Sony Xperia XZ Premium vs Nokia 8: Layar 4K + Kamera 24 MP

Monster Nokia melawan monster Sony. Inilah yang terjadi pada pertarungan Nokia 8 vs Sony Xperia XZ Premium. Nah, siapa yang akan menang? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan ikuti ulasan singkat kami di bawah ini.

Sony Xperia XZ Premium vs Nokia 8 – Spesifikasi

Sony Xperia XZ Premium vs Nokia 8 tampaknya akan menjadi dua smartphone yang saling bersaing di segmen smartphone papan atas pada tahun ini. Nah, untuk mengetahui mana yang lebih unggul, mari kita bandingkan spesifikasinya. Seperti diketahui, Xperia XZ Premium hadir dengan layar 5,5 inci beresolusi Ultra HD (4K). Di sisi lain, layar Nokia 8 kabarnya berukuran lebih besar yaitu 5,7 inci, namun resolusinya lebih rendah yaitu Quad HD (2K).

Dalam hal performa, keduanya sama-sama diperkuat chipset tertangguh Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz dengan Adreno 540 sebagai prosesor grafiknya. Meskipun demikian, performa Nokia 8 akan sedikit lebih lancar karena dibekali RAM 6 GB, sedangkan Xperia XZ Premium dibekali RAM 4 GB. Untuk keperluan penyimpanan data, Nokia 8 dilaporkan memiliki memori internal 64 GB dan 128 GB, sedangkan pesaingnya menawarkan memori internal 64 GB. Menariknya, keduanya dilengkapi slot microSD card untuk menambah kapasitas memori internalnya.

Sony Xperia XZ Premium vs Nokia 8

Beralih ke sektor fotografi. Sony Xperia XZ Premium hadir dengan kamera utama 19 MP dan kamera depan 13 MP. Kamera utamanya didukung berbagai fitur canggih, seperti Predicted Hybrid Autofocus, SteadyShot mode, dan perekaman video slow motion dengan 960 gambar per detik. Di sisi lain, Nokia 8 kabarnya akan dibekali kamera utama 24 MP dan kamera depan 12 MP. Kamera utamanya akan didukung OIS dan Super EIS. Lebih lanjut, sebagai smartphone yang lahir di tahun 2017, keduanya menjalankan Android 7 Nougat versi terbaru. Keduanya juga memiliki pemindai sidik jari. Dalam hal sumber energi, Xperia XZ Premium ditenagai baterai 3230 mAh, sedangkan kapasitas baterai Nokia 8 belum diketahui. Yang pasti, keduanya didukung teknologi fast charging untuk mempercepat proses pengisian ulang baterainya. Nah, tampaknya Xperia XZ Premium akan lebih unggul dalam hal ketahanan terhadap air dan debu karena bersertifikasi IP68. Semoga Nokia 8 juga kkedap air dan debu.

Sony Xperia XZ Premium vs Nokia 8 – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, tampak jelas bahwa kedua smartphone ini sama-sama memiliki berbagai spesifikasi terbaik dan pastinya akan bersaing ketat di pasar. Terkait harga, Sony Xperia XZ Premium kabarnya sudah dapat dipesan dengan harga minimal $820 atau Rp 11 juta. Sementara itu, harga Nokia 8 diprediksi juga berkisar $800 atau Rp 10,8 juta. Dengan harga yang tidak berbeda jauh, smartphone mana yang akan kalian pilih?