Sony Pamerkan Keluarga Xperia X di MWC 2016

Bila pada ajang IFA 2015 Sony memperkenalkan keluarga Xperia Z5 yang terdiri dari Xperia Z5, Xperia Z5 Compact, dan Xperia Z5 Premium, kali ini pada MWC 2016 Sony kembali memperkenalkan produk smartphone terbarunya dari keluarga Xperia X yang juga terdiri dari 3 anggota. Siapa saja dan apa perbedaan ketiganya?

sony_xperia_x_screen

Sony Xperia X, X Performance, dan XA

Dari tampilannya, Sony Xperia X, X Performance, dan XA juga terlihat elegan seperti smartphone Sony dari keluarga Xperia Z. Bodi ketiganya terbuat dari logam dan tersedia dalam empat pilihan warna yaitu graphite black, white, lime gold, dan rose gold. Ketiga smartphone ini memiliki banyak perbedaan. Untuk mengetahuinya, mari kita cermati satu per satu.

Pertama, kita bahas Sony Xperia X Performance terlebih dahulu sebagai varian tertinggi. Smartphone ini dibekali layar 5 inci beresolusi Full HD dengan bagian lengkung pada bagian tepinya, chipset Snapdragon 820, RAM 3 GB, serta memori internal 32 GB yang dapat ditambah dengan microSD card hingga 200 GB. Sony Xperia X Performance dilengkapi dengan kamera utama 23 MP dan kamera depan 13 MP. Wow, kamera yang mantap untuk berfoto selfie! Untuk sistem operasi dan baterainya, smartphone ini didukung Android 6.0 Marshmallow dan baterai 2700 mAh.

Nah, sebagai varian tertinggi, Sony Xperia X Performance dibekali beberapa fitur unggulan seperti fitur kedap air (IP68), speaker stereo, serta pemindai sidik jari yang terletak pada tombol power.

Smartphone berikutnya adalah Sony Xperia X. Smartphone ini memiliki banyak persamaan dengan Xperia X Performance, meliputi layar 5 inci beresolusi Full HD, RAM 3 GB, memori internal 32 GB (juga tersedia dengan memori internal 64 GB) yang juga dapat ditambah hingga 200 GB, kamera utama 23 MP, kamera depan 5 MP, pemindai sidik jari, serta Android 6.0 Marshmallow. Yang menjadi perbedaan adalah smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 650 dan baterai 2620 mAh. Sony Xperia X juga dibekali speaker stereo, namun tanpa fitur kedap air (IP68).

xperia-x-range-2016-main

Yang terakhir adalah varian paling rendah bernama Sony Xperia XA dengan spesifikasi yang juga paling rendah dibandingkan dua smartphone sebelumnya. Smartphone ini juga memiliki layar 5 inci namun beresolusi High Definition. Spesifikasi lainnya adalah chipset MediaTek MT6755, RAM 2 GB, memori internal 16 GB + microSD card hingga 200 GB, kamera utama 13 MP, kamera depan 8 MP, dan baterai 2300 mAh. Meskipun demikian, sistem operasi yang dijalankannya juga sama yaitu Android 6.0 Marshmallow. Sebagai varian terendah, Sony Xperia XA tidak memiliki fitur kedap air (IP68), pemindai sidik jari, maupun speaker stereo.

Sony Xperia X, X Performance, dan XA – Harga dan ketersediaan

Di Eropa, Sony Xperia X ditawarkan dengan harga Rp 9 juta, sedangkan Xperia XA dengan harga Rp 5 juta. Belum ada informasi terkait harga Xperia X Performance, namun sebagai varian tertinggi, harganya pasti akan paling mahal dari keduanya. Perlu diingat bahwa harga smartphone di Asia akan lebih murah, sehingga harga keduanya akan lebih murah dari yang kami sebutkan. Sony berjanji ketiga smartphone terbarunya akan mulai tersedia di pasar pada pertengahan tahun ini. Kalian pecinta Sony di Indonesia tentu berharap keluarga Xperia X juga akan dipasarkan di Indonesia secepatnya.