Studi Terbaru Menunjukkan Bahwa Kecanduan Smartphone Sama Bahayanya Dengan Kecanduan Narkoba

Apakah Anda kecanduan dengan smartphone Anda? Berbagai studi dan survei beberapa tahun ini mengindikasikan hal tersebut benar adanya. Namun, seberapa parah kecanduan tersebut? Menurut sebuah survei yang dilakukan Baylor University, kecanduan smartphone sebenarnya sama dengan kecanduan narkoba atau alkohol.

addicted-sidewalk

Kepala tim studi, Professor James Robert, mengatakan bahwa orang-orang dapat terikat pada sebuah pola tingkah laku dan pola ketergantungan orang pada smartphone tampaknya memiliki persamaan dengan orang yang ketergantungan narkoba. Sebagai contoh, menghabiskan waktu tanpa smartphone dapat membuat mereka merasa gugup atau panik, seperti ada yang mengganggu mereka. Smartphone yang baterainya habis akan menimbulkan kecemasan. Lebih lanjut, sebagian pengguna yang tercandu dengan smartphonenya mengaku dengan menggunakan smartphone akan menyenangkan perasaan mereka, dan membutuhkan waktu yang semakin lama untuk mencapai tingkat kesenangan yang sama ketika mereka pertama kali menggunakan smartphone.

 

“Menurut sebuah penelitian dari Baylor University, kecanduan smartphone tampaknya memiliki persamaan dengan kecanduan narkoba dan alcohol.”

Kecanduan Smartphone
Studi Terbaru Menunjukkan Bahwa Kecanduan Smartphone Sama Bahayanya Dengan Kecanduan Narkoba

Seperti pecandu narkoba yang mengalami masalah pada kehidupan pribadi, sosial, dan professional, hal yang sama juga dapat terjadi pada pecandu smartphone. Mereka akan mengabaikan pekerjaan, anak-anak, dan bahkan segala kewajibannya hanya untuk melihat Facebook dan bermain game. Kita semua tentu pernah melihat ‘zombie smartphone berjalan” di mana-mana. Kita mungkin juga hampir menabrak kendaraan lain saat berkendara (semoga kita juga tidak sedang menggunakan smartphone saat mengemudikan kendaraan). Jadi, sangat jelas bahwa kecanduan smartphone sangat berbahaya.

Apakah Anda kecanduan smartphone? Apakah sangat berbahaya untuk kita?

Kecanduan Smartphone
Text Walking line

Tentunya tidak semua orang yang terlalu sering menggunakan smartphone dikategorikan sebagai pecandu smartphone. Saat ini, belum ada tolak ukur untuk menentukan tingkat kecanduan seseorang pada smartphone. Bila Anda merasa gelisah ketika berada jauh dari smartphone Anda atau Anda menghabiskan waktu terlalu lama dengan smartphone, Anda mungkin perlu mengevaluasi diri Anda dan mengurangi waktu bermain smartphone.

Sepanjang tidak mengganggu kehidupan dan pekerjaan Anda, Anda kemungkinan tidak mengalami kecanduan pada tingkat yang serius. Rata-rata pria menghabiskan waktu 8,5 jam menggunakan smartphonenya, sedangkan wanita menghabiskan waktu sekitar 10 jam.

Untuk Anda yang ingin terhindar dari ketergantungan pada smartphone, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi di Google Play Store yang dibuat untuk membatasi waktu penggunaan smartphone. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal adalah FlipD yang memungkinkan Anda untuk menentukan durasi waktu Anda dalam menggunakan smartphone. Selama durasi waktu tersebut, Anda hanya dapat menghubungi 3 nomor telepon dan menerima pesan hanya yang telah Anda pilih sebelumnya. Anda memiliki waktu 60 detik untuk melihat Facebook atau hal-hal penting yang tidak dapat ditunda.

Masih ada aplikasi lain yang mempunyai fungsi yang sama untuk mengukur durasi waktu Anda dalam menggunakan smartphone, seperti BreakFree dan Phone Addict Free.

Kecanduan Smartphone
Death-of-conversation!

Apakah aplikasi seperti ini benar-benar membantu? Menurut seorang psikoterapi, Robert Weiss, hal terpenting yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengidentifikasi apa yang Anda sering lakukan dengan smartphone Anda: bermain games, membuka media sosial, bekerja. Ketiga aktivitas inilah yang kemungkinan menjadi masalah utama. Dia menambahkan bahwa penggunaan aplikasi tersebut yang bertujuan untuk mengistirahatkan dan menenangkan diri Anda serta mengalihkan perhatian Anda dari smartphone tidak sama dengan menjauhkan diri dari teknologi, namun melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat akan memberikan dampak positif dalam kehidupan Anda.

Apakah Anda mengenal seseorang yang kecanduan smartphone yang tentu tidak baik untuk kesehatan? Menurut Anda apakah kita terlalu bergantung pada smartphone akhir-akhir ini? Sampaikan pendapat Anda dengan menuliskannya di fan page kami.