Teknologi Baterai Baru: Dapat Diisi Ulang dalam Waktu Singkat

Baterai adalah salah satu aspek penting dari smartphone. Belum lama ini, sekelompok ilmuwan dari sebuah universitas di Amerika Serikat dilaporkan sedang mengembangkan teknologi baterai terbaru. Baterai tersebut kabarnya dapat diisi ulang dalam hitungan beberapa detik saja.

New smartphone battery

Teknologi baterai baru – Dapat bertahan selama satu pekan

Baterai adalah salah satu komponen penting dari sebuah smartphone. Hal ini yang menyebabkan para produsen dan konsumen memberikan perhatian utama pada komponen tersebut. Baterai smartphone memerlukan waktu yang cukup lama untuk diisi ulang hingga penuh. Sayangnya, baterai tersebut hanya dapat bertahan selama beberapa jam saja, bahkan kurang dari 12 jam untuk penggunaan berat. Selain itu, baterai secara perlahan dari waktu ke waktu akan cepat habis. Kali ini, kalian tidak perlu khawatir lagi karena sebuah solusi telah hadir.

Sekelompok ilmuwan dari University of Central Florida )UCF) kabarnya sedang mengembangkan baterai dengan teknologi super kapasitor. Dengan teknologi tersebut, baterai smartphone dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu hitungan detik saja. Menariknya, baterai tersebut dapat bertahan selama satu pekan. Wow! Hal ini berarti kalian hanya perlu menge-charge smartphone satu kali dalam satu pekan. Meskipun di-charge hingga 30.000 kali, baterai tersebut tetap tampak seperti baru.

Teknologi Baterai Baru

Pada baterai yang diuji coba oleh para ilmuwan tersebut, terdapat lempengan dua dimensi yang dililitkan pada kabel berukuran Nano. Ketebalan lilitan tersebut diatur hingga setebal beberapa atom saja. Hasilnya, electron dapat bergerak cepat dari bagian inti hingga luar baterai. Energi listrik dapat dengan cepat tersimpan dan dapat bertahan jauh lebih lama dari baterai biasa.

Teknologi baterai terbaru – Berbagai manfaat

Baterai dengan teknologi baru tersebut memberikan manfaat dalam kehidupan kita di masa depan. Baterai tersebut dapat digunakan untuk berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, atau smartwatch bahkan hingga mobil listrik. Dengan teknologi tersebut, kalian tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat menggunakan perangkat elektronik kalian. Dengan demikian, kalian tidak perlu lagi membawa alat pengisi daya portabel. Sayangnya, baterai dengan teknologi super kapasitor masih berupa prototipe dan belum diketahui kapan akan dirilis. Kita tentu berharap dapat menikmati baterai dengan daya tahan super lama tersebut pada beberapa tahun mendatang.