Xiaomi Redmi 4A vs Motorola Moto G4: Perang Smartphone RAM 2 GB Murah

Xiaomi Redmi 4A vs Motorola Moto G4 adalah pertarungan ketat antara dua smartphone RAM 2 GB murah dari Xiaomi vs Motorola. Namun, di antara keduanya, mana yang akan menjadi pemenangnya? Mari kita cari tahu.

Xiaomi Redmi 4A 3

Xiaomi Redmi 4A vs Motorola Moto G4 – Perang smartphone RAM 2 GB

Pertama, mari kita mulai pertarungan ini dengan membandingkan chipset yang memperkuat kedua smartphone tersebut. Motorola Moto G4, yang diluncurkan pada Mei 2016, diperkuat chipset Snapdragon 617 octa-core 1,5 GHz. Di sisi lain, Xiaomi Redmi 4A, yang baru saja diluncurkan pada awal November ini, dibekali chipset Snapdragon 425 quad-core 1,4 GHz. Kedua chipset tersebut sama-sama didukung RAM 2 GB. Namun, dengan jumlah prosesor inti yang lebih banyak, performa Moto G4 sedikit lebih baik dari pesaingnya.

Lebih lanjut, Xiaomi Redmi 4A hanya hadir dengan memori internal 16 GB saja, sedangkan Moto G4 hadir dengan dua pilihan memori internal yaitu 16 GB dan 32 GB. Untungnya, keduanya dilengkapi slot microSD card, sehingga konsumen dapat menambah kapasitas media penyimpanannya. Dengan tersedianya varian dengan memori internal lebih besar, smartphone Motorola tersebut akan lebih diminati. Untuk fotografi, keduanya memiliki kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Namun, kamera utama Moto G4 memiliki diafragma lebih besar dari pesaingnya, f/2.0 vs f/2.2. Akibatnya, kamera tersebut mampu menghasilkan foto yang lebih terang dan jelas di tempat yang redup.

Xiaomi Redmi 4A vs Motorola Moto G4

Pada bagian depannya, Xiaomi Redmi 4A dibekali layar 5 inci beresolusi HD, sedangkan Motorola Moto G4 dengan layar 5,5 inci Full HD. Dengan resolusi yang lebih tinggi, gambar yang ditampilkan tentunya terlihat lebih jelas dan menarik. Terkait dengan sistem operasi, keduanya sama-sama menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Sejauh ini, Moto G4 lebih unggul dari Redmi 4A. Namun, ada satu hal yang membuat Redmi 4A mampu mengalahkan pesaingnya yaitu baterai. Baterai yang menjadi sumber energi smartphone Xiaomi tersebut berkapasitas 3120 mAh, sedangkan pada pesaingnya berkapasitas 3000 mAh.

Xiaomi Redmi 4A vs Motorola Moto G4 – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, kalian tentu sudah dapat menentukan mana smartphone yang lebih baik. Terkait dengan harga, Xiaomi Redmi 4A ditawarkan mulai dari $75 atau Rp 960.000,00. Di sisi lain, harga Motorola Moto G4 berkisar $200 (Rp 2,6 juta) untuk varian ROM 16 GB atau $230 (Rp 3 juta) untuk varian ROM 32 GB. Dengan spesifikasi yang lebih baik, sangat wajar bila harganya lebih mahal. Namun, bila kalian mencari smartphone lebih murah dengan spesifikasi yang cukup baik, Xiaomi Redmi 4A adalah jawabannya.