Xiaomi Meri Mulai Terungkap: Layar Full HD + Prosesor Pine Cone

Baru saja meluncurkan Redmi 4 dan Redmi 4A pada awal bulan ini, Xiaomi tampaknya sedang mempersiapkan smartphone murah lainnya yang bernama Xiaomi Meri. Apakah ini adalah keluarga baru dari Xiaomi? Mari kita cari tahu.

xiaomi-meri-10

Xiaomi Meri mulai terungkap – Smartphone murah lainnya dari Xiaomi

Seperti yang kita ketahui, smartphone Redmi series menjadi yang paling murah dari Xiaomi karena dibekali spesifikasi yang sangat sederhana namun tetap berkualitas. Produsen asal China tersebut sudah meluncurkan empat generasi keluarga Redmi, mulai dari Redmi 1 pada Juli 2013 hingga Redmi 4 pada November 2016. Kali ini, tampaknya kita akan segera menyambut smartphone murah lain dari keluarga baru karena tidak ada kata Redmi ataupun Redmi Note pada namanya. Ya, smartphone tersebut adalah Xiaomi Meri, nama yang cukup unik.

Menurut rumor yang beredar, Xiaomi Meri akan menggunakan chipset buatan Xiaomi yang bernama Pine Cone. Sebelumnya, pada awal tahun ini, beredar informasi bahwa Xiaomi akan meluncurkan smartphone murah dengan chipset buatannya sendiri pada semester kedua 2016, dan smartphone tersebut kemungkinan adalah Xiaomi Meri. Chipset tersebut dikembangkan bersama oleh Beijing Pinecone Electronics dan Leadcore Technology Ltd (pembuat chipset asal China). Bila kabar ini menjadi kenyataan, maka Xiaomi akan mengikuti langkah Huawei yang juga membekali smartphone-nya dengan chipset buatannya sendiri dengan merek HiSilicon.

Xiaomi Meri

Ketika performanya diuji dengan software Geekbench 4.0, Xiaomi Meri meraih 758 poin pada uji single core dan 3105 poin pada uji multi core. Smartphone ini juga sempat diuji dengan software AnTuTu dan mengumpulkan nilai 63581 poin. Tampak jelas bahwa chipset tersebut memang ditujukan untuk smartphone kelas bawah. Selain itu, chipset tersebut kabarnya didukung prosesor grafik Mali-T860. Pada bagian depannya, kabarnya akan terdapat layar 5,46 inci beresolusi Full HD. Smartphone ini juga akan didukung NFC. Sayangnya, masih belum ada pernyataan resmi dari Xiaomi mengenai smartphone ini dan juga spesifikasi lainnya.

Xiaomi Meri – Harga dan ketersediaan

Xiaomi Meri kabarnya akan tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Gold, Rose Gold, dan Black, tanpa warna putih. Lebih lanjut, harganya diprediksi berkisar $219 atau Rp 2,8 juta. Xiaomi Meri kabarnya sudah dapat dibeli pada 12 Desember 2016. Hal ini berarti smartphone tersebut kemungkinan diperkenalkan dalam waktu dekat ini pada bulan ini pula. Kita nantikan saja.