Sony RESMI Luncurkan Xperia XZ2 Premiium: RAM 6 GB, Dual 19 MP, 4K ….

Setelah sempat dirumorkan selama beberapa bulan, akhirnya Xperia XZ2 Premium resmi menyapa kita semua di pertengahan bulan April ini. Nah, smartphone Sony ini membawa beberapa spek yang impresif. Apa saja? Kita telusuri bersama.

Sony Xperia XZ2 Premium – Desain dan spesifikasi

Xperia XZ2 Premium tentunya merupakan anggota terbaru dari keluarga Xperia XZ2 setelah Xperia XZ2 Compact dan Xperia XZ2 yang lebih dahulu meluncur di MWC 2018. Tidak seperti dua smartphone tersebut, Xperia XZ2 Premium masih setia dengan layar 16 : 9. Seperti yang dapat kalian lihat, bezel atas dan bawah layarnya masih tebal. Meski demikian, tampilan sisi belakangnya kurang lebih sama. Baik sisi depan maupun belakangnya dilapisi Gorilla Glass 5. Pemindai sidik jari juga diletakkan di sisi belakang.

Nah, salah satu hal yang menjadi daya tarik dari smartphone ini adalah layarnya. Xperia XZ2 Premium hadir dengan layar Triluminos 5,8 inci beresolusi 2160 x 3840 piksel (Ultra HD atau 4K). Layarnya hanya menampilkan resolusi 4K ketika kita menikmati konten beresolusi 4K. Smartphone ini tentunya menjadi penerus dari Xperia XZ5 Premium dan Xperia XZ Premium. Layarnya diklaim 11% lebih besar serta 30% lebih besar dari Xperia XZ Premium. Performanya juga tak perlu diragukan lagi karena ditunjang chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 6 GB. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo.

Lebih lanjut, kemampuan fotografi juga ikut menjadi perhatian dari Sony. Ya, Xperia XZ2 Premium memiliki kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor RGB 19 MP (f/1.8) dan sensor monokrom 12 MP (f/1.6). Xperia XZ2 Premium adalah smartphone kedua Sony dengan kamera ganda setelah Xperia XA2 Ultra. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 13 MP (f/2.0). Semua foto disimpan pada memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah hingga 400 GB melalui kartu microSD. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3540 mAh yang mendukung Quick Charge 3.0. Nah, seperti Xperia XZ2, karena sisi belakangnya berlapis kaca, smartphone ini juga mendukung wireless charging. Satu hal lagi, Xperia XZ2 Premium bersertifikasi IP68.

Sony Xperia XZ2 Premium – Harga dan ketersediaan

Xperia XZ2 Premium menggeser Xperia XZ2 sebagai smartphone terbaik Sony yang ada saat ini. Sayangnya, Sony dikabarkan baru akan menjualnya secara global pada musim panas mendatang. Sejauh ini, hanya ada dua warna yang tersedia yaitu black dan silver. Tak hanya itu, harganya juga belum diumumkan. Sebagai perbandingan, Xperia XZ2 dijual dengan harga $799 di Amerika Serikat. Dengan spek yang lebih menawan, harga Xperia XZ2 Premium diprediksi minimal $900. Bagaimana menurut kalian?