, kali ini mari kita perhatikan apa keunggulan yang ditawarkan chipset penerusnya.

Dari aspek konektivitas, Snapdragon 820 dibekali LTE Cat 12 yang mampu meningkatkan kecepatan mengunduh hingga 600 Mbps. Selain itu, chipset ini juga didukung LTE Cat 13 dengan kecepatan mengunduh hingga 150 Mbps. X12 LTE juga disisipkan pada Snapdragon 820 yang tentunya membuat kecepatan mengunduh 33% lebih cepat dan mengunggah 3 kali lebih cepat dari X10 LTE pada Snapdragon 810.

Bila Anda ingin mengetahui informasi lebih rinci terkait chipset ini, perhatikan tabel berikut ini yang membandingkan spesifikasi Snapdragon 820 dengan dua chipset Qualcomm lainnya.

Snapdragon 820
(Sumber: Android Authority)

Dengan menggunakan Snapdragon 820, sebuah smartphone dapat mengakses Wi-Fi dengan kecepatan dua hingga tiga kali lipat lebih cepat dengan dukungan 802.11ad dan 802.11ca MU-MIMO. Lebih lanjut, chipset ini juga memungkinkan smartphone Anda memiliki koneksi Wi-Fi yang lebih cepat dibandingkan smartphone lainnya ketika berada di tempat yang ramai dan smartphone lainnya juga terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan Anda. Mantap!

Smartphone pertama dengan Snapdragon 820

Beberapa waktu yang lalu, sebelum Snapdragon 820 resmi diperkenalkan, banyak produsen smartphone yang sudah mendaftarkan diri untuk menjadi yang pertama yang membekali chipset Snapdragon 820 pada smartphone-nya. Kita juga mendengar sekitar 30 smartphone yang sudah mengantre untuk menggunakan chipset ini dan jumlahnya akan terus meningkat. Beberapa smartphone tersebut di antaranya Samsung Galaxy S7, Xiaomi Mi 5, Sony Xperia Z5 Plus, sebuah smartphone buatan LeTV yang belum diberi nama, dan masih banyak lagi.

Snapdragon 820 – lebih tangguh, lebih banyak pilihan

Tahun 2016 semakin dekat. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju di industri smartphone, segala sesuatunya bisa saja terjadi, termasuk Snapdragon 820. Mari kita tunggu beberapa bulan lagi untuk melihat smartphone apa saja yang diperkuat chipset ini untuk pertama kalinya.