Xiaomi Mipad Melawan Apple iPad Mini Retina

Tidak banyak dari perusahaan-perusahaan dunia yang mampu melawan seri-seri produk Apple. Xiaomi Mi Pad, merupakan tablet pertama yang diumumkan kepada publik bulan lalu. Xiaomi Mi Pad, mempunyai lebar layar yang serupa dengan Apple Ipad Mini Retina, yaitu 7,9 inci dengan resolusi 2048 x 1536 hanya seharga Rp 2.999.000

Dalam acara peluncuran resminya, kedua petinggi Xiaomi yaitu penemu Xiaomi, Bin Lin dan wakil presiden umum-nya tersebut terlihat sedang menggunakan MiPads and Mi3 s; Tentu saja Xiaomi tidak malu-malu sama sekali ketika mempresentasikan MiPad didepan media yang hadir jadi kemungkinan perangkat tersebut akan segera hadir di Indonesia.

button (19)

Desain Xiaomi Mipad MelawanThe Apple Ipad Mini Retina

Rupa kedua perangkat ini – Xiaomi MiPad dan Apple Ipad Mini 2 benar-benar serupa. Nyatanya, bagian depan dari kedua perangkat ini terlihat sangat mirip. Bila Anda adalah pengguna yang tidak begitu familiar dengan 3 tombol klasik Android, maka Anda akan mengira perangkat Xiaomi ini adalah iPad Mini.

2

Adapun letak perbedaannya adalah pada bagian bahan pembuat Xiaomi MiPad. Xiaomi secara terang-terangan mengaku bahwa mereka memang menggunakan casing yang teknologinya sama seperti yang digunakkan seri iPhone 5C. Ini mengartikan bahwa Xiaomi MiPad akan hadir dalam rangkaian warna mulai dari biru kalem sampai merah muda ngejreng.

3

Sementara itu, iPad Mini menggunakan bahan Apple Aluminium yang memberi kesan tekstur premium yang memang sudah biasa digunakan untuk produk-produk Apple lainnya. Spesifikasi yang lainnya sangat kompetitif, dimana Xiaomi Mi Pad berbobot 360 gram sedangkan iPad Mini berbobot 341 gram. Sedangkan untuk besar layar sama yaitu 7,9 inci- keduanya mudah untuk dijinjing.

Pemenang: Apple iPad Mini. Meskipun Xiaomi cukup piawai dalam meniru desain Apple, agaknya sulit untuk mengalahkan Apple. Bahan aluminium pada produk Apple jelas terlihta lebih premium dibanding dengan teknologi iPhone 5c yang diaplikasikan pada Xiaomi MiPad. Kendati demikian, MiPad masih terlihat cukup keren, terutama dengan keseluruhan pilihan warnanya.

Tampilan Xiaomi Mipad Melawan Apple Ipad Mini Retina

Xiaomi Mi Tablet dan Apple Ipad Mini sama-sama mengusung tampilan layar retina selebar 7,9 inci dengan resolusi yang mengesankan yaitu 2048 1536. Ketajaman piksel juga sama yaitu pada lebel 326ppi.

The Amazing Spiderman on MiPad

4

Untuk perangkat yang dapat dibeli dengan harga dibawah Rp 3.000.000; ini cukup memuaskan. Silahkan lihat hasil screenshot Spider-Man yang luar biasa dan Dungeon Hunter 4 HD yang dimainkan di MiPad. Selanjutnya, kami pun lebih condong untuk menyatakan bahwa kualitas tampilan game pada Xiaomi MiPad lebih baik daripada iPad Mini dengan resolusi 2048 1536 yang sudah mencakup si perkasa Nvidia Graphics.

Dungeon Hunter 4 on MiPad

5

Pemenang: Seri. Kedua pertangkat ini; MiPad dan Ipad Mini hadir dengan tampilan layar retina selebar 7,9 inci dengan kualitas resokusi yang oke, yaitu 2048 1536 dan 326 ppi. Bagi yang sudah pernah menjajal iPad Mini sebelumnya pasti akan tahu seberapa jernihnya kualitas tampilan layar yang dihasilkan; namun untuk pertama kalinya setelah menjajal MiPad, setidaknya tampilan layarnya pun cukup serupa dengan Mini. Dengan perpaduan CPU grafis yang mumpuni, bisa dikatakan bahwa Xiaomi MiPad sedikit lebih baik dari iPhone Mini.

Spesifikasi Hardware Xiaomi Mipad Melawan Apple Ipad Mini

Nah, mari membahas bagian yang tepenting hardware dan spesifikasinya. Xiaomi MiPad merupakan tablet pertama yang pernah mengunakan prosesor quad-core NVIDIA Tegra K1 ARM Cortex-A15 berkecepatan 2,2 GHz. Satu hal yang spesial dari Tegra K1 adalah inti GPU 192 NVIDIA Kepler-nya yang juga merupakan unit grafis yang banyak ditemukan pada kebanyakn sistem game komputer.

Spesifikasi Xiaomi MiPad
Merujuk pada Nvidia, kinerja K1 terlihat lebih baik dibandingkan Xbox 360 dan the PS3, mesikpun ia sedikit lebih banyak menyedot energi. Hal ini artinya, kombinasi tampilan retina 2048 1536 pada Xiaomi Mi Tablet merupakan tablet yang paling mutakhir untuk bermain game.

Kembali pada pembahasan perbandingan Xiaomi Mipad dengan Apple Ipad Mini. Prosesor quad-core Nvidia Tegra K1 memang benar-benar lebih mumpuni ketimbang dual-core Apple A7 64-bit dengan kecepatan 1,3 GHz. Diatas semuanya itu, Xiaomi Mi Tablet menyuguhkan RAM bermuatan 2GB, sedangkan RAM Ipad Mini hanya bermuatan 1GB. Xiaomi MIPad memperoleh skor mengesankan pada Antutu Score, yaitu 40010.

6

Pada ruang penyimpanan internal, Xiaomi Table thadir dengan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 16GB, atau 64GB. Kapasitasnya dapat ditambahkan melalui katu Micro SD. iPad Mini dijual dengan versi ruang penyimpanan internal sebesar 16GB hingga 128GB, namun tidak memiliki kapasitas penyimpanan melalui Micro SD.

7

Xiaomi Mi Tablet hadir dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 6700 mAh. Baterai besar ini sudah pasti dapat menopang seluruh kinerja ponsel selama dua hari penuh. Sedangkan iPad Mini menggunakan baterai berkapasitas 23.8 Wh yang mampu menyokong penggunaan ponsel untuk kurun waktu 10 jam.

Pemenang: Xiaomi MiPad. Kemasan Xiaomi Tablet bagaikan berisi spesifikasi-spesifikasi jitu, terutama GPU Tegra K1 dengan Core Kepler 192-nya yang mampu mengalahkan skor benchmark-tidak hanya pada Apple, namun juga pada Snapdragon 801 milik Samsung S5 danLG G3. Dengan kombinasi tampilan retina yang diusungnya, Xiaomi Mi Tablet pantas menyandang gelar mesin game paling mumpuni!

Kamera dan Gambar-gambar

Xiaomi Mi Tablet hadir dengan kamera Sony pada bagian belakang dengan kualitas 8MP dan lubang kamera selebar F2.0, ditambah dengan kamera depan berkualitas 5MP untuk keperluan selfie. Tes gambar pertama menunjukkan adanya sedikit masalah pada bagian fokus dan noise (bintik-bintik pada gambar). Namun belakangan diketahui bahwa sensor kamera pada Sony dan hardware-nya tersebut berfungsi dengan baik, hanya saja terdapat sedikit masalah pada software-nya yang masih menggunakan versi beta.

Gambar yang diabadikan menggunakan Xiaomi MiPad

8 9

Sementara itu iPad Mini mengusung kamera belakang berkualitas 5MP dan 1,2MP pada kamera depan untuk keperluan selfie. Kualitas gambar pada iPad Mini terlihat bagus, seperti yang telah kita ketahui pada produk Apple lainnya. Meskipun kamera iPhone ini hanya 5MP dan Xiaomi Tablet 8MP, kualitas gambarnya masih bisa digolongkan menakjubkan.

Contoh Gambar dari Kamera Apple Ipad Mini Retina

10

Pemenang: Xiaomi Mi Tablet. Meskipun masih terdapat masalah software pada produk Xiaomi ini, namun kamera 8MP pada bagian belakang dan 5MP pada bagian depannya mampu mengalahkan Apple yang hanya mengusung 5MP pada kamera belakang dan 1,2MP untuk selfie. Penekananya ada pada 1,2 MP untuk selfie yang dirasa belum cocok dengan harga iPad Mini yang dijual di Indonesia.

Software Xiaomi Mipad Melawan Apple Ipad Mini Retina

Tablet Xiaomi beroperasi pada MIUI (antarmuka Xiaomi) V5, yang merupakan CUSTOM ROM dan kombinasi antara saham Android dan Android 4.4. Xiaomi kemudian sedikit memberi perubahan seperti meniadakan aplikasi Drawer dan desain tweaks yang lain. Mereka memberikan cukup pilihan kostumisasi namun tetap mengedepankan kesan simpel untuk para pengguna Android baru. MIUI V5 tentu merupakan OS yang bagus dan kinerjanya mengingtakan kita pada iOS 7.

11

Apple iPad Mini beroperasi dengan iOS 7. Kami rasa kami tidak perlu banyak membahas sehubungan dengan iOS 7 ini. Pasalnya para penggemar Android akan mengkritik bahwa pilihan kostumisasi yang disediakan tidaklah sebanyak itu. Secara gamblang kami nyatakan, bahwa pada umumnya, iOS 7 dan OS Apple merupakan sistem operasi terbaik yang pernah ada.

Pemenang: Apple iPad Mini 2. Yap, sofware perangkat tersebut memang beda tipis. MIUI V5 sudah sangta bagus, terutama dengan pilihan kostumisasinya yang tentu saja beroperasi lebih baik ketimbang Samsung s Touch Wiz or HTC Sense. Namun iOS Apple sedikit lebih baik; bekerja dengan presentase 99%, sedangkan Android belum dapat lepas dari masalah .

Harga Xiaomi Mipad Melawan Apple Ipad Mini di Indonesia

Mari kita bahas bagian yang papling menarik berikutnya. Menurut pernyataan Global Vice President Xiaomi, Barra, harga produk Xiaomi akan dijual di Cina dengan harga semirip mungkin seperti di Cina. Hal ini berarti bahwa harga Xiaomi Mi Tablet akan lebih rendah dari Rp 2.999.000 untuk versi 16GB. Untuk iPad Mini dengan Retina dijual seharga Rp 4.099.000 pada versi dasar-WiFi 16GB. Sedangkan iPad Mini Retina versi 128GB dijual seharga Rp 7.099.000

12

Pemenang: Sudah jelas Xiaomi MI Pad. Dengan Mi Pad, pengguna sudah dapat menikmati spesifikasi yang lebih bagus dengan harga kurang dari 40%. Itu sih sudah jelas sekali.

Pemenang Keseluruhan:

Xiaomi MiPad. Bisa dikatakan kami mengambil resiko untuk dibenci oleh para penggemar Apple, namun Xiaomi Tablet memang pantas menjadi pemenang dalam perbandingan kali ini. Dengan harga Rp 2.999.000 untuk versi dasarnya saja kita sudah dapat memiliki fitur tampilan retina dan didukung dengan prosesor termumpuni yang tersedia di pasaran saat ini.

Kombinasi tersebutlah yang menjadikan Xiaomi Mi Pad sebagai perangkat permainan yang mumpuni. Untuk penggunaan sehari-hari pun, perangkat ini menjadi pilihan yang lebih baik bila dibandingkan dengan tablet Android yang beredar di pasaran. Mari berharap ponsel ini segera diluncurkan di Indonesia dengan stok yang mencukupi!

button (19)

Ulasan Xiaomi Redmi 2

Xiaomi merayakan 5 tahun dengan penluncuran 5 produk baru

Xiaomi Redmi 2A bertenaga Leadcore telah diumumkan dengan harga 599 Yuan.

Skor Xiaomi Ferrari pada Geekbench Telah Dibeberkan: 4,9 inci dan Lollipop

Xiaomi E4 dengan RAM 2GB Harga Lebih Murah dari Mi4!