Xiaomi Mi 8 SE vs Vivo NEX A: Perang ketat RAM 6 GB, 20 MP, 4000 mAh ….

Xiaomi Mi 8 SE vs Vivo NEX A tampaknya menjadi smartphone kelas menengah atas terbaik yang ada saat ini. Keduanya dipastikan akan bersaing ketat di pasar. Nah, mana yang sebaiknya kalian beli? Mari kita cari tahu bersama.

Xiaomi Mi 8 SE vs Vivo NEX A – Perbandingan spesifikasi

Di antara keduanya, Xiaomi Mi 8 SE lebih dahulu meluncur pada Mei 2018, sedangkan Vivo NEX A menyusul pada Juni 2018. Keduanya sama-sama menawarkan spek impresif yang memukau kita semua. Mari kita mulai perbandingan ini dengan mencermati performanya. Xiaomi Mi 8 SE dan Vivo NEX A adalah dua smartphone pertama di dunia yang diperkuat chipset Snapdragon 710, yang berarti performa keduanya cukup berimbang. Keduanya juga menjalankan Android Oreo namun dengan antarmuka berbeda: MIUI (Xiaomi) vs Funtouch OS (Vivo). Terkait RAM, Xiaomi Mi 8 SE tersedia dalam dua varian RAM yaitu 4 GB dan 6 GB, sedangkan Vivo NEX A tersedia dalam varian RAM 6 GB saja.

Untuk keperluan menyimpan data, Vivo NEX A menyediakan memori internal 128 GB, dua kali lebih besar dari memori internal 64 GB milik pesaingnya. Cukup disayangkan, baik Xiaomi dan Vivo tidak melengkapi perangkatnya dengan slot kartu microSD. Menariknya, keduanya sama-sama menggunakan layar Super AMOLED. Xiaomi Mi 8 SE memiliki layar 5,88 inci, sedangkan Vivo NEX A berlayar 6,59 inci. Resolusi layar keduanya sama yaitu Full HD+. Keduanya juga memiliki pemindai sidik jari yang terletak di sisi belakang.

Dari sektor fotografi, keduanya ternyata sama-sama dibekali kamera belakang ganda (12 MP + 5 MP) yang terletak di pojok kiri atas. Bagaimana untuk berfoto selfie? Xiaomi Mi 8 SE menyediakan kamera depan 20 MP yang terletak di bezel atas. Di sisi lain, Vivo NEX A menggunakan kamera pop-up 8 MP yang disembunyikan di bawah bingkai atas. Ketika kamera depan diaktifkan, kamera tersebut akan muncul. Dalam hal kepraktisan, kamera depan Mi 8 SE jelas lebih baik. Yang terakhir terkait sumber energi. Xiaomi Mi 8 SE dengan baterai 3120 mAh harus mengakui keunggulan Vivo NEX A yang dibekali baterai 4000 mAh.

Xiaomi Mi 8 SE vs Vivo NEX A – Harga

Dari perbandingan di atas, Vivo NEX A lebih unggul dalam hal memori internal serta baterai. Harganya adalah 3898 Yuan (Rp 8,4 juta). Di sisi lain, Xiaomi Mi 8 SE lebih cocok untuk kalian yang gemar berfoto selfie. Harganya 1799 Yuan (Rp 3,9 juta) untuk varian RAM 4 GB dan 1999 Yuan (Rp 4,3 juta) untuk varian RAM 6 GB. Dengan harga yang jauh lebih murah, Xiaomi Mi 8 SE diyakini lebih diminati. Bagaimana menurut kalian?