Xiaomi Mi Max vs Samsung Galaxy J Max: Perang Phablet Dua Raksasa

Pada awal bulan Juli 2016 ini, Xiaomi dan Samsung memperkenalkan phablet terbarunya, Xiaomi Mi Max vs Samsung Galaxy J Max. Keduanya merupakan phablet berharga terjangkau, namun yang mana yang lebih unggul?

Samsung-Galaxy-J-Max-1

Xiaomi Mi Max vs Samsung Galaxy J Max – Perang phablet dari dua raksasa

Seperti yang kita ketahui, Xiaomi Mi Max pertama kali diperkenalkan pada 10 Mei 2016 dalam tiga varian. Selanjutnya, pada awal bulan Juli ini, varian terbarunya sekaligus sebagai varian Xiaomi Mi Max paling murah diluncurkan. Pada kesempatan ini, kita akan membandingkan varian termurah Xiaomi Mi Max melawan Samsung Galaxy J Max.

Layar

Baik Xiaomi Mi Max maupun Samsung Galaxy J Max sama-sama merupakan phablet berlayar besar. Namun, layar pada phablet Samsung tersebut lebih besar karena berukuran 7 inci dengan resolusi WXGA (800 x 1280 piksel). Sementara itu, layar Xiaomi Mi Max berukuran 6,44 inci beresolusi Full HD (1080 x 1920 piksel).

Chipset dan RAM

Kedua phablet tersebut diperkuat chipset dan RAM yang berbeda. Xiaomi Mi Max diperkuat chipset Snapdragon 650 hexa-core 1,8 GHz dan RAM 2 GB, sedangkan Samsung Galaxy J Max diperkuat chipset Spreadtrum SC8830 quad-core 1,5 GHz dan RAM 1,5 GB. Tampaknya performa Xiaomi Mi Max lebih unggul dari pesaingnya.

Media penyimpanan

Xiaomi Mi Max dan Samsung Galaxy J Max memiliki memori internal 16 GB. Bila kalian merasa masih belum cukup, kalian masih dapat menambahnya karena keduanya didukung slot microSD card.

Kamera

Untuk fotografi, tampaknya Xiaomi Mi Max kembali mengalahkan Samsung Galaxy J Max berkat dua kamera dengan resolusi yang lebih tinggi. Xiaomi Mi Max dilengkapi kamera utama 16 MP dan kamera depan 5 MP, sedangkan Samsung Galaxy J Max dilengkapi kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP.

Baterai

Baterai yang digunakan Xiaomi Mi Max berkapasitas 4850 mAh, sedangkan baterai pada Samsung Galaxy J Max berkapasitas 4000 mAh. Sangat jelas bahwa phablet Xiaomi tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama dari pesaingnya.

xiaomi-mi-max

Informasi tambahan

Untuk sistem operasinya, Xiaomi Mi Max sudah menjalankan Android 6.0 Marshmallow, sedangkan Samsung Galaxy J Max masih Android 5.1 Lollipop. Lebih lanjut, phablet Xiaomi tersebut telah dilengkapi pemindai sidik jari, sedangkan pesaingnya belum. Untuk pilihan warnanya, phablet Xiaomi ini tersedia dalam warna abu-abu, silver, dan emas, sedangkan Xiaomi Galaxy J Max tersedia dalam dua pilihan warna saja yaitu hitam dan abu-abu.

Xiaomi Mi Max vs Samsung Galaxy J Max – Harga

Setelah membahas perbedaan spesifikasinya, mari kita perhatikan harganya. Xiaomi Mi Max ditawarkan dengan harga berkisar $180 atau Rp 2,4 juta, sedangkan Samsung Galaxy J Max berkisar $200 atau Rp 2,6 juta. Menurut kami, meskipun lebih murah, namun Xiaomi Mi Max lebih unggul dari phablet Samsung tersebut. Bagaimana menurut kalian?