Lenovo Moto G4 Plus dan Moto G4 Resmi Meluncur: RAM 4 GB & Kamera 16 MP

Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya, pada 17 Mei 2016, Lenovo secara resmi meluncurkan Moto G4 Plus dan Moto G4 di India. Kedua jenis smartphone ini dipersiapkan untuk bertarung di pasar smartphone kelas menengah. Nah, bagaimanakah spesifikasinya? Mari ikuti ulasan kami di bawah ini.

MotoGFamily_Resized+(1)-ed

Moto G4 Plus

Moto G4 Plus menjadi varian yang lebih tinggi karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki Moto G4. Pada bagian depannya terdapat layar 5,5 inci beresolusi Full HD dengan tingkat densitas 401 ppi dan permukaannya dilapisi Gorilla Glass 3. Seperti yang diketahui, seluruh tiga generasi Moto G sebelumnya hanya memiliki layar beresolusi HD. Di sebelah bawah layarnya terdapat pemindai sidik jari berbentuk persegi yang diklaim mampu meng-unlock smartphone ini hanya dalam waktu 750 milidetik. Wow!!

Moto G4 Plus hadir dengan tiga varian. Varian pertama dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB, varian kedua dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, sedangkan varian ketiga dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Ketiganya juga dilengkapi slot microSD card, sehingga kalian dapat menambah kapasitas memori internalnya. Lebih lanjut, ketiganya juga dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 617 octa-core 1,5 GHz dan prosesor grafik Adreno 405. Sistem operasi yang dijalankannya sudah pasti Android 6.0 Marshmallow.

moto-g-plus.0

Untuk fotografi, Moto G4 Plus didukung kamera utama 16 MP dengan diafragma f/2.0, sensor OmniVision, PDAF, laser autofocus, dan dua LED flash. Selain itu, kamera tersebut juga dibekali beberapa fitur terbaik seperti Professional Mode, Auto HDR, dan Drag. Di sisi lain, kamera depannya hanya beresolusi 5 MP dengan diafragma f/2.2 dan jangkauan sudut 84 derajat.

Baterai yang menjadi sumber energi dari smartphone ini memiliki kapasitas 3000 mAh yang telah didukung teknologi fast charging. Yang lebih menarik lagi, Moto G4 Plus dibekali Turbo Charger yang memungkinkan smartphone ini dapat digunakan selama 6 jam hanya dengan di-charge selama 15 menit.

Moto G4

Smartphone yang kedua adalah Moto G4. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Moto G4 adalah varian yang lebih rendah dari Moto G4 Plus. Meskipun demikian, varian ini juga memiliki layar 5,5 inci Full HD, chipset Snapdragon 617 octa-core 1,5 GHz, prosesor grafik Adreno 405, kamera depan 5 MP, dan baterai 3000 mAh dengan teknologi fast charging.

moto-g-white.0

Moto G4 hanya tersedia dengan RAM 2 GB saja, namun terdapat dua pilihan memori internal, 16 GB atau 32 GB, yang juga didukung slot microSD card. Resolusi kamera utamanya lebih rendah yaitu 13 MP. Lebih lanjut, tidak seperti saudaranya, di sebelah bawah layarnya tidak terdapat pemindai sidik jari. Yang terakhir, meskipun baterainya juga 3000 mAh, namun tidak dibekali Turbo Charger.

Moto G4 Plus dan Moto G4 – Harga dan ketersediaan

Hanya Moto G4 Plus dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB serta RAM 3 GB dan ROM 32 GB yang telah diumumkan harganya. Moto G4 Plus dengan RAM 2 GB seharga $200 atau Rp 2,6 juta, sedangkan varian RAM 3 GB adalah $225 atau Rp 2,9 juta. Untuk harga varian lainnya akan diumumkan pada beberapa pekan depan. Selain itu, belum diketahui kapan Moto G4 Plus dan Moto G4 akan tersedia di negara lainnya termasuk Indonesia, selain di India. Bagaimana pendapat kalian mengenai smartphone terbaru Lenovo di atas?