ZTE Nubia Z11 Mini S vs Sony Xperia XZ: Perang Kamera 23 MP + 13 MP

Bila kalian penggemar fotografi, kalian perlu memperhatikan yang satu ini. ZTE Nubia Z11 Mini S vs Sony Xperia XZ adalah dua smartphone dengan kamera mutakhir. Namun, manakah yang lebih unggul? Mari kita bandingkan keduanya.

ZTE-nubia-Z11-miniS-768x746

ZTE Nubia Z11 Mini S vs Sony Xperia XZ – Kamera Terbaik

Seperti yang disebutkan di atas, ZTE Nubia Z11 Mini S vs Sony Xperia XZ sama-sama dibekali kamera mutakhir untuk menghasilkan berbagai foto terbaik baik di tempat terang maupun redup. Kamera utamanya keduanya beresolusi 23 MP didukung LED flash, sedangkan kamera depannya 13 MP. Lebih lanjut, keduanya juga hadir dengan layar 5,2 inci beresolusi Full HD. Dengan demikian, dengan bodi yang tidak terlalu besar serta kamera mutakhir, keduanya nyaman digenggam dan digunakan untuk memotret foto.

Keduanya juga memiliki pemindai sidik jari namun terletak pada sisi yang berbeda. Pada ZTE Nubia Z11 Mini S, fitur tersebut berada pada bagian belakangnya. Sementara itu, pada Sony Xperia XZ, fitur tersebut ditanamkan pada tombol power yang terletak pada sisi kanan. Selain itu, sistem operasi yang dijalankan keduanya juga sama yaitu Android 6.0 Marshmallow. Untuk kalian yang terbiasa menyimpan banyak data, kalian tidak perlu khawatir karena kedua smartphone ini juga dilengkapi slot microSD card.

Sony Xperia XZ

Nah, mari kita perhatikan perbedaan keduanya dari hal chipset, RAM, memori internal, dan baterai. ZTE Nubia Z11 Mini S dibekali Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz dan RAM 4 GB, sedangkan Sony Xperia XZ dibekali Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz dan RAM 3 GB. Meskipun tidak setangguh Snapdragon 820 yang ditujukan untuk smartphone papan atas, Snapdragon 625 adalah salah satu yang terbaik untuk smartphone kelas menengah. Terkait dengan sumber energi,, smartphone ZTE tersebut ditenagai baterai dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dari pesaingnya, 3000 mAh vs 2900 mAh.

Untuk keperluan menyimpan data, keduanya menawarkan dua pilihan memori internal. ZTE Nubia Z11 Mini S memiliki memori internal 64 GB dan 128 GB, sedangkan Sony Xperia XZ hadir dengan memori internal 32 GB dan 64 GB. Bila kalian suka menyimpan banyak foto pada smartphone, ZTE Nubia Z11 Mini S tentunya menjadi pilihan yang tepat. Nah, ada satu hal yang menjadi ciri khas smartphone papan atas Sony yang jarang ditemukan pada smartphone lainnya yaitu fitur kedap air dan debu (IP68). Hal ini tentu memberikan keuntungan bila kalian ingin memotret foto saat menyelam atau berenang tanpa perlu khawatir smartphone akan rusak.

Sony-Xperia-XZ-1-768x644

ZTE Nubia Z11 Mini S vs Sony Xperia XZ – Harga

Sony Xperia XZ tampaknya akan tetap menjadi pilihan utama penggemar fotografi ketika mencari smartphone dengan kamera berkualitas. Namun, satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah harga. Sony Xperia XZ dijual dengan harga sekitar $700 atau Rp 9 juta. Sementara itu, harga ZTE Nubia Z11 Mini S mulai dari $222 (Rp 2,9 juta) untuk varian ROM 64 GB dan $281 (Rp 3,65 juta) untuk varian ROM 128 GB. Wah, dengan harga yang lebih murah, kalian dapat memiliki ZTE Nubia Z11 Mini S dengan memori internal lebih besar dan kualitas kamera yang seimbang.