Xiaomi Mi A1 RESMI Masuk Indonesia: RAM 4 GB + Kamera Dual 12 MP, Rp …. Juta

Di awal bulan ini, Mi A1 sebagai smartphone Android One diluncurkan oleh Xiaomi di India. Kabar gembiranya, smartphone ini kini telah resmi hadir di Indonesia. Nah, apakah ada perbedaan antara Mi A1 yang dijual di India dan Indonesia? Kita cari tahu bersama.

Xiaomi Mi A1 – Spesifikasi

Mari kita mulai pembahasan dengan memperhatikan sisi depannya. Secara sekilas, sisi depannya terlihat sama dengan smartphone Xiaomi lainnya. Layarnya berjenis LTPS dengan bentang 5,5 inci dan resolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD). Layarnya dilindungi oleh kaca 2.5D. Di sebelah atasnya terdapat kamera 5 MP dengan diafragma f/2.0 untuk berfoto selfie. Sementara itu, di sebelah bawah layarnya terdapat tiga tombol kapasitif, teridir dari tombol Menu, Back, dan Recent Apps.

Beralih ke sisi belakang. Kita dapat dengan jelas melihat dua kamera, satu kamera 12 MP dengan diafragma f/2.2 dan sudut lebar dan kamera telefoto 12 MP dengan diafragma f/2.6. Keduanya didukung dua LED flash. Selain itu, Xiaomi mempromosikan kameranya sebagai kamera berkelas tinggi karena memiliki kemampuan perbesaran optik 2 kali, dapat menyaingi kamera ganda Asus Zenfone Zoom S dan Apple iPhone 7 Plus. Tak hanya itu, terdapat pula pemindai sidik jari pada sisi belakangnya.

Xiaomi Mi A1

Untuk urusan performa, Xiaomi Mi A1 dibekali chipset Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 506 dan RAM 4 GB. Memori internalnya berkapasitas 64 GB dan dapat ditambah dengan microSD card. Hal ini tentu mengingatkan kita pada Redmi Note 4 varian tertinggi yang juga dijual di Indonesia. Menjadi sumber energinya adalah baterai 3080 mAh. Nah, seperti yang disebutkan di atas, Mi A1 adalah smartphone Android One. Hal ini berarti Mi A1 menjalankan Android 7 Nougat murni tanpa antarmuka MIUI. Yang terakhir, ada tiga pilihan warna yang tersedia yaitu Black, Gold, dan Rose Gold.

Xiaomi Mi A1 – Harga dan ketersediaan

Setelah mencermati spesifikasinya, ternyata Mi A1 yang dijual di India sama dengan yang beredar di Indonesia. Bila kalian berminat, kami sampaikan bahwa Xiaomi menjualnya dengan harga Rp 3,1 juta. Menurut kami, harga tersebut sangat terjangkau untuk sebuah smartphone kelas menengah yang memiliki performa tangguh serta kamera berkelas. Kalian setuju?