Xiaomi Mi Max 2 vs Asus Zenfone 3 Zoom: RAM 4 GB + Baterai 5300 mAh

Xiaomi dan Asus kembali bertarung di segmen smartphone berbaterai jumbo. Di semester pertama tahun ini, Xiaomi memperkenalkan Mi Max 2, sedangkan Asus meluncurkan Zenfone 3 Zoom. Cukup menarik membandingkan keduanya untuk mengetahui mana yang lebih unggul.

Xiaomi Mi Max 2 vs Asus Zenfone 3 Zoom – Spesifikasi

Seperti disebutkan di atas, kedua smartphone yang kita bandingkan dalam artikel ini sama-sama berbaterai jumbo. Nah, sebelum kita melangkah lebih lanjut, mari kita perhatikan persamaannya lebih dahulu. Performa keduanya berimbang karena baik Xiaomi Mi Max 2 maupun Asus Zenfone 3 Zoom diperkuat chipset Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB. Keduanya juga memiliki pemindai sidik jari yang terletak di sisi belakang. Tak hanya itu, keduanya juga tersedia dengan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card.

Namun, Mi Max 2 juga menawarkan satu varian dengan memori internal yang lebih besar dengan kapasitas 128 GB. Selain ROM lebih besar, dimensinya juga lebih besar karena dibekali layar 6,44 inci, sedangkan Zenfone 3 Zoom berlayar 5,5 inci. Meskipun demikian, resolusi kedua layarnya sama yaitu Full HD. Selain itu, keduanya juga masih menjalankan antarmuka yang diluncurkan tahun lalu: MIUI 8 (Xiaomi) vs ZenUI 3.0 (Asus). Menariknya, smartphone Xiaomi tersebut sudah menjalankan Android 7 Nougat, sedangkan pesaingnya masih dengan Android 6 Marshmallow.

Xiaomi Mi Max 2 vs Asus Zenfone 3 Zoom

Beralih ke sektor fotografi. Xiaomi Mi Max 2 hadir dengan kamera utama 16 MP dengan sensor Sony IMX386 serta kamera depan 5 MP. Di sisi lain, Asus Zenfone 3 Zoom hadir dengan kamera utama ganda (12 MP + 12 MP) dengan sensor Sony IMX362 serta kamera depan 13 MP dengan sensor Sony IMX214. Kamera gandanya cukup spesial karena memiliki kemampuan perbesaran optik 2,3 kali dan perbesaran digital 12 kali. Yang terakhir terkait baterai. Mi Max 2 ditenagai baterai 5300 mAh, sedangkan kapasitas baterai pesaingnya 5000 mAh.

Xiaomi Mi Max 2 vs Asus Zenfone 3 Zoom – Harga

Dari perbandingan di atas, tampak Mi Max 2 lebih unggul dalam hal memori internal, sistem operasi, serta baterai. Sementara itu, kemampuan fotografi menjadi daya tarik utama dari Zenfone 3 Zoom. Nah, bagaimana dengan harganya? Mi Max 2 ditawarkan mulai dari $247 (Rp 3,3 juta) untuk varian ROM 64 GB dan $291 (Rp 3,9 juta) uuntuk varian ROM 128 GB. Di sisi lain, Zenfone 3 Zoom (dikenal sebagai Zenfone Zoom S di Indonesia) dapat dibeli dengan harga Rp 6 juta. Lalu, mana yang menjadi pilihan kalian, Mi Max 2 dengan harga lebih murah, baterai lebih besar, serta memori internal lebih besar, atau Zenfone 3 Zoom dengan kamera yang lebih baik?