Ulasan Nokia 5: Kamera 13 MP + Android 7.1 Nougat

Nokia 5 menjadi salah satu smartphone yang diperkenalkan Nokia di MWC 2017 bulan Februari yang lalu. Hal ini tentu menjawab rumor yang telah beredar beberapa pekan sebelumnya. Apakah smartphone ini pantas untuk kalian miliki?

Ulasan Nokia 5

Nokia 5 – Desain dan spesifikasi

Nokia 5 hadir dengan unibodi berbahan aluminium. Sisi belakang dan bingkainya melengkung, membuatnya nyaman digenggam pada tangan kalian. Tidak seperti smartphone lainnya yang juga hadir dengan unibodi logam, bagian belakangnya terlihat rapid an bersih tanpa garis-garis antena yang dipindahkan ke sisi atas dan bawah. Ditambah lagi kaca Gorilla Glass yang melindungi layarnya, membuat smartphone ini terlihat semakin menawan.

Nokia 5 dibekali layar 5,2 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (HD). Di dalamnya terdapat chipset Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz yang dipadukan dengan prosesor graik Adreno 505 dan RAM 2 GB. Performa yang dihasilkan cukup untuk mendukung pekerjaan serta untuk bermain game. Untuk keperluan menyimpan data, Nokia 5 menawarkan menyediakan memori internal 16 GB. Bila masih belum cukup, masih dapat ditambah dengan microSD card hingga 128 GB.

nokia-5-build-quality

Beralih ke sektor fotografi. Nokia 5 dibekali kamera utama 13 MP dengan diafragma f/2.0, PDAF, dan dua LED flash, serta kamera depan 8 MP dengan diafragma f/2.0, autofocus, dan lebar sudut 84 derajat. Dengan jangkauan sudut yang lebar, kalian dapat melibatkan lebih banyak orang untuk berfoto selfie bersama. Di sebelah bawah layarnya, kita dapat menjumpai tombol home fisik yang telah ditanamkan pemindai sidik jari. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3000 mAh. Yang terakhir, Nokia 5 menjalankan Android 7.1.1 Nougat dan akan mendapatkan pembaharuan rutin agar selalu mendapatkan sistem keamanan dan fitur-fitur terbaru.

Nokia 5 – Harga dan ketersediaan

Satu lagi, Nokia 5 tersedia dalam empat pilihan warna yaitu Tempered Blue, Silver, Matte Black, dan Copper. Harganya cukup terjangkau, sekitar $199 atau Rp 2,7 juta. Nokia menyampaikan bahwa smartphone ini akan tersedia di pasar mulai kuartal kedua 2017. Ketika sudah resmi dirilis nanti, apakah kalian berminat untuk membelinya?