Xiaomi Mi 5 Resmi Dirilis di MWC 2016: 5,1”, RAM 4 GB & Snapdragon 820

Kita tentu sudah lama mendengar rumor mengenai Xiaomi Mi 5 sejak tahun lalu. Kita semua tentu tidak sabar ingin melihat wujud sesungguhnya. Nah, pada hari ini, 24 Februari 2016, pada ajang MWC 2016, Xiaomi secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya bernama Xiaomi Mi 5 dalam tiga varian. Tiga varian? Mari kita telusuri.

mi-5-smartphone-big

Xiaomi Mi 5 – Smartphone Xiaomi tertangguh saat ini

Mari kita cermati bagian luarnya terlebih dahulu. Seperti yang kami sebutkan di atas, Xiaomi Mi 5 hadir dalam tiga varian yaitu Standard, High, dan Exclusive. Ketiganya memiliki ketebalan 7,2 mm dan berat 129 gram dengan bagian belakang yang melengkung sehingga nyaman digenggam pada tangan kalian. Untuk varian High dan Standard, bodinya dilapisi Gorilla Glass 4 dan bingkainya terbuat dari logam. Sementara itu, varian Exclusive juga dilapisi Gorilla Glass 4, namun bingkainya terbuat dari bahan ceramic. Wah, terlihat menawan dan elegan, bukan?

Berikutnya, mari kita telusuri spesifikasinya. Ketiga varian Xiaomi Mi 5 ini memiliki perbedaan dari aspek RAM, kecepatan prosesor, dan memori internal, namun ketiganya sama-sama dibekali chipset Snapdragon 820. Varian Standard didukung RAM 3 GB, prosesor quad-core 1,8 GHz, dan memori internal 32 GB. Varian High dibekali RAM 3 GB, prosesor quad-core 2,15 GHz, serta memori internal 64 GB. Sementara itu, varian Exclusive dibekali RAM 4 GB, prosesor quad-core 2,15 GHz, dan memori internal 128 GB. Varian Eksklusif paling mantap!

Xiaomi-Mi-5

Spesifikasi lain dari ketiganya tidak ada perbedaan, meliputi layar IPS 5,15 inci beresolusi Full HD, tombol home berbentuk fisik yang telah ditanamkan pemindai sidik jari, kamera utama 16 MP dengan sensor Sony IMX298 yang mampu merekam video beresolusi 4K, kamera depan 4 MP, serta baterai 3000 mAh. Lebih lanjut, Xiaomi Mi 5 menjalankan MIUI 7 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Beberapa fitur konektivitas yang dimiliki smartphone ini adalah 4G+, VoLTE, NFC, dan USB Type C.

Xiaomi Mi 5 – Harga dan ketersediaan

Perlu diketahui bahwa Xiaomi Mi 5 tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu, Black, White, dan Gold. Untuk harganya, Xiaomi Mi 5 varian Standard ditawarkan mulai dari $306 atau Rp 4,2 juta), varian High mulai dari $352 atau Rp 5 juta, dan varian Exclusive mulai dari $413 atau Rp 5,8 juta. Ketiganya akan tersedia di China mulai tanggal 1 Maret 2016. Kita tentu berharap Xiaomi Mi 5 segera dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat ini. Nah, bagaimana pendapat kalian dengan Xiaomi Mi 5?