Ulasan Asus Zenfone 5: Layar Besar, Penawaran Lebih Banyak dengan Harga Sesuai Budget

Asus Zenfone 5 terus melaju menjadi penawaran yang sangat laku bagi konsumen di India, namun apakah ponsel newbie tersebut mampu membuktikan menjadi pesaing yang layak menjadi pemenang?

Mengatakan bahwa Asus Zenfone 5 adalah smartphone terbaik dengan harga dibawah Rs. 10,000 (sekitar 2jt rupiah) bukan sesuatu yang patut dipertanyakan. Perusahaan Taiwan kelihatannya sudah menjadikannya target penjualan di India dengan memberikan harga murah namun kaya dengan fitur. Dengan desain, fitur, dan software premium, Asus telah mampu meraup banyak keuntungan dari Zenfone 5 disamping dari harganya yang murah.

1

Namun apakah barang baru ini dapat dikatakan layak menjadi pemenang melawan ponsel-ponsel lainnya seperti Motorola Moto G dan HTC Desire 516 dll?

Isi Dalam Kota

  1. Asus Zenfone 5
  2. Headphones dengan microphone dan ear buds satu ukuran
  3. Kabel Micro USB yang terpasang dengan travel charger
  4. Buku Panduan

Desain dan Kualitas Perangkat

Salah satu fitur yang plaing menarik dari Asus Zenfone 5 adalah desainnya yang mengesankan, yang mungkin mengingtakan Anda pada HTC Desire 816. Ponsel ini hadir dengan warna-warna menarik seperti merah, ungu, putih, hitam, dan emas. Desainnya termasuk minimalis namun terkesan klasik. Tutup belakang yang dapat dicopot-pasang pada ponsel tersebut terbuat dari plastik dan pada layar terdapat pelindung Gorilla Glass 3 serta garis logam pada bagian bawah.

Ketika perangkat ringan ini tampak seperti di rakit dengan baik, nyatanya ponsel ini tidak sekokoh itu terutama bila Anda tipe yang suka menjatuhkan barang seperti saya. Perangkat yang baru saja dua minggu bersama saya ini tergelincir lepas dari tangan saya dan jatuh dari ketinggian 1 meter sehingga menyebabkan keretakan disepanjang layar LCD. Jadi sebaiknya Anda membeli penutup pelindung sekaligus dengan pelindung layarnya untuk melindungi Zenfone Anda dari kejatuhan yang sering tersebut, mengingat ponsel ini bukan si Rambo. Ukuran layarnya selebar 5inci namun desain bezel (bingkai luaran yang mengelilingi layar ponsel) yang agak lebar semakin memberi kesan ponsel terlihat menjadi lebih besar daripada yang seharusnya.

Tampilan & Kualitas Suara

Perangkat ini memiliki layar LCD cukup besar yaitu selebar 5 inci 720p IPS berkemampuan layar sentuh-yang merupakan fitur standar untuk zaman sekarang. Kedalaman tampilan layar sebesar 294ppi sehingga dapat menghasilkan gambar yang tegas dan tulisan yang tajam. Tampilan layar di dalam ruangan tergolong cukup bagus namun ketika terpapar sinar matahari maka Anda perlu melakukan sedikit penyesuaian pengaturan untuk kenyamanan penglihatan pada layar.

Terdapat pula tiga kapsitas tombol pada layar home namun tidak terdapat backlit (cahaya dibelakang tombol sehingga pada malam tampak bercahaya), sehingga mungkin dapat menimbulkan keraguan bagi beberapa seseorang yang hendak membelinya. Selama memperhatikan kualitas suara dari handset ini, Asus telah menggunakan teknologi SoundMaster untuk menghasilkan lafal suara yang jernih dan realistis . Mengdengarkan musik melalui headphone merupakan pengalaman yang menyenangkan, namun kualitas pemutaran suara melalui speaker pada bagian luar tergolong rata-rata.

Kamera

Terlepas dari desain, hasil gambar merupakan alasan Zenfone 5 pantas mendapatkan poin pengakuan . Asus telah mengombinasikan kamera hardware yang sangat bagus dengan software yang disebut sebagai teknologi PixelMaster untuk mendapatkan pengalaman memoto yang memuaskan. Kamera utama bagian belakang memiliki kualitas 8MP dengan LED flash dan lubang kamera sebesar f/2.0 dengan tambahan kamera selfie sebesar 2MP. Terlepas dari panorama yang biasanya, HDR dan night modes, Zenfone 5 memiliki fitur time reward; dimana ponsel tersebut dapat menjepret gambar sebelum Anda menekan tombol untuk jepret gambar. Jadi Anda dapat melihat foto-foto sebelumnya yang telah dijepret dan memilih gambar manapun yang Anda paling uska. Mode low-light dari perangkat tersebut cukup menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Kamera bagian depan mempunyai mode beautification, sehingga Anda dapat mendapatkan hasil selfie yang lebih baik seperti dengan menguruskan pipi, mengatur bagian mata, dan menyamarkan noda-noda pada wajah Anda.

Kinerja

Biarpun menjadi perangkat dengan anggraan belanja rendah, Zenfone 5 dikemas dengan chipset dual-core Intel Atom Z2560 dengan kecepatan 1.6GHz. Asus juga telah menggunakan teknologi hyper-threading (terdapat dua prosesor pada satu inti) pada prosesornya-yang pada Android hal tersebut dikenal sebagai prosesor quad-core. Performa secara keseluruhan dari kesatuan perangkat ini tergolong cepat, juga mumpuni terhadap aplikasi yang dimainkan secara bersamaan (multiple apps) yang beroperasi mulus dan lancar serta pengalaman bermain game yang luar biasa oke.

7

Saya mengekspektasikan Zenfone 5 yang low-budget ini dapat beroperasi dengan mulus ketika saya bermain Temple Run 2 dan Candy Crush Saga, tapi ternyata saya dibuat kaget ketika tidak ada lag sama sekali saat saya mencoba memainkan Modern Combat 5. Ternyata, terdapat GPU PowerVR SGX544 MP2 yang menjamin pengalaman bermain ini tetap lancar. Ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM bermuatan 2GB, ingat loh harganya dibawah Rs 10,000 (sekitar 2jt rupiah), dengan pengalaman multitasking yang bebas lag. Ponsel ini hadir dengan ruang penyimpanan internal sebesar 8GB dan disediakan pula tempat penyimpanan kartu microSD untuk tambahan penyimpanan.

8

Sistem Operasi dan Antarmuka

Zenfone 5 beroperasi menggunakan Android yang tidak tergolong baru lagi, yaitu Jelly Bean 4.3, sedangkan tingkat Android ZenUI Asus berada diatasnya. Asus telah berjanji mengingkatkan Androidnya menjadi KitKat namun belum ada kabar dari upgrade Android L. Ketika kebanyakan orang lebih memilih stok ponsel-ponsel Android, ZenUI mudah untuk digunakan ketika Anda sudah mulai mengerti dan biasa memakainya. Tampilan layar home dapat dikostumisasikan dan apabila Anda menggeser layar kesebelah kiri pada baris notifikasi, Anda akan menemukan notifikasi ketika menggeser kesebelah kanan- yang juga akan menghantar Anda pada bagian Quick Setting.

10

Pada quick setting Anda akan menjumpai lampu senter, Mobile Data, Wi-Fi, dll hanya dalam satu kali ketuk (tap), sehingga dapat dikatakan bahwa Asus telah menyelesaikan bagian pemaksimalan software dengan sangat baik, mengingat penggunaan pada antarmuka secara keseluruhan berjalan mulus dan tidak lemot sama sekali.

Pilihan Konektivitas

Ponsel ini didukung dengan dual-SIM sehingga Anda tidak perlu lagi menjijnjing perangkat tambahan dalam saku Anda. Pilihan konektivitas lainnya mencakup HSDPA (42.2 Mbps), HSUPA (5.76 Mbps), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Hotspot, dan Bluetoothand A-GPS GLONASS.Tidak ada signal death grips (jaringan menjadi turun ketika dipegang) dan setiap fitur yang menggunakan koneksi jaringan bekerja secara lancar tanpa ada gangguan.

12

Daya Tahan Baterai

Cadangan baterai Zenfone 5 mungkin jadi hal yang paling tidak diinginkan oleh Asus. Meskipun baterai Li-lon berkapasitas 2110mAh nya lebih besar daripada baterai Motorola Moto G yang hanya berkapasitas 2070mAh, Zenfone tidak dapat bertahan seharian penuh; yang mungkin penyebabnya ada pada layarnya yang besar. Baterai tersebut juga harus segera di cas setelah memutar video berdurasi 4 jam, sehingga hal tersebut menjadi masalah utama smartphone ini disamping dari update firmware (perangkat tegar) secara berkala yang didapat dari Asus.

Setuju

Hasil tampilan tajam, desain baik, tampilan antramuka menarik, kualitas kamera bagus, performa fantastik, fitur software yang bermanfaat, dan harga cukup murah.

Tidak Setuju

Daya tahan baterai yang tergolong rata-rata, kualitas loudspeaker tergolong rata-rata, masih menggunakan Android 4.3 Jelly Bean, terang layar sedikit redup.

Keputusan (4/5)

Asus Zenfone 5 menawarkan tampilan layar yang tajam, desain yang berkelas, dan tampilan antarmuka yang sangat menarik dengan banyak tampilan grafis yang oke. Loudspeaker dan terang cahaya pada layar seharusnya bisa lebih baik namun Anda juga tidak dapat mengeluh setelah Anda mengingat harganya.