Xiaomi Redmi Note 4 vs Redmi 4 Prime: Perang Saudara Berbaterai 4100 mAh

Xiaomi Redmi Note 4 vs Redmi 4 Prime adalah pertarungan sengit antar sesama smartphone Xiaomi. Kalian mungkin akan bingung untuk memilih salah satu di antara keduanya. Untuk membantu kalian, kami akan membandingkan keduanya dalam artikel ini.

redmi4_big_2

Xiaomi Redmi Note 4 vs Redmi 4 Prime – Perang saudara berbaterai 4100 mAh

Perlu diketahui bahwa Xiaomi Redmi Note 4 yang kami libatkan dalam pertarungan ini adalah yang diperkuat chipset Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz bukan Helio X20 deca-core 2,1 GHz. Menariknya, Redmi 4 Prime juga dibekali chipset yang sama. Hal ini berarti kedua saudara ini menawarkan performa yang berimbang. Selain chipset, keduanya juga memiliki banyak persamaan. Pada bagian depan, kita dapat menjumpai layar Full HD dan tiga tombol kapasitif di bawahnya.

Untuk fotografi, baik Redmi Note 4 maupun Redmi 4 Prime dilengkapi kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Di bawah kamera utamanya terdapat pemindai sidik jari. Selain itu, keduanya mendapatkan energi dari baterai 4100 mAh. Sistem operasi yang dijalankan keduanya juga sama yaitu Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8. Lalu, apa perbedaan keduanya?

xiaomi-redmi-note-4-3-840x391

Secara sekilas, keduanya terlihat mirip dan kalian akan sulit membedakannya. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu letak LED flash. Pada Redmi Note 4, LED flash berada di antara kamera utama dan pemindai sidik jari. Sementara itu. Pada Redmi 4 Prime, LED flash terletak di sebelah kiri kamera utama. Lebih lanjut, meskipun sama-sama beresolusi Full HD, layar Redmi 4 Prime lebih kecil dari saudaranya: 5 inci vs 5,5 inci. Yang terakhir, Redmi Note 4 hadir dalam tiga varian: RAM 2/3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB, sedangkan saudaranya hanya satu varian dengan RAM 3 GB dan ROM 64 GB. Tiap smartphone didukung slot microSD card untuk menambah kapasitas memori internalnya.

Xiaomi Redmi Note 4 vs Redmi 4 Prime – Pertarungan sengit

Dari perbandingan spesifikasi di atas, kalian dapat menemukan banyak persamaan di antara kedua smartphone tersebut, mulai dari resolusi layar, chipset, memori internal, kamera utama, kamera depan, pemindai sidik jari, sistem operasi, dan baterai. Namun, meskipun diperkuat chipset yang sama, berkat RAM 4 GB, Redmi Note 4 lebih unggul dalam hal multi tasking. Lalu, apakah harga keduanya juga tidak berbeda jauh? Untuk mengetahuinya, silahkan perhatikan tabel di bawah ini.

  Xiaomi Redmi Note 4   Xiaomi Redmi 4 Prime
RAM 2 GB + ROM 32 GB $146 (Rp 1,95 juta) RAM 3 GB + ROM 64 GB $133 (Rp 1,8 juta)
RAM 3 GB + ROM 32 GB $161 (Rp 2,22 juta)    
RAM 4 GB + ROM 64 GB $190 (Rp 2,56 juta)    

Mari kita fokus pada varian dengan memori internal 64 GB. Ya, ternyata harga keduanya cukup berbeda jauh meskipun memiliki banyak persamaan. Hal ini dapat dipahami karena Redmi Note 4 memiliki layar dan RAM yang lebih besar. Jadi, mana yang menjadi pilihan kalian, anggota pertama dari keluarga Redmi Note 4 dengan RAM 4 GB (Xiaomi Redmi Note 4) atau anggota pertama dari keluarga Redmi dengan layar Full HD (Xiaomi Redmi 4 Prime)?