Sony Xperia XZ Premium vs Nokia Edge: RAM 6 GB + Kamera 24 MP

Sony Xperia XZ Premium vs Nokia Edge adalah dua di antara smartphone papan atas lainnya yang tampaknya mampu menarik perhatian pecinta smartphone. Namun, siapa yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, silahkan baca ulasan singkat kami di bawah ini.

Sony Xperia XZ Premium vs Nokia Edge

Sony Xperia XZ Premium vs Nokia Edge – Spesifikasi

Kedua smartphone ini cukup menarik untuk dibahas karena memiliki berbagai spesifikasi terbaik. Dimensi Sony Xperia XZ Premium lebih kecil karena memiliki layar 5,5 inci, sedangkan Nokia Edge kabarnya memiliki layar 5,7 inci. Meskipun ukurannya berbeda, kedua layarnya sangat istimewa. Layar Xperia XZ Premium beresolusi 4K, sedangkan layar pesaingnya beresolusi Quad HD dan memiliki dua sisi lengkung.

Dalam hal performa, baik Sony Xperia XZ Premium maupun Nokia Edge diperkuat chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz, namun dipadukan dengan RAM yang berbeda: RAM 4 GB (Sony) vs RAM 6 GB (Nokia). Nah, dengan RAM yang lebih besar, kemampuan multi tasking Nokia Edge tentu lebih baik. Sistem operasi yang dijalankannya juga yang terbaru dari Google yaitu Android 7 Nougat. Lebih lanjut, untuk keperluan menyimpan data, Xperia XZ Premium menawarkan memori internal 64 GB saja, sedangkan Nokia Edge hadir dengan memori internal 64 GB dan 128 GB.

Nokia-Edge-concept-techconfigurations-1

Sektor fotografi tampaknya menjadi hal paling menarik untuk dicermati. Sony Xperia XZ Premium dilengkapi kamera utama 19 MP (f/2.0) yang dapat merekam video slow motion dengan 960 gambar per detik serta kamera depan 13 MP (f/2.0). Sementara itu, Nokia Edge kabarnya akan hadir dengan kamera utama 24 MP dan kamera depan 12 MP. Menariknya, kamera depan Nokia Edge akan ditemani pemindai iris mata. Kedua smartphone juga memiliki pemindai sidik jari namun terletak pada posisi berbeda: tombol power (Sony) vs sebelah bawah kamera utama (Nokia).

Sony Xperia XZ Premium vs Nokia Edge – Harga

Sony Xperia XZ Premium kabarnya sudah dapat dipesan dengan harga sekitar $790 atau Rp 10,6 juta. Di sisi lain, harga Nokia Edge masih belum diketahhui. Namun, melihat spesifikasinya, kemungkinan besar lebih dari $850 atau Rp 10,4 juta. Nah, bila keduanya sudah tersedia di pasar nanti, mana yang kalian pilih?