Xiaomi Mi4c Vs Xiaomi Mi4i: Pertarungan Smartphone di Bawah Rp 3,5 Juta

Kali ini, kita akan membahas 2 smartphone dengan harga terjangkau yang diproduksi oleh Xiaomi. Yang pertama adalah Xiaomi Mi4c yang baru saja diluncurkan pada bulan September 2015, sedangkan yang satu lagi adalah Xiaomi Mi4i yang terlebih dahulu diperkenalkan pada bulan April 2015. Mari kita cermati beberapa perbedaan kedua smartphone ini.

Xiaomi Mi4c vs Xiaomi Mi4i – perbandingan spesifikasi

Smartphone Xiaomi Mi4c Specs Xiaomi Mi4i Specs
Layar 5 inci, Full HD 5 inci, Full HD
Prosesor Snapdragon 808 Quad-core 1,44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1,82 GHz Cortex-A57 Snapdragon 615 Quad-core 1,7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1,0 GHz Cortex-A53
RAM 2/3 GB 2 GB
Memori internal 16/32 GB 16/32 GB
Kamera utama 13 MP 13 MP
Kamera depan 5 MP 5 MP
Baterai 3080 mAh 3120 mAh
Konektivitas Dual SIM, 4G LTE on both SIM, Bluetooth, Wi-Fi, GPS Dual SIM, 4G LTE, Bluetooth, Wi-Fi, GPS
Sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan MIUI 7 Android 5.0.2 Lollipop dengan MIUI 6

Pertama, salah satu fitur yang membedakan kedua smartphone ini adalah USB port Type C. Xiaomi Mi 4c menjadi smartphone pertama Xiaomi yang dilengkapi fitur ini. Selain itu, smartphone ini juga dibekali IR blaster (infrared blaster) yang dapat berfungsi untuk mengontrol berbagai perangkat yang biasanya juga dikontrol menggunakan remote control. Luar biasa, Xiaomi Mi 4c!

Xiaomi Mi4c Vs Xiaomi Mi4

Untuk perbedaan lainnya, kita dapat dengan mudah mengetahuinya dengan mencermati tabel spesifikasi di atas. Beberapa perbedaan tersebut adalah kapasitas RAM, prosesor, serta sistem operasi. Secara umum, Xiaomi Mi 4c lebih tangguh dari Xiaomi Mi 4i karena menggunakan RAM 3 GB, chipset Snapdragon 808, dan MIUI 7 terbaru dari Xiaomi. Namun demikian, satu aspek yang mungkin menjadikannya kurang atraktif daripada Xiaomi Mi 4i adalah baterainya yang berkapasitas 3080 mAh dibandingkan 3120 mAh pada Mi 4i.

Untuk mendukung kemampuan memotret foto, keduanya dibekali kamera utama beresolusi 13 MP dengan 2 LED flash dan kamera depan 5 MP. Namun, kali ini Xiaomi dengan bangga mengklaim Mi 4c dilengkapi fitur autofocus super cepat yang sanggup menangkap titik fokus objek hanya dalam waktu kurang dari 0,1 detik serta kamera depannya yang memiliki jangkauan sudut yang lebar. Tentunya hal ini lebih baik dari Mi 4i!

Selanjutnya, kami ingin memberi tahu kepada Anda bahwa Xiaomi telah menyisipkan fitur yang diberi nama ‘Edge Tap’ pada Xiaomi Mi 4c. Fitur tersebut memberikan akses secara langsung (shortcut) pada aplikasi tertentu. Sebagai contoh, bila Anda ingin kembali ke tampilan sebelumnya, cukup sentuh 2 kali pada salah satu sisinya, atau cukup sentuh 1 kali untuk memotret foto. Wow!

Xiaomi Mi4c vs Xiaomi Mi4i – harga dan ketersediaan

Xiaomi Mi 4c ditawarkan dengan harga $204 (sekitar Rp 2,9 juta) untuk varian dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB serta $235 (sekitar Rp 3,4 juta) untuk varian dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Sebagai perbandingan, Xiaomi Mi 4i bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 2,8 juta saat ini.

Sebagai penutup, baik Xiaomi Mi 4c maupun Xiaomi Mi 4i, keduanya sama-sama smartphone yang kompetitif dan berkualitas dengan harga yang tidak terlalu mahal. Namun, karena Xiaomi Mi 4c adalah varian terbaru, tentunya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan smartphone lainnya. Bila Anda ingin membelinya, Anda perlu bersabar karena belum ada pernyataan secara resmi apakah Xiaomi Mi 4c akan dipasarkan di Indonesia juga.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah dapat menentukan smartphone mana yang lebih baik? Silahkan sampaikan pendapat Anda kepada kami.