Wujud Smartphone Android Nokia P1 Terungkap

Dua bulan yang lalu, tepatnya pada Mei 2016, Nokia secara resmi mengumumkan kebangkitannya kembali ke pasar smartphone pada tahun ini. Pada awal Juli 2016 ini, wujud smartphone Android Nokia pertama, Nokia P1 beredar di internet.

Nokia P1 press render

Wujud Nokia P1 – Tampilan pertama smartphone si raksasa

Selama beberapa bulan terakhir, kita sudah menebak-nebak apakah yang menjadi smartphone Android pertama dari Nokia adalah Nokia C1 atau Nokia A1. Namun, bocoran informasi terbaru memperlihatkan smartphone Nokia lainnya yang bernama Nokia P1. Bila kalian bertanya,, smartphone ini menjalankan sistem operasi Android. Nokia P1 dibuat dan dikembangkan oleh tim dari InFocus/Sharp. Hal ini mengapa wujud Nokia P1 sangat mirip dengan Sharp Aquos P1.

Berdasarkan kontrak Nokia dengan Microsoft, Nokia tidak dapat meluncurkan smartphone dengan merek Nokia hingga kuartal ketiga tahun 2016, yang berarti saat ini. Belum lamma ini, Nokia menandatangani kontrak dengan Foxcon yang membeli InFocus/Sharp. Foxcon juga menjadi salah satu pihak yang berperan penting dalam proses produksi smartphone Nokia nanti. Kita sudah mengetahui semua informasi terkait kebijakan yang telah diambil oleh Nokia selama ini dan semuanya tampak masuk akal.

Nokia P1 press render

 

Selain wujud Nokia P1, belum ada informasi lebih lanjut terkait spesifikasinya. Banyak ahli yang memperkirakan Nokia P1 akan menjadi varian lainnya dari Sharp Aquos P1 yang akan meluncur pada tahun ini. Sebagai informasi, spesifikasi Sharp Aquos P1 meliputi RAM 3 GB, chipset Snapdragon 820, layar 5,3 inci bereesolusi Full HD, dan memori internal 32 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Untuk fotografi, terdapat kamera utama 22,6 MP dan kamera depan 5 MP. Kita berharap kamera utama Nokia P1 dibekali teknologi PureView. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3000 mAh. Smartphone ini juga didukung pemindai sidik jari dan fitur kedap air dan debu (IP58).

Nokia P1 – Harga dan ketersediaan

Tampaknya Nokia P1 akan tersedia dalam pilihan warna Blue dan Sammon. Hingga saat ini, masih belum ada informasi terkait harga dan waktu peluncurannya. Meskipun demikian, kami prediksi harganya berkisar $300 atau Rp 4 juta. Berapa harga Nokia P1 menurut kalian? Kita sudah mendapatkan wujud pertama dari monster yang sudah lama dinantikan.