Xiaomi Mi 5S Plus vs Mi Note 2 vs Mi MIX: Yang Terbaik dari Xiaomi Untuk Kalian

Xiaomi Mi 5S Plus vs Mi Note 2 vs Mi MIX adalah tiga smartphone papan atas terbaik Xiaomi yang meluncur pada tahun ini. Semuanya pasti digemari oleh para pecinta setia Xiaomi. Namun, mana yang kalian perlu beli? Untuk mengetahui jawabannya, mari ikuti ulasan kami di bawah ini.

Xiaomi Mi 5S Plus

Xiaomi Mi 5S Plus vs Mi Note 2 vs Mi MIX – Pertarungan spesifikasi

Salah satu hal paling penting yang diperhatikan oleh para konsumen adalah performa. Menariknya, ketiga smartphone Xiaomi ini sama-sama dibekali chipset paling tangguh dari Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 821 dengan prosesor octa-core 2,35 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 530. Setiap smartphone tersebut tersedia dalam dua varian RAM: 4 GB dan 6 GB. Sistem operasi yang dijalankannya juga sama yaitu Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8.0. Nah, dengan chipset, RAM, dan sistem operasi yang sama, ketiga smartphone ini tentunya menawarkan performa yang sama kepada kita semua.

Setelah performa, mari kita perhatikan aspek berikutnya yaitu layar. Xiaomi MI MIX menjadi yang paling besar di antara dua saudaranya karena hadir dengan layar 6,4 inci, sedangkan dua saudaranya hadir dengan layar 5,7 inci. Namun, resolusi ketiga layarnya adalah Full HD. Di antara ketiganya, layar pada Mi Note 2 memiliki dua sisi lengkung (yang pertama dari Xiaomi). Sementara itu, layar Mi Mix dilindungi bezel yang super tipis pada sisi kiri, atas, dan kanan.

Xiaomi Mi Note 2 10

Untuk media penyimpanan, Xiaomi Mi MIX kembali paling unggul karena memiliki memori internal paling besar. Untuk varian dengan RAM 6 GB, smartphone tersebut memiliki ROM 256 GB, sedangkan memori internal dua saudaranya hanya setengah dari Mi MIX, yang artinya berkapasitas 128 GB. Hal ini juga berlaku untuk varian RAM 4 GB. Xiaomi Mi MIX menawarkan memori internal 128 GB, sedangkan dua saudaranya hanya 64 GB. Perlu diketahui bahwa ketiganya tidak dilengkapi slot microSD card, sehingga kalian tidak dapat menambah kapasitas memori internalnya.

Hal berikutnya terkait dengan fotografi. Xiaomi Mi 5S Plus menawarkan kamera utama ganda 12 MP (satu sensor hitam putih, satu sensor warna), yang pertama dari Xiaomi. Mi Note 2 menjadi yang terbaik karena kamera utamanya beresolusi 22,5 MP, sedangkan kamera utama Mi MIX beresolusi 16 MP. Di sisi lain, untuk berfoto selfie, Mi Note 2 kembali menjadi pilihan para konsumen karena memiliki kamera depan 8 MP, sedangkan resolusi kamera depan Mi MIX dan Mi 5S Plus berturut-turut adalah 5 MP dan 4 MP. Dengan demikian, dalam hal fotografi, Xiaomi Mi Note 2 paling unggul dari dua saudaranya.

Xiaomi Mi 5S Plus vs Mi Note 2 vs Mi MIX

Dua hal terakhir adalah terkait baterai dan pemindai sidik jari. Sebagai smartphone dengan ukuran terbesar, Xiaomi Mi MIX tentu ditenagai baterai dengan kapasitas paling besar pula yaitu 4400 mAh, sedangkan Mi Note 2 dan Mi 5S Plus masing-masing dibekali baterai 4070 mAh dan 3800 mAh. Kalian tidak perlu khawatir dengan waktu pengisian ulang baterai yang lama karena ketiganya didukung teknologi Quick Charge 3.0. Untuk alasan keamanan, ketiganya juga dibekali pemindai sidik jari, namun terletak pada posisi yang berbeda: di bawah layar (Mi Note 2) vs di bawah kamera utama (Mi MIX dan Mi 5S Plus).

Xiaomi Mi 5S Plus vs Mi Note 2 vs Mi 5S Plus – Kesimpulan

Dari perbandingan spesifikasi di atas, kami yakin kalian sudah dapat menentukan pilihan yang terbaik. Bila kalian mencari smartphone dengan layar besar untuk bermain game dan menonton video, pilihlah Xiaomi Mi MIX. Untuk penggemar berfoto selfie, Mi Note 2 adalah jawabannya. Untuk kalian yang ingin merasakan keunikan kamera ganda, Mi 5S Plus perlu kalian pertimbangkan.