Xiaomi Mi Note Pro Melawan Samsung Galaxy S6 Edge: Ulasan Pertama

Baru-baru ini perusahaan OEM smartphone Cina telah menyatakan bahwa tidak hanya mesin-mesin gadget yang akan diluncurkannya namun akan ada juga beberapa smarthone baru, yaitu Xiaomi Mi Note and Xiaomi Mi Note Pro, yang merupakan andalan perusahaan tersebut. Kedua smartphone ini diprediksiki akan menguatkan posisi perusahaan pada pasar smartphone. Namun, mereka menyadari bahwa mereka berada dalam persaingan sengit dengan layar lengkung Samsung, yaitu Samsung Galaxy S6 Edge.

Xiaomi Note Pro vs Samsung Galaxy S6 Desain

Sudah jelas terlihat bahwa kedua desain smartphone ini cukup mirip. Mi Note Pro dengan bingkai aluminium dan Gorilla Glass 3 pada permukaan depan dan belakang ponsel, sedangkan Galaxy S6 Edge mempunyai tampilan unik dengan sisi tepi ponsel yang terlihat luber yang melengkung pada kedua sisinya. S6 Edge ini juga mempunyai bingkai aluminium dan Gorilla Glass 4 pada bagian belakang casing. Biasanya, tampilan tepi lengkung layar tersebut menunjukkan notifikasi seperti pesan baru, panggilan telepon, dan jam. S6 Edge bahkan dapat mempunyai pengaturan lampu yang lebih terang yang ditujukkan untuk penelpon tertentu. Xiaomi-Mi-Note-Pro-vs-Samsung-Galaxy-S6-Edge-First-review-1 Xiaomi-Mi-Note-Pro-vs-Samsung-Galaxy-S6-Edge-First-review-21

Xiaomi Note Pro vs Samsung Galaxy S6 Tampilan

Xiaomi Mi Note Pro mempuyai layar qHD IPS LCD selebar 5.7 inci dengan resolusi 1440 2560 piksel dan kedalaman 515 ppi. Kedalaman ini cukup dalam bila dibandingkan dengan perangkat lain dengan segmen yang sama, seperti pada HTC ONE M9 (441 ppi). Sementara itu Galaxy S6 Edge mempunyai tampilan layar 5.1 inci dengan Quad HD resolusi tinggi 2560 1440 pixel dengan kedalaman 577 ppi. Angka tersebut bukan saja termasuk piksel yang tertinggi namun juga merupakan pixels per inch (ppi) yang paling tinggi pada tampilan smartphone yang pernah ada. Xiaomi-Mi-Note-Pro-vs-Samsung-Galaxy-S6-Edge-First-review-3 Xiaomi-Mi-Note-Pro-vs-Samsung-Galaxy-S6-Edge-First-review-4

Xiaomi Note Pro vs Samsung Galaxy S6 Spesifikasi

Performa ponsel ini (Xiaomi Mi Note Pro) seharusnya tidak diragukan lagi karena mereka menggunakan prosesor Snapdragon 810 dengan 64bit octa-core terbaru dari Qualcomm, dengan keempat intinya berkecepatan 2.0GHz dan keempat inti lainnya berkecepatan 1.5GHz, serta RAM sebesar 4GB yang memberi daya pada Mi Note Pro. Sementara untuk Galaxy S6 Edge, Samsung mengerahkan prosesor Exynos octa-core terbaru buatan Samsung sendiri (quad-core yang satu berkecepatan 2.1GHz dan yang satunya lagi 1.5GHz), dan yang lebih menariknya lagi, mereka telah diproduksi dengan proses pabrik berteknologi 14nm (RAM pelengkapnya bermuatan 3GB, dan penyimpanan data mampu menampung hingga 32GB, 64GB, atau 128GB). Xiaomi-Mi-Note-Pro-vs-Samsung-Galaxy-S6-Edge-First-review-71

Xiaomi Note Pro vs Samsung Galaxy S6 Baterai

Xiaomi Mi Note Pro memang memiliki baterai besar dan berat yang muatannya sebesar 3000mAh, yang sudah seharusnya cukup untuk memberi banyak daya. Sementara debut (kemunculan pertama) si prosesor 14nm pada smartphone S6 Edge ini seharusnya berkontribusi pada keefisienan pemakaian ponsel dan daya baterai pada Galaxy S6 Edge. Dengan pengurangan daya baterai pada Samsung dari yang semula 200mAh menjadi 2600mAh, ternyata tidak nampak adanya perubahan peningkatan pada daya tahan ponsel.

Xiaomi Note Pro vs Samsung Galaxy S6 Kamera

Megikuti kecenderungan smartphone golongan high-end pada masa kini, Xiaomi Note Pro mempunyai rear camera (kamera yang ditempatkan pada bagian ujung ponsel bagian belakang) 13MP yang termasuk didalamnya terdapat optical image stabilization (peredam getaran tangan saat mengambil gambar yang berpotensi membuat hasil foto menjadi blur), namun kamera ini tidak terlalu menonjol keluar seperti pada Iphone 6 and 6 Plus. Galaxy S6 Edge juga memiliki rear camera dengan resolusi 16MP. Perangkat ini juga dilengkapi dengan optical image stabilization, yang akan meningkatkan ketajaman gambar pada gambar yang diambil dengan cahaya rendah.

Xiaomi-Mi-Note-Pro-vs-Samsung-Galaxy-S6-Edge-First-review-5
Diambil oleh Xiaomi Mi Note Pro dalam kondisi cahaya rendah.
Xiaomi-Mi-Note-Pro-vs-Samsung-Galaxy-S6-Edge-First-review-6
Diambil oleh Samsung Galaxy S6 Edge dalam kondisi cahaya rendah.

Xiaomi Mi Note Pro dn the Galaxy S6 Edge masing-masing mempunyai kamera depan yang beresolusi sebesar 4MP and 5MP.

Xiaomi Note Pro vs Samsung Galaxy S6 Harga

Mi Note Pro 16B ini dibanderol seharga $530 tanpa sebuah kontrak, sedangkan Galaxy S6 Edge 32 GB ini mendapat kisaran antara $800 sampai $850 tanpa kontrak dua tahun.

Xiaomi Note Pro vs Samsung Galaxy S6 Kesimpulan

Tujuan utama dari artikel ini adalah hanya untuk memberi ulasan singkat mengenai Xiaomi Mi Note Pro dan Samsung Galaxy S6 Edge, yang keduanya merupakan keluaran phablet terbaru. Bagi Anda yang menyukai desain smartphone aneh dan unik berteknologi tinggi pada ponsel mereka, Samsung Galaxy S6 Edge merupakan pilihan yang bijak. Namun demikian, Xiaomi Mi Note Pro, dari segi teknis yang sama, lebih cocok bagi Anda yang mempunyai anggaran belanja lebih rendah.