Xiaomi Mi 8 SE vs Nokia X7: ROM 128 GB, 20 MP Selfie, Dan Lainnya …

Xiaomi Mi 8 SE vs Nokia X7 adalah pertarungan dua smartphone kelas menengah yang akan kami bahas dalam artikel ini. Dengan kata lain, pertarungan ini melibatkan merek yang sudah berjaya dan yang sedang berjuang untuk sukses kembali. Nah, mana yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, ikutilah perbandingan di bawah ini.

Xiaomi Mi 8 SE vs Nokia X7 – Perbandingan desain dan spesifikasi

Di antara keduanya, Xiaomi Mi 8 SE lebih dulu lahir bersama Mi 8 dan Mi 8 Explorer pada Mei 2018. Sementara itu, Nokia X7 baru saja meluncur pada Oktober 2018. Menariknya, keduanya sama-sama mengusung layar berponi. Namun, jenis dan ukuran layarnya berbeda. Xiaomi Mi 8 SE menggunakan layar AMOLED berukuran 5,88 inci, sedangkan Nokia X7 menggunakan layar LCD berukuran 6,18 inci. Meski demikian, resousi layar keduanya sama yaitu Full HD+.

Terkait performa, Xiaomi Mi 8 SE dan Nokia X7 mengandalkan chipset yang sama yaitu Snapdragon 710. Menariknya lagi, keduanya juga tersedia dalam tiga varian dengan konfigurasi RAM dan ROM yang sama. Varian pertama dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB, sedangkan varian kedua dibekali RAM 6 GB + ROM 64 GB. Sementara itu, varian ketiga dibekali RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Sayangnya, di antara keduanya, hanya Nokia X7 yang dilengkapi slot kartu microSD. Sistem operasi yang dijalankan Nokia X7 adalah Android Oreo versi Android One. Sementara itu, Xiaomi Mi 8 SE menjalankan MIUI berbasis Android Oreo.

Dari sektor fotografi, keduanya dibekali kamera belakang ganda dengan konfigurasi berbeda. Xiaomi Mi 8 SE dibekali kamera utama 12 MP yang ditemani kamera sekunder 5 MP. Di sisi lain, Nokia X7 dibekali kamera utama 12 MP dan kamera sekunder 13 MP. Selain kamera ganda, kita juga dapat jumpai pemindai sidik jari pada sisi belakangnya. Nah, pada poni tiap smartphone terdapat kamera 20 MP untuk mengambil foto selfie. Yang terakhir terkait sumber energi. Xiaomi Mi 8 SE ditenagai baterai 3120 mAh, lebih kecil dari baterai 3500 mAh milik Nokia X7.

Xiaomi Mi 8 SE vs Nokia X7 – Harga

Varian terendah hingga tertinggi Xiaomi Mi 8 SE dijual seharga 1699 Yuan, 1899 Yuan, dan 2199 Yuan berturut-turut. Sementara itu, harga varian terendah hingga tertinggi Nokia X7 adalah 1699 Yuan, 1999 Yuan, dan 2499 Yuan berturut-turut. Meski lebih mahal, menurut kami, Nokia X7 tetap lebih unggul berkat layar lebih luas, slot kartu microSD, kamera belakang lebih impresif, serta baterai lebih besar. Bagaimana menurut kalian?