Ulasan Sony Xperia XZ1: Kamera 19 MP, RAM 4 GB, Android 8 Oreo

Kali ini, kami akan mengulas sebuah smartphone bernama Sony Xperia XZ1. Smartphone ini tampaknya perlu kalian miliki. Mengapa? Nah, kalian akan mengetahuinya setelah membaca ulasan kami di bawah ini.

Sony Xperia XZ1

Xperia XZ1 adalah salah satu smartphone yang diluncurkan Sony di akhir Agustus 2017 selain Xperia XZ1 Compact dan Xperia XA1 Plus. Untuk kalian yang menyukai smartphone dengan performa tangguh untuk bermain game,, Xperia XZ1 cocok untuk kalian karena diperkuat chipset terbaik Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 540 serta RAM 4 GB. Ya, meski dengan RAM 4 GB saja, performanya masih cukup lancar.

Lebih lanjut, Xperia XZ1 menjadi salah satu smartphone yang lahir dengan menjalankan Android 8 Oreo. Nah, kombinasi chipset terbaik serta sistem operasi Google tersebut tentu menghasilkan kinerja yang terbaik yang ada saat ini. Dari sektor fotografi, Xperia XZ1 hadir dengan kamera utama 19 MP dan kamera depan 13 MP. Kamera utamanya yang berdiafragma f/2.0 didukung berbagai fitur menarik seperti Predictive Hybrid Autofocus, Predictive Capture, Triple Iamge Sensing Technology, serta SteadyShot mode. Lebih lanjut, kameranya memiliki kemampuan perbesaran digital 8 kali, merekam video 4K, serta merekam video slow motion dengan 960 gambar per detik.

Ulasan Sony Xperia XZ1

Seperti smartphone papan atas lainnya dari Sony, Xperia XZ1 juga bersertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu. Hal ini tentu sangat istimewa karena kalian dapat menggunakannya untuk memotret foto sambil menyelam atau berenang. Menariknya lagi, terdapat fitur 3D Creator untuk menyimpan objek dalam bentuk 3 dimensi. Caranya, kalian cukup memindai sekeliling objek tertentu. Setelah itu, kita mendapatkan objek yang dapat diputar 360 derajat pada layar.

Sebenarnya, Xperia XZ1 hadir dengan layar 5,2 inci yang beresolusi Full HD. Sayangnya, desainnya masih setia dengan bezel tebal, sehingga terlihat membosankan. Tak hanya itu, kapasitas baterainya hanya 2700 mAh. Hal ini tentu menjadi hal yang tidak disukai oleh banyak orang di saat tren smartphone dengan baterai besar. Spesifikasi lainnya meliputi memori internal 64 GB (didukung slot kartu microSD card) serta pemindai sidik jari yang ditanamkan pada tombol power.

Sony Xperia XZ1 – Layak untuk dibeli

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, kami merasa Sony Xperia XZ1 masih layak untuk dimiliiki berkat performa tangguh, kamera menawan, serta sertifikasi IP68. Bila kalian berminat, kalian perlu menyiapkan uang sekitar $699 atau Rp 9,4 juta untuk membawa pulang Sony Xperia XZ1. Bagaimana pendapat kalian?