Sony Xperia XZ Premium vs Huawei P10 Plus: RAM 4 GB, Kamera Dual 20 MP …..

Xperia XZ Premium vs P10 Plus adalah pertarungan dua smartpone terbaik dari dua merek ternama, Sony vs Huawei. Pada artikel ini, kami akan membandingkan keduanya untuk mengetahui smartphone mana yang lebih cocok untuk kalian beli. Mari kita ketahui bersama.

Sony Xperia XZ Premium vs Huawei P10 Plus

Sony Xperia XZ Premium vs Huawei P10 Plus – Spesifikasi

Seperti diketahui, baik Sony Xperia XZ Premium maupun Huawei P10 Plus sama-sama diperkenalkan di akhir Februari lalu tepatnya di ajang MWC 2017. Keduanya hadir dengan berbagai spesifikasi terbaik yang ada saat ini. Hal ini yang membuat kami tertarik untuk membandingkannya. Perlu diketahui bahwa Huawei P10 Plus tersedia dalam tiga varian. Kami hanya melibatkan varian pertama yang dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Dimensi keduanya tidak berbeda jauh karena ukuran layar keduanya juga hampir sama: 5,46 inci (Sony) vs 5,5 inci (Huawei). Namun, resolusi layar Xperia XZ Premium mencapai Ultra HD (4K), lebih fantastis dari layar Quad HD (2K) pada pesaingnya.

Dalam hal performa, keduanya diperkuat dua chipset terbaik saat ini: Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz (Sony) vs Kirin 960 octa-core 2,4 GHz (Huawei). Keduanya sama-sama dibekali RAM 4 GB. Tak hanya itu, keduanya juga menawarkan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Keduanya juga menjalankan sistem operasi Android 7 Nougat yang dapat diperbaharui ke Android 8 Oreo. Keduanya juga memiliki pemindai sidik jari yang diletakkan pada posisi berbeda: tombol power (Sony) vs tombol home (Huawei).

Sony Xperia XZ Premium vs Huawei P10 Plus

Selanjutnya, mari kita perhatikan kameranya. Sony Xperia XZ Premium hadir dengan kamera utama 19 MP dan kamera depan 13 MP. Sementara itu, Huawei P10 Plus hadir dengan kamera ganda generasi kedua Leica (20 MP + 12 MP) dan kamera depan 8 MP. Kamera utama milik Sony mampu merekam video slow motion dengan 960 gambar per detik, sedangkan kamera ganda Leica menjadi salah satu kamera smartphone terbaik saat ini. Terkait sumber energi, Xperia XZ Premium ditenagai baterai 3230 mAh, lebih kecil dari baterai 3750 mAh pada pesaingnya. Nah, ada satu hal yang membuat smartphone Sony tersebut lebih unggul dan mungkin disukai oleh banyak orang yaitu sertifikasi IP68. Dengan kata lain, Xperia XZ Premium adalah smartphone yang kedap air dan debu.

Sony Xperia XZ Premium vs Huawei P10 Plus – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, terlihat jelas bahwa keduanya menawarkan berbagai spesifikasi terbaik yang ada saat ini kepada penggunanya. Bagaimana dengan harganya? Sony Xperia XZ Premium dapat dibeli dengan harga sekitar $799 atau Rp 10,8 juta, sedangkan harga Huawei P10 Plus berkisar $637 atau Rp 8,6 juta. Ya, meski lebih mahal, kemampuan kamera utamanya serta sertifikasi IP68 tentu membuat Sony Xperia XZ Premium lebih diminati. Di sisi lain, dengan harga yang lebih murah, Huawei P10 Plus memiliki baterai yang lebih besar. Nah, mana yang menjadi pilihan kalian?