UAProf Umumkan Sony Xperia Z5 Plus Akan Hadir dengan Layar 4K

Sesuatu yang mungkin terjadi, bukan?

Ketika Sony Xperia Z5 bahkan belum meramaikan pasar smartphone, kita telah mendengar informasi mengenai Sony Xperia Z5 Plus yang akan dibekali layar beresolusi 4K. Akankah ini menjadi smartphone pertama di dunia yang memiliki fitur tersebut?

Mungkin!

Kami mencatat bahwa Sony belum pernah memproduksi smartphone dengan layar beresolusi lebih dari 1080p hingga saat ini meskipun para ahli teknologi telah memungkinkan sebuah smartphone untuk mengusung layar dengan resolusi hingga 2K (aka Quad HD). Kita telah melihat Sony Xperia Z4 yang hadir dengan layar beresolusi 2K, namun jumlahnya sangat terbatas, sehingga kami berharap smartphone terbarunya Sony Xperia Z5 akan dipasarkan ke seluruh dunia dengan layar Quad HD. Namun demikian, segala sesuatunya masih belum ada kepastian dan hanya sekedar harapan dan prediksi banyak orang.

Berdasarkan User-Agent Profile, ada sebuah kode dengan nama Sony E68X yang belum dipublikasikan, dengan varian berkode E6833, E6853, dan E6883, yang diidentifikasi memiliki layar dengan resolusi 2160 x 3840 piksel. Kami menduga varian tersebut adalah phablet dengan ukuran layar minimal 5,5 inci yang cukup besar untuk layar sebuah smartphone. Beberapa anggota Blog Xperia juga menyebutkan bahwa layar 4K tersebut dapat memiliki tingkat densitas 801 ppi, jauh lebih tinggi daripada layar lainnya.

Lebih lanjut, kami memiliki informasi yang lebih rinci terkait prosesor yang digunakan Sony Xperia Z5 Plus. UAProf mengindikasikan bahwa chipset Qualcomm Snapdragon 810 kemungkinan akan memperkuat Xperia Z5 Plus, sama seperti chipset yang memperkuat Sony Xperia Z3 Plus (aka Sony Xperia Z4 di Jepang). Pada tahap ini, kami meyakini banyak orang yang meragukan kemampuan Snapdragon 810 untuk mendukung performa layar beresolusi tinggi. Sementara itu, chipset tersebut telah mendapat banyak keluhan atas masalah overheating. Dengan demikian, Sony harus mempertimbangkan hal tersebut secara matang bila mereka ingin meraih kesuksesan dengan Xperia Z5 Plus.

Selain layar dan prosesornya, belum ada informasi terkait spesifikasi lainnya dari Xperia Z5 Plus. Kami menanti perkembangan berikutnya bila Sony benar-benar ingin menghadirkan smartphone ini.

Jadi, Bila Sony Xperia Z5 Plus mengusung layar beresolusi 4K, apa pendapat Anda? Sampaikan opini Anda kepada kami!