Xiaomi Black Shark vs Razer Phone: Perang RAM 8 GB, Baterai 4000 mAh …..

Dua smartphone yang akan kami bandingkan di bawah ini adalah dua smartphone yang dirancang khusus untuk para gamers. Keduanya adalah Xiaomi Black Shark dan Razer Phone. Nah, di antara keduanya, mana yang lebih unggul? Mari kita cari tahu bersama dalam perbandingan di bawah ini.

Xiaomi Black Shark vs Razer Phone

Desain

Bila dilihat dari depan, Xiaomi Black Shark terlihat seperti smartphone standar dengan tombol home yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Smartphone Xiaomi ini sudah mengusung layar 18 : 9. Di sisi lain, Razer Phone masih setia dengan layar 16 : 9 di mana bezel atas dan bawah layarnya cukup tebal. Pada tiap bezel terdapat speaker yang mampu menghasilkan suara stereo. Pada poin ini, kami berpendapat Razer Phone lebih unggul.

Bagaimana dengan sisi belakangnya? Sisi belakang Razer Phone rata seperti smartphone pada umumnya, dengan dua garis antena horizontal. Nah, ketika kalian melihat sisi belakang Xiaomi Black Shark, kalian akan menemukan sesuatu yang berbeda. Selain garis antena berbentuk X, sisi belakangnya memiliki lekukan dengan desain khusus yang tentunya dirancang untuk memudahkan kita memegang smartphone saat bermain game. Kami akui sisi belakang Xiaomi Black Shark lebih menawan.

Layar

Xiaomi Black shark hadir dengan layar 5,99 inci beresolusi 1080 x 2160 piksel (Full HD+), sedangkan Razer Phone hadir dengan layar 5,7 inci beresolusi 1440 x 2560 piksel (Quad HD). Dengan resolusi yang lebih tinggi, layar Razer Phone tentu menampilkan gambar yang lebih jelas dan tajam.

Performa dan RAM

Terkait performa, Xiaomi Black Shark dengan chipset Snapdragon 845 tentunya lebih tangguh dari Razer Phone yang diperkuat chipset Snapdragon 835. Meski demikian, keduanya sama-sama dibekali dengan RAM 8 GB, membuat keduanya memiliki performa multitasking yang berimbang. Sekedar informasi, Xiaomi Black Shark juga tersedia dalam varian RAM 6 GB.

Media penyimpanan

Xiaomi Black Shark varian RAM 6 GB menyediakan memori internal 64 GB, sedangkan varian satu lagi memiliki memori internal 128 GB. Di sisi lain, Razer Phone hanya menyediakan satu pilihan memori internal yaitu 64 GB. Nah, bila kalian membutuhkan media penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan lebih banyak game, hanya Razer Phone yang dilengkapi slot kartu microSD.

Kamera

Dari sektor fotografi, tiap smartphone memiliki tiga kamera. Xiaomi Black Shark memiliki kamera belakang ganda (12 MP + 20 MP) dan kamera depan 20 MP. Di sisi lain, Razer Phone dibekali kamera belakang ganda (12 MP + 12 MP) dan kamera depan 8 MP. Terlihat bahwa kamera Xiaomi Black Shark lebih impresif.

Baterai

Baik Xiaomi Black Shark maupun Razer Phone sama-sama ditenagai baterai 4000 mAh. Dengan chipset yang lebih baru serta resolusi layar lebih rendah, tampaknya konsumsi baterai smartphone Xiaomi tersebut akan lebih irit.

Xiaomi Black Shark vs Razer Phone – Harga

Harga Xiaomi Black Shark adalah 2999 Yuan (Rp 6,4 juta) untuk varian RAM 6 GB dan 3499 Yuan (Rp 7,4 juta) untuk varian RAM 8 GB. Xiaomi masih menyediakan gamepad yang dapat dibeli dengan harga 179 Yuan (Rp 300.000,00). Di sisi lain, harga Razer Phone adalah $699 (Rp 9,4 juta). Meski harganya lebih murah, Xiaomi Black Shark menawarkan performa lebih tangguh, memori internal lebih besar, kamera lebih impresif, serta desain lebih menari. Secara umum, Razer Phone harus mengakui keunggulan pesaingnya. Bagaimana menurut kalian?