Xiaomi Mi Note 2 vs Vivo Xplay 6: Perang Smartphone Layar Lengkung + RAM 6 GB

Xiaomi dan Vivo adalah dua di antara banyak merek smartphone asal China yang sangat populer saat ini. Keduanya juga baru saja memperkenalkan smartphone papan atas terbarunya yaitu Mi Note 2 dan Xplay 6. Namun, mana yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, mari kita cari tahu bersama.

Xiaomi Mi Note 2 vs Vivo Xplay 6

Layar

Xiaomi Mi Note 2 hadir dengan layar 5,7 inci beresolusi Full HD, sedangkan Vivo Xplay 6 dengan layar 5,46 inci beresolusi Quad HD. Menariknya, layar keduanya memiliki dua sisi melengkung, seperti Samsung Galaxy S7 Edge. Dari layarnya, meskipun berukuran lebih kecil, namun dengan resolusi yang lebih tinggi membuat layar Vivo Xplay 6 mampu menampilkan gambar lebih tajam dan cerah.

Chipset

Yang menjadi jantung dari Mi Note 2 adalah chipset terbaik dari Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz. Sementara itu, meskipun hadir pada akhir tahun 2016, Vivo Xplay 6 masih dibekali chipset Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz. Sangat jelas bahwa performa Mi Note 2 sedikit lebih tangguh dari pesaingnya. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena kedua chipset tersebut masih menjadi yang terbaik yang ada di pasar.

RAM dan memori internal

Xiaomi Mi Note 2 tersedia dalam dua varian: RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB. Di sisi lain, Vivo Xplay 6 hanya hadir dalam satu varian saja dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Sayangnya, kalian tidak dapat menambah kapasitas memori internalnya karena tidak terdapat slot microSD card.

vivo-xplay-6

 

Xiaomi-Mi_Note_2-Carousel_678x452

Kamera

Kamera menjadi salah satu aspek paling menarik dari perbandingan kedua smartphone tersebut. Untuk penggemar berfoto selfie, kalian pasti memilih Vivo Xplay 6 karena memiliki kamera depan 16 MP dengan diafragma f/2.0, lebih baik dari kamera depan 8 MP (f/2.0) pada pesaingnya. Sementara itu, untuk kalian yang gemar memotret pemandangan, tiap smartphone tersebut menawarkan kamera utama yang berbeda. Xiaomi Mi Note 2 menawarkan kamera utama tunggal beresolusi 22,5 MP dengan sensor Sony IMX318, EIS, PDAF, diafragma f/2.0, dua LED flash, dan kemampuan merekam video 4K. Di sisi lain, Vivo Xplay 6 menawarkan kamera utama ganda: sensor 12 MP dengan sensor Sony IMX362, diafragma f/2.0, PDAF, dan 4 axis OIS + sensor 5 MP. Kedua smartphone ini dipastikan dapat menghasilkan foto-foto menawan.

Baterai

Kedua smartphone ini sama-sama ditenagai baterai besar, namun kapasitas baterai Vivo Xplay 6 sedikit lebih besar dari Mi Note 2, 4080 mAh vs 4070 mAh. Keduanya juga dibekali teknologi fast charging, sehingga dapat mempercepat proses pengisian ulang baterainya.

Tambahan

Kedua smartphone ini juga menjalankan Android 6.0 Marshmallow namun dengan antarmuka yang berbeda: Funtouch OS 3.0 (Vivo) vs MIUI 8.0 (Xiaomi). Untuk aspek keamanan, keduanya juga dilengkapi pemindai sidik jari yang sama-sama ditanamkan pada tombol home di sebelah bawah layar. Yang terakhir terkait dengan pilihan warna. Vivo Xplay 6 hadir dengan warna Rose Gold atau Gold, sedangkan Xiaomi Mi Note 2 dengan warna Black, Gold, dan White.

Xiaomi Mi Note 2 vs Vivo Xplay 6

Xiaomi Mi Note 2 vs Vivo Xplay 6 – Kesimpulan

Setelah memperhatikan perbandingan spesifikasi di atas, kami yakin kalian sudah dapat menentukan mana yang lebih baik. Harus diakui bahwa setiap smartphone memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Kali ini, mari kita bandingkan harga keduanya untuk mengetahui mana yang lebih murah.

Xiaomi Mi Note 2 Vivo Xplay 6
ROM 64 GB $413 (Rp 5,6 juta)
ROM 128 GB $487 (Rp 6,5 juta) $654 (Rp 8,8 juta)

Harga Xiaomi Mi Note 2 jauh lebih murah dari Vivo Xplay 6. Banyak di antara kalian pasti lebih memilih smartphone Xiaomi tersebut daripada pesaingnya. Apakah kalian juga berminat untuk membeli Vivo Xplay 6?