Xiaomi Mi Note 2 vs Xiaomi Mi MIX: Perang Smartphone Tangguh Xiaomi

Xiaomi Mi Note 2 vs Xiaomi Mi MIX adalah dua smartphone tangguh sebenarnya dari Xiaomi yang hadir pada kuartal terakhir tahun ini. Keduanya memiliki berbagai spesifikasi terbaik di dunia smartphone saat ini. Namun, mana yang lebih baik? Mari kita cari tahu bersama.

xiaomi-mi-note-2-5-1

Xiaomi Mi Note 2 vs Xiaomi Mi MIX – Perang smartphone tangguh Xiaomi

Baik Xiaomi Mi Note 2 maupun Xiaomi Mi MIX diperkenalkan pada 25 Oktober 2016 di China. Kedua smartphone ini sama-sama diperkuat chipset Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 530 dan dua pilihan RAM yaitu 4 GB dan 6 GB. Hal ini berarti keduanya menghasilkan performa yang sama. Selain itu, keduanya juga menjalankan Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8.0. Untuk sistem keamanan, keduanya juga dilengkapi pemindai sidik jari yang terletak di bawah layar (Mi Note 2) atau di bawah kamera utama (Mi MIX).

Selanjutnya, mari kita perhatikan perbedaan keduanya untuk mengetahui mana yang lebih unggul. Terkait layar, Xiaomi Mi Note 2 hadir dengan layar AMOLED 5,7 inci beresolusi Full HD dengan dua sisi lengkung, smartphone pertama Xiaomi dengan layar lengkung. Di sisi lain, Xiaomi Mi MIX juga hadir dengan layar Full HD, namun layar tersebut berukuran 6,4 inci dengan bezel yang sangat tipis pada sisi kiri, atas, dan kanan, memberikan luas pandang yang maksimal untuk menonton video atau bermain game. Untuk media penyimpanan, Mi Note 2 menawarkan memori internal 64 GB atau 128 GB, sedangkan Mi MIX dengan memori internal 128 GB atau 256 GB. Sayangnya, keduanya tidak didukung slot microSD card. Namun, kalian yang selalu menyimpan banyak data pada smartphone tentunya akan memilih Xiaomi MI MIX.

Xiaomi Mi MIX 2

Kemudian, untuk fotografi, Xiaomi Mi MIX dibekali kamera utama 16 MP dan kamera depan 5 MP. Di sisi lain, Xiaomi Mi Note 2 memiliki dua pasang kamera yang jauh lebih baik dari saudaranya, meliputi kamera utama 22,5 MP serta kamera depan 8 MP. Menariknya, kedua kamera utamanya mampu merekam video 4K! Yang terakhir, mari kita bandingkan baterainya. Sebagai varian yang lebih besar, Mi MIX ditenagai baterai yang lebih besar pula dengan kapasitas 4400 mAh, sedangkan baterai Mi Note 2 sedikit lebih kecil dengan kapasitas 4070 mAh. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena keduanya didukung teknologi Quick Charge 3.0, sehingga baterainya dapat diisi penuh dengan cepat.

Xiaomi Mi Note 2 vs Xiaomi Mi MIX – Kesimpulan

Secara umum, kedua smartphone di atas memang memiliki performa yang sama. Namun, bila kalian mencari layar dengan luas pandang lebih baik, memori internal lebih besar, dan baterai lebih besar pula, Xiaomi Mi MIX adalah jawabannya. Sementara itu, Xiaomi Mi Note 2 lebih cocok untuk kalian yang gemar memotret foto.

Sebelum menentukan mana yang lebih baik, mari kita bandingkan harga keduanya.

Xiaomi Mi Note 2 Xiaomi Mi MIX
RAM 4 GB $413 (Rp 5,4 juta) $515 (Rp 6,7 juta)
RAM 6 GB $487 (Rp 6,4 juta) $590 (Rp 7,7 juta)

 

 

Dari tabel di atas, terlihat bahwa harga Xiaomi MI MIX lebih mahal dari Xiaomi Mi Note 2. Meskipun lebih mahal, hal tersebut sebanding dengan spesifikasi yang dimilikinya. Bagaimana menurut kalian? Mana di antara kedua smartphone Xiaomi ini yang lebih unggul?