4 Cara Agar Baterai Smartphone Kalian Tahan Lama

Baterai adalah salah satu komponen penting pada sebuah smartphone. Sebagai akibatnya, banyak orang yang melakukan segala hal untuk membuat baterai smartphone-nya dapat bertahan lama …..

The-battery-is-removed-from-the-Apple-iPhone-6-Plus

1 Pastikan suhunya tetap sejuk

Apa pun jenis baterai smartphone kalian, Litium, Ion, dapat dilepas pasang, atau baterai tanam, baterai tersebut tidak tahan dengan suhu panas. Bila baterai terlalu sering terkena suhu panas, maka baterai tersebut akan cepat rusak dan daya tahannya tidak akan lama lagi. Jadi, agar dapat bertahan lama, pastikan suhunya tetap sejuk. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah hindari menge-charge smartphone di dalam mobil yang panas, jangan menge-charge smartphone sambil menggunakannya, atau menge-charge smartphone sesaat setelah digunakan dalam durasi waktu yang lama.

2 Perhatikan charger dan power bank yang kalian gunakan

Alat pengisi daya portabel (power bank) adalah perangkat yang mudah dibawa ke mana-mana dan disukai banyak orang. Perangkat tersebut ringan dan dapat menjadi penyelamat sewaktu-waktu baterai smartphone kalian habis. Namun, kalian harus berhati-hati dengan merek yang kalian pilih. Ada berbagai merek alat pengisi daya portabel yang dijual di pasar. Bila kalian memilih merek yang belum terpercaya, hal ini berpotensi merusak baterai smartphone dari tingkat ringan hingga berat. Hal paling buruk yang akan terjadi adalah baterai smartphone kalian dapat meledak.

3 Kurangi penggunaan teknologi fast-charging

Baterai Smartphone

Teknologi fast-charging adalah teknologi mutakhir yang kini semakin dimiliki banyak smartphone yang dirilis akhir-akhir ini. Namun, diketahui bahwa teknologi tersebut memberikan dampak buruk pada baterai litium. Hal itu terjadi karena selain menimbulkan suhu panas, teknologi fast-charging bekerja sedemikian rupa yang justru mengurangi daya tahan baterai smartphone kalian. Bila kalian sering menggunakan teknologi fast-charging, daya tahan baterai smartphone kalian akan lebih cepat menurun.

4 Jangan biarkan smartphone terkena air

Saat ini, tidak banyak smartphone yang dibekali baterai yang dapat dilepas pasang. Hal ini sebenarnya akan merusak baterai bila smartphone kalian masuk ke dalam air karena kalian tidak dapat melepaskan baterainya dan lalu mengeringkannya. Bahkan bila baterai smartphone kalian dapat dilepas pasang, air juga dapat merusak baterai. Nah, cara terbaik yang perlu kalian lakukan adalah sebisa mungkin hindari smartphone kalian masuk ke dalam air.