Xiaomi Redmi Note 5A Resmi Meluncur: RAM 4 GB, Selfie 16 MP ……

Kemarin, 21 Agustus 2017, Xiaomi secara resmi memperkenalkan Redmi Note 5A. Nah, Bagaimanakah spesifikasi dan harganya? Ikuti ulasan kami di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Xiaomi Redmi Note 5A – RAM 4 GB, Selfie 16 MP ……

Pada Agustus 2016, kelahiran Redmi Note 4 menandai generasi keempat dari keluarga Redmi Note. Nah, tepat satu tahun setelahnya, Xiaomi memperkenalkan Redmi Note 5A sebagai anggota generasi kelima keluarga tersebut. Secara sekilas, desainnya menang tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Namun, bila diperhatikan dengan teliti, kamera utamanya digeser ke pojok kiri atas pada sisi belakangnya. Pada sisi depannya, terdapat layar 5,5 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (HD).

Xiaomi Redmi Note 5A hadir dalam dua model. Model pertama diperkuat chipset Snapdragon 425 quad-core 1,4 GHz, sedangkan model kedua dibekali chipset Snapdragon 435 octa-core 1,4 GHz. Model pertama dibekali RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Di sisi lain, model kedua tersedia dalam dua varian: RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Semua varian ini dilengkapi slot microSD card. Sistem operasi yang dijalankannya Android 7 Nougat dengan antarmuka terbaru Xiaomi yaitu MIUI 9. Perlu diketahui bahwa Redmi Note 5A memiliki tiga slot kartu: 2 untuk SIM card dan 1 untuk microSD card.

Untuk fotografi, kamera utamanya beresolusi 13 MP dengan diafragma f/2.2, LED flash, dan PDAF. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 16 MP dan didukung LED flash. Nah, tampaknya Redmi Note 5A adalah smartphone pertama Xiaomi yang ditujukan khusus untuk pecinta berfoto selfie. Namun, perlu diketahui bahwa kamera selfie 16 MP hanya dijumpai pada model kedua karena model pertama dibekali kamera depan 5 MP. Menjadi sumber energinya adalah baterai 3080 mAh. Hal ini tentu menjadi kabar buruk karena kapasitasnya menurun drastis dari baterai 4100 mAh pada Redmi Note 4. Untuk sistem keamanan, hanya model kedua yang dibekali pemindai sidik jari. Nah, dari semua spesifikasi ini, selain kamera selfie 16 MP, tak ada yang terlalu istimewa dari Redmi Note 5A. Kami menduga Xiaomi masih menyimpan Redmi Note 5 sesungguhnya yang dibekali spek lebih menawan.

Xiaomi Redmi Note 5A – Harga

Semua varian tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Gold, Rose Gold, dan Silver. Terkait harga, Redmi Note 5A dengan RAM 2 GB ditawarkan sekitar $104 (Rp 1,4 juta), sedangkan varian RAM 3 GB berharga sekitar $134 (Rp 1,88 juta). Sementara itu, varian tertinggi dengan RAM 4 GB ditawarkan sekitar $180 (Rp 2,45 juta). Semoga Redmi Note 5A akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat ini.