Xiaomi Mi 6 vs Sony Xperia Edge: RAM 6 GB + ROM 128 GB

Xiaomi Mi 6 baru saja diperkenalkan belum lama ini, tepatnya pada pertengahan April, dan menawarkan berbagai spesifikasi terbaik. Pada artikel ini, kami akan mengadunya dengan Sony Xperia Edge. Nah, kira-kira mana yang lebih unggul?

Xiaomi Mi 6 vs Sony Xperia Edge: RAM 6 GB + ROM 128 GB

Dalam pertarungan Xiaomi Mi 6 vs Sony Xperia Edge, mari kita mulai dengan membahas performanya. Seperti diketahui, Xiaomi Mi 6 diperkuat chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz yang dipadukan dengan RAM 6 GB. Di sisi lain, ternyata Sony Xperia Edge dirumorkan juga dibekali chipset dan RAM yang sama. Tak hanya itu, keduanya juga menawarkan dua pilihan memori internal yang sama yaitu 64 GB dan 128 GB. Menariknya, hanya smartphone Sony tersebut yang dilengkapi slot microSD card. Meskipun performa keduanya cukup berimbang, Xperia Edge tampaknya lebih diminati karena kapasitas memori internalnya masih dapat ditambah.

Dalam hal sumber energi, Xiaomi Mi 6 dibekali baterai 3350 mAh, sedangkan Sony Xperia Edge dirumorkan akan dibekali baterai 3500 mAh. Hal ini berarti kapasitas baterai keduanya tidak berbeda jauh. Lebih lanjut, Xiaomi Mi 6 menjalankan Android 7.1 Nougat, sedangkan pesaingnya juga akan menjalankan sistem operasi terbaru Google tersebut. Dimensi Mi 6 lebih kecil karena dibekali layar 5,15 inci, sedangkan xperia Edge kabarnya berlayar 5,7 inci. Meskipun ukurannya berbeda, kedua layarnya sama-sama beresolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD).

Beralih ke sektor fotografi. Mi 6 menjadi smartphone ketiga Xiaomi setelah Redmi Pro dan Mi 5s Plus yang hadir dengan kamera ganda. Pada bagian belakangnya, terdapat dua sensor kamera yang masing-masing beresolusi 12 MP. Sementara itu, untuk berfoto selfie, Mi 6 menawarkan kamera depan 8 MP. Di sisi lain, Xperia Edge dirumorkan menjadi smartphone pertama Sony yang dibekali kamera ganda. Resolusinya kemungkinan sama dengan Mi 6 yaitu 12 MP + 12 MP. Pada bagian depannya, akan terdapat kamera 8 MP pula.

Yang terakhir, mari kita cermati harganya. Xiaomi Mi 6 varian ROM 64 GB ditawarkan sekitar $360 (Rp 4,85 juta), sedangkan varian ROM 128 GB sekitar $421 atau Rp 5,77 juta. Di sisi lain, harga Sony Xperia Edge jelas lebih mahal, lebih mahal dari Sony Xperia XZ Premium. Xiaomi Mi 6 tampaknya lebih diminati mereka yang mencari smartphone tangguh dengan ukuran lebih kecil dan harga lebih murah. Sementara itu, pecinta fotografi pasti lebih memilih smartphone Sony.