Sony Xperia XZ vs LG V20: Perang Smartphone Jepang vs Korea

Sony Xperia XZ vs LG V20 adalah pertarungan ketat antara dua smartphone papan atas terbaru dari Sony dan LG. Keduanya memiliki kamera yang menawan. Lalu, yang mana yang akan menjadi pemenangnya? Mari kita cari tahu.

Sony-Xperia-XZ-1-768x644

 

Sony Xperia XZ vs LG V20 – Snapdragon 820, kamera 23 MP

Baik Sony Xperia XZ maupun LG V20 adalah smartphone terbaru dari Sony dan LG. Keduanya diperkuat oleh salah satu chipset paling tangguh saat ini yaitu Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz. Namun, Sony Xperia XZ didukung RAM 3 GB, sedangkan LG V20 dengan RAM 4 GB. Dengan RAM yang lebih besar, LG V20 memiliki performa yang sedikit lebih cepat dan lancar. Smartphone tersebut juga mampu menjalankan aplikasi dan game yang berat. Terkait media penyimpanan, Sony Xperia XZ dibekali memori internal 32 GB atau 64 GB, sedangkan pesaingnya 64 GB. Keduanya masih didukung slot microSD card.

Untuk fotografi, Sony Xperia XZ dilengkapi kamera utama 23 MP (sensor Sony IMX300, Predicted Hybrid AF, triple image sensing technology, SteadyShot Mode, dua LED flash, dan kemampuan merekam video 4K) serta kamera depan 13 MP. Dengan demikian, smartphone Sony ini akan menghasilkan foto yang jelas serta video yang stabil. Di sisi lain, LG V20 dilengkapi kamera utama ganda (16 MP + 8 MP) dan kamera depan 5 MP. Secara umum, kedua smartphone ini mampu menghasilkan berbagai foto menawan, namun Sony Xperia XZ sedikit lebih unggul karena menggunakan sensor Sony yang merupakan salah satu yang terbaik di pasar.

LG-V20-1-768x558 (1)

Lebih lanjut, LG V20 lebih unggul karena memiliki dua layar, layar utama 5,7 inci Quad HD + layar sekunder 2,1 inci (160 x 1040 piksel), sedangkan pesaingnya hanya memiliki layar 5,2 inci Full HD. Untuk sistem operasi, LG V20 kembali mengalahkan pesaingnya karena menjadi yang pertama yang menjalankan Android 7.0 Nougat, sedangkan Sony Xperia XZ masih menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Yang terakhir, Sony Xperia XZ harus mengakui kehebatan LG V20 dalam hal kapasitas baterai, 2900 mAh vs 3200 mAh. Namun demikian, keduanya juga memiliki pemindai sidik jari, pada tombol (Sony) vs di sebelah bawah kamera utama (LG).

Sony Xperia XZ vs LG V20 – Harga dan ketersediaan

Dari perbandingan spesifikasi di atas, LG V20 tampak jelas mengalahkan Sony Xperia XZ dalam hal layar, RAM, sistem operasi, dan baterai. Untuk harganya, meskipun belum diumumkan oleh masing-masing produsennya, LG V20 akan lebih murah dari pesaingnya. Menurut kalian, di antara Sony Xperia XZ vs LG V20, mana yang menjadi pemenang yang sebenarnya?