Ulasan Microsoft Lumia 435: Smartphone Terbaik yang Dapat Dibeli Sekitar 900rb; Batas Harga Paling Murah untuk Mendapatkan Windows 10.

Maaf sebelumnya bagi para penggemar Windows Phone, kami sendiri terkejut ketika menyadari bahwa kami telah menempatkan ponsel Microsoft di urutan paling atas pada daftar smartphone paling murah. Tapi dengan maksud yang positif dan masuk akal. Kritik utama pada Windows Phone ini hanya ada pada tingkat kurangnya apliaksi. Yap, ada banyak ratusan dari ribuan apliaksi di Windows Store, tapi deretan yang tersedia pada ponsel tersebut bukanlah yang Anda inginkan (misalnya, aplikasi Google tidak tersedia).

Namun Lumia 435 memang benar-benar murah, yaitu seharga 67 (sekitar 1,3jt) dari Amazon. Ponsel ini tidak di targetkan untuk para penggila ponsel namun untuk mereka yang sekiranya baru ingin membeli smartphone pertamanya. Ini juga merupakan ponsel yang cock bagi buah hati Anda; daripada melakukan hal yang lebih buruk alias mahal, lebih baik memilih Lumia 435. Lalu, ponsel ini juga bukan untuk mereka yang memilirkan soal mengunduh apliaksi lain selain yang standar: WhatsApp, Facebook, Skype, dan semacamnya. Semua aplikasi tadi sudah tercakup, termasuk aplikasi Microsoft Office dan navigasi gratis yang canggih serta music software.

1

Yang membuatnya semakin menarik adalah pengakuan Microsoft yang menyatakan bahwa Windows Phone yang murah ini akan beroperasi dengan Windows 10 ketika sudah diluncurkan nanti pada tahun ini. Maka dapat dikatakan bahwa Microsoft Lumia 435 akan menjadi tiket masuk termurah untuk akses konputer Windows 10. Hal ini sangat diuntungkan bila dibandingkan dengan ponsel Android yang lain, yang kemungkinan OS nya hanya akan di tingkatkan dari KitKat maupun Jelly Bean.

Bahkan untuk saat ini, dengan software Windows Phone 8.1, yang selalu kami saluti dari Windows Phone adalah betapa baiknya cara kerjanya pada spesifikasi hardware tingkat rendah, segingga menjadikannya kandidat smartphoenmurah seperti Lumia 435. Maka kami jadi agak kaget ketika menemukan bahwa spesifikasi hardware bekerja lebih baik di ponsel ini dibanding dengan ponsel Andoid dengan harga yang sama; dan bahkan iPhone seharga 50 (sekitar 900rb) memang tidak pernah ada.

Nah, coba kita lihat, spesifikasi standar untuk ponsel Android seharga 50 (sekitar 900rb) mencakup posesor single atau dual-core berkecepatan 1 hinga 1,3 GHz, RAM 512MB, penyimpanan sebesar 4GB dan dukungan dari microSD sebesar 32GB. Anda tidak akan menemukan layar selebar 4 inci, atau resolusi lebih tinggi dari 800×480 piksel. Kemudian kamera belakangnyalah yang akan menjadi fokus variasi, yang paling tinggi 5MP namun lebih sering ditemukan sebesar 2-3MP. Masalah kamera depan tidak diperhitungkan, sehingga video chat dan selfie juga tidak diperhitungkan. Yang akan kita bahas selanjutnya adalah bagaimana Microsoft Lumia 435 akan mengalahkan smartphone Android yang memiliki kisaran harga yang sama dengannya.

Desain dan Rakitan

Seperti kebanyakan ponsel Lumia, 435 berwarna kontras dengan warna-warna cerah, dengan casing belakang berbahan plastik namun berbahan kaca pada bagian depan. Desain yang sedemikian rupa sangat mudah dikenali identitasnya sebagai Lumia. Meskipun sedikit kecil, dan murah. dapat dibilang, Microsoft layak mendapatkan pujian tinggi atas kesan premium yang diberikan dari 435. Biarpun casing belakangnya terbuat dari plastik dan bisa dicopot-pasang, bodi ponsel terkesan kuat dan dirakit dengan baik. Hal ini memang seharusnya merupakan bagian dari ponsel tersebut. Teksturnya yang halus namun kesat, dipadu dengan ukuran kecil dan ringannya ponsel tersebut menghasilkan rasa nyaman dan menyenangkan ketika digenggam dalam satu tangan, sehingga tidak mudah terlepas dari genggaman Anda.

3

Tidak seperti kebanyakan lempengan Android yang bercasing plastik hitam, Anda justru akan disuguhkan warna-warna cerah pada bagian belakang casing (hijau, jingga, putih, atau hitam). Pada kesempatan kali ini, Microsoft (oke, Nokia), juga telah mencari jalan keluar untuk memberikan lempengan tersebut agar bisa dicopot-pasang, meskipun ini berarti bahwa layarnya tetap ada didepan, penutup perangkat ini bisa digonta-ganti (namun dijual terpisah), sehingga memberikan kemudahan untuk mencopot pasang baterai, Micro-SIM dan tempat microSD pula.

Mungkin hanya satu kekurangan yang berkaitan dengan desain casing belakang ponsel, yaitu tombol sebelah kanan pada ujung ponsel. Ketika akan mencoba meraih tombolnya dengan jempol kanan, bisa jadi rasanya seperti sudah teraih, namun ini tidak cukup meyakinkan apakah tombol tersebut sudah tertekan sebagaimana mestinya. Tombol tersebut tertekan, namun tidak meyakinkan. Rasanya seperti menekan plastik dan terkesan bisa patah bila Anda menekannya terlalu keras. Fakta lainmenyebutkan bahwa casing belakangnya agak sulit dilepas. Hal ini merupakan sesuatu yang bagus, bila Anda merupakan tipe yang sering menjatuhkan ponsel. Sebaliknya, ini berita buruk bagi Anda yang sering mengganti kartu SIM.

13

Meskipun ujung ponsel terasa rata dan halus, casing belakang mempunyai desain lengkung yang ergonomic (desain yang membuat orang nyaman menggunakan suatu barang) sampai ke tengah ponsel. Dan mengenai rupanya, benar-benar minimalis. Satu benda yang sedikit menonjol ke permukaan hanya lensa kamera yang kokoh dan simpel dan speaker yang terbuka. Keduanya merupakan penyempurna tambahan bagi si simetris mentereng yang kami langsung suka ini. Agak sedikit tebal dari kenyakan ponsel lainnya, yaitu 11.7mm. Tapi tebal yang kami maksud berarti kecil dan pas . Selaini itu, kami juga menyukai bobotnya yang seberat 134gr, sehingga memberi kesan jauh seperti mainan. Pada bagian depan, hanya terdapat bahan kaca datar dengan ujungnya yang bulat dan terdapat tiga tombol fungsional seperti biasa pada bagian bawah.

Bila digabung dalam satu kalimat: Ponsel ini kecil, nyaman, terang, dan mudah masuk saku.

Tampilan

Tidaklah adil untuk membandingkan tampilan layar ponsel 4 inci dengan smartphone andalan. Dengan anggaran belanja yang telah disebutkan untuk smartphone ini, tampilan layar biasanya merupakan area untuk menyimpan harga . Dan perihal tersebut benar. Tampilan layar ponsel ini adalah 480×800 dengan kedalaman layar hanya 233 ppi. Namun dengan ini hasil tampilan masih tergolong cukup tajam untuk tingkat perangkat low end.

10

Saya bisa saja menyalahkan hampir semua aspek dari layar ini. Warnanya tidak begitu jelas, hitam jadi seperti abu-abu, melihatnya dari berbagai sisi dan tampak layar pada siang hari juga tidak sebagus itu. tapi sekali lagi, ini tidak seburuk itu hingga membuat Anda menyesal bila diingat tentang harganya.

Tampilan ini cocok bila disebut sebagai layar Full HD; setelah beberapa menit memainkan Lumia 435 maka Anda akan terbiasa dengan kualitas tampilan layarnya. Sedikit kekaburan tidak akan hilang dari ponsel ini, tapi menonton video dan melihat-lihat foto dengan layar sub-HD ini tidak akanmembuat mata Anda sakit juga, kok. Jika dibandingkan dengan harganya, maka kualitas layar yang sedemikian rupa cukup masuk akal- sebagai tambahan, dilihat dari banyak sudut pandang manapun layar ini juga tidak terlihat terlalu redup.

Layar ponsel tidak dilapisi dengan penutup kaca dan oleh sebab itu terkesan agak tersembunyi . Kami juga ingin melihat kontras dan warna hitam pekat yang sering kami temukan pada Windos Phone bertingkat high-end, namun bila Anda tidak terbiasa melihat tampilan ponsel yang seperti iu maka hal ini tidak perlu dipermasalahkan

Kamera

Fotografi merupakan area dimana Microsoft Lumia 435 menunjukkan akar anggaran nya, yaitu hanya sebesar 2MP, dengan kamrea fixed-foxus (fokusnya sudah ditentukan) pada bagian belakang. Kesalnya, bahkan tidak ada pengaturan fokus ketika hendak mengambil gambar. Ini masalah pengekeran dan pemencetan. Agak sedikit lama untuk mengaktifkannya, dan tidak ada lampu LED, sehingga Anda tidak perlu mempedulikan pengambilan gambar pada cahaya redup atau menggunakan ponsel ini sebagai senter. Kualitas kamera 2MP memang tidak tajam, jelas, ataupun cepat. Kurang lebih mirip seperti kamera sekali pakai (yang masih pakai roll-film) yang biasa digunakan saat bepergian atau kemping saat Anda kecil. Dan sebenarnya tidak masalah. Cukup keker dan pencet, dan foto pun jadi. tidak perlu berpikir yang lain. Hanya saja jangan mengharapkan hasil gambar profesional pada hasil foto Anda.5

Seperti yang Anda dapat lihat pada tes hasil gambar dan video (direkam dengan kualitas WVGA 800×448), tidak ada yang dapat dikomentari dari ini warna terlihat pudar, detil gambar terasa kurang tajam, dan tidak ada fokus otomatis, tidak ada HDR, tidak ada mode panorama, tidak ada stabilisasi juga. Smartphone biasa hanya membutuhkan kamera yang bagusnya biasa saja untuk sekedar sharing foto di jejaring sosial, dan ini cocok bagi pengguna 435.

6

Sesuatu yang juga menjadikan pembeli merasa untung untuk membeli Lumia 435 dibanding dengan musuh smartphone murah lainnya adalah kamera depannya. Memang hanya sebesar 0,3MP, buram dan tidak begitu nyaman dipandang, namun perhatikan komentar kami mengenai kamera tersebut- ya, itu benar-benar ada. Hal ini membuka dunia baru bagi penggunanyauntuk melakukan video chat (dan sefie yang tidak begitu jelas ) yang tidak mungkin didapatkan dengan ponsel murah Android manapun.

Kinerja

Respon terhadap layar sentuh tergolong baik; Performa untuk ponsel low-end ini tidak mengejutkan, bila mengetahui bahwa ponsel ini diperdayai dengan chipset Snapdragon 200, dengan dual-core berkecepatan 1.2GHz. Selain itu terdapat pula Ram bermuatan 1GB yang dapat memastikan setidaknya cukup untuk mengoperasikan tugas-tugas dasar dengan mulus tanpa kesalahan. RAM bermuatab 1GB tersebut akan menjadi penting bila Anda ingin ponsel tersebut di upgrade menjadi Windows 10.

Sekali lagi, kinerja secara umum sudah baik, membuka aplikasi dan menggerakan menu juga sudah cukup mulus. hanya satu hal yang kami sadari ialah, bahwa pengaktifan kamera membutuhkan waktu antara 6 hingga 7 detik, meskipun telah menggunakan Lumia Denim, yang ini artinya bahwa kinerja kamera seharusnya jadi lebih cepat . Tidak ada pula tombol untuk mengambil gambar pada sisi ponsel sehingga Anda perlu mencarinya pada bagian menu home dalam keadaan deafult untuk mengaktifkan aplikasi kamera Lumia, yang bisa jadi saat yang ingin Anda abadikan sudah keburu lewat. (Anda tentu dapat mengetuk layar ponsel dan memindahkan menu tersebut ke bagian depan layar tampilan).

Windows Phone tidak menyefiakan Geekbench or GFXBench, yaitu kedua benchmark yang biasa kami gunakan untuk mengetes kinerja ponsel. Ketika kami mencoba menggunakan SunSpider, angka yang dihaslkan adalah 1284ms. Angka tersebut sebenarnya tergolong kecil bila dibandingkan dengan nilai yang didapat Lumia 535 pada 1295, namun sejujurnya Anda bisa jadi mendapatkan angka yang berbeda setiap Anda mencoba menegetesnya, sehingga baikknya Anda cukup menghitung rata-rata dari keseluruhan angka percobaan. Bila dibandingkan lagi dengan ponsel Android yang mahal yang pernah kami tes pula, hasilnya tidak buruk juga contohnya ZTE Kis 3 mendapatkan poin 1722ms (angka yang lebih rendah jauh lebih bagus dalam hal tes ini)

Selain itu Anda juga mendapatkan 8GB penyimpanan internal, dan Microsoft Lumia 435 jug telah menyediakan tempat microSD yang menampung kapasitas hingga 128GB. Ini luar biasa: tidak ada ponsel Android seharga 50 (sekitar 900rb) yang mampu menampung lebih dari 32GB pada penyimpanan eksternalnya. Bila masih belum cukup, Anda juga dapat menikmati fasilitas aplikasi OneDrive berbasis cloud yang memungkinkan penyimpanan hingga 30GB.

Untuk konektivitas Anda akan mendapatkan 802.11b/g/n Wi-Fi dan Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0, A-GPS dan GLONASS. Microsoft Lumia 435 menyediakan Micro-SIM dan beroperasi pada generasi jaringan 2G-3G, namun tidak mendukung 4G. Ini bukanlah suatu kejutan- Anda harus membayar setidaknya 100 (sekitar 1,9jt) untuk mendapatkan jaringan 4G. Versi dual-SIM juga dijual di toko-toko negara Inggris.

Daya Tahan Baterai

Performa 435 cukup baik untuk tingkat smartphone standar. Dan hal yang sama berlaku pada daya tahan baterai. Kapasitas sebesar 1560mAh seharusnya sudah cukup untuk penggunaan selama satu hari. Tanpa tampilan resolusi tinggi, LTE, maupun chip quad-core sebagai penyalur kekuatannya, ponsel ini cukup tahan banting. Baterai ini jugabisa di copot-pasang; Bila Anda tipe pengguna ponsel yang berat maka suatu keuntungan bahwa baterai tersebut dapat dicopot pasang, sehingga memudahkan Anda memasukkan baterai cadangan. Ada pula alternatif lainnya, karena Microsoft Lumia 435 dapat mengisi daya baterai menggunakan kabel Micro-USB, maka Anda mungkin akan lebih suka mengecasnya menggunakan power bank. Baterai ini bisa dikatakan bagus karena dapat bertahan selama 11 jam untuk waktu bicara dan 21 hari dalam keadaan siaga.

?????????????????????????????????????

 

Tambahan

Meskipun Windows Phone dikritik karena kurangnya aplikasi, tapi fakta bahwa banyak orang yang sedang merancang apliaksi untuk Windows Phone adalah salah satu hal yang membuat kita senang terhadap OS tersebut. Adanya apliaksi HERE DRIVE, Anda memiliki instruksi/ pengarahan belokan demi belokan ke arah tujuan Anda secara gratis, peta offline dan informasi kemacetan yang dihadirkan live; Merupakan bukti bahwa smartphone seharga 50 (sekitar 900rb) ini bisa mempunyai dua fungsi dengan menjadi satelit Anda.

Adapula aplikasi MixRadio, yang menyuguhkan lagu gratis dari artis kesayangan Anda (tanpa iklan, meskipun Anda dapat hanya pindah ke lagu lain hanya 6 kali dalam satu jam). Anda dapat mendengar lagu tersebut menggunakan speaker Microsoft Lumia 435 yang bersuara keras, namun tidak cempreng, atau dapat juga melalui sepasang headphones (tidak termasuk dalam kemasan) untuk mengaktifkan FM radio.

Selain itu ada pula aplikasi gratis Office, Kids Corner untuk anak-anak, Facebook, Twitter, dan Skype, juga didukung dengan WhatsApp sehingga kami tidak perlu begitu repot memikirkan tentang apa yang akan tersedia pada Windows Store.

Lalu, kami juga tidak melupakan adanya Cortana, yaitu asisten suara Microsoft, yang fungsinya hampir sama seperti Google Now dan Siri Anda dapat menanyakan hal apa saja. Dan kami juga suka fitur double tap (ketuk dua kali) untuk mengaktifkan Lumia 435.

Ringkasan

15

Microsoft Lumia 435 adalah ponsel terbaik yang bisa And dapatkan hanya dengan harga 50 (sekitar 900rb), meskipun masih tersandung dengan masalah aplikasi Windows Phone. Intinya ponsel Microsoft iniyang harganya disebutkan diatas bukan main merupakan ponsel yang bagus, terutama untuk pengguna pertama smartphone, karena ponsel ini mampu mengesampingkan ponsel Android dengan kisaran harga yang sama (dan iOS pada rentang harga ini hanya mimpi belaka atau mimpi buruk, namun dari sisi manapun yang Anda lihat, ini tidak akan menjadi kenyataan). Tidak seperti ponsel mahal Lumia 535, Microsoft telah menyatakan bahwa Lumia 435 akan hadir dengan windows 10 setelah kemunculannya nanti di tahun ini, sehingga menjadikannya batas harga paling murah untuk mendapatkan akses Windows 10, dan melihat dari sisi itu saja sudah sangat menguntungkan. Secara keseluruhan ponsel ini serbaguna, tahan banting, dan berkinerja baik.