Xiaomi Mi 4i dengan Snapdragon 808 untuk Pasar Internasional?

1. Xiaomi Mi 4i dengan Snapdragon 615 mengalami masalah overheating

Xiaomi Mi 4i pertama kali hadir pada beberapa bulan yang lalu dan langsung menarik perhatian banyak orang karena faktor spesifikasi, desain, serta harga dari smartphone tersebut. Meskipun mendapat banyak pujian, namun ada juga keluhan dari penggunanya terkait dengan prosesor Snapdragon 615 pada Xiaomi Mi 4i yang tidak memberikan performa yang optimal, cepat, dan memiliki temperature yang tidak panas seperti yang diharapkan banyak orang. Setelah mendapat keluhan dari para konsumennya, Xiaomi akhirnya menghadirkan MIUI 6.5.50 yang telah diperbaharui untuk mengatasi masalah overheating yang terjadi pada Xiaomi Mi 4i. Namun demikian, Xiaomi tentu menginginkan Xiaomi Mi 4i semakin digunakan oleh banyak orang. Akankah Xiaomi mencari strategi lain, seperti mengganti prosesornya, untuk mengatasi masalah tersebut?

xiaomi

2. Smartphone baru dengan nama Xiaomi Libra tampil di situs Geekbench

Saat ini ada sebuah smartphone Xiaomi lainnya yang muncul di situs Geekbench. Smartphone tersebut bernama Xiaomi Libra yang dibekali Snapdragon 808 dan RAM 2 GB. Xiaomi Libra tidak tercantum pada roadmap Xiaomi tahun 2015 ini. Kami tidak meyakini bahwa ini merupakan smartphone baru lainnya dari Xiaomi yang akan diperkenalkan tahun ini.

Di sisi lain, performa Snapdragon 808 sedikit lebih lambat dari Snapdragon 810. Xiaomi tentu tidak akan menggunakan chipset ini untuk smartphone terbarunya yang bernama Xiaomi Mi 5. Apakah Xiaomi Libra hanya dipasarkan di pasar domestic China saja, tidak lama setelah peluncuran Xiaomi Mi 4i dan menjelang kehadiran Xiaomi Mi 5?

table

3. Xiaomi Mi 4i tidak dipasarkan secara luas di pasar internasional

Meskipun Xiaomi Mi 4i telah dijual selama beberapa bulan di negara asalnya, tampaknya smartphone ini tidak terlalu populer di luar China. Menurut analis industry China, Pan Jiutang, Xiaomi sampai saat ini sedang mempersiapkan sebuah smartphone yang lebih tangguh dari Xiaomi Mi 4i, yang mungkin akan dibekali oleh chipset Snapdragon 808. Namun demikian, nama smartphone tersebut masih belum diketahui.

xiaomi

4. Kesimpulan

Xiaomi kemungkinan sedang mempertimbangkan untuk mengganti chipset Xiaomi Mi 4i yang akan ditujukan untuk pasar internasional dan hal tersebut tentu merupakan sebuahh langkah yang tepat karena Xiaomi Mi 4i dikenal sebagai smartphone dengan spek dan kualitas layar yang baik. Bila Xiaomi mampu mengatasi masalah overheating yang disebabkan Snapdragon 615, maka Xiaomi Mi 4i akan memiliki performa yang optimal. Ide Xiaomi Mi 4i dengan Snapdragon 808 mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Xiaomi.