Sony Merilis Software Update untuk Xperia Z3+ Demi Mengurangi Masalah Overheating

Sony Merilis Software Update untuk Xperia Z3+ Demi Mengurangi Masalah Overheating

Bulan lalu, Sony mengakui masalah overheating yang terjadi pada Sony Xperia Z3+ atau Sony Xperia Z4v yang disebabkan oleh penggunaan chipset Snapdragon 810. Hingga saat ini, Qualcomm masih belum berhasil untuk mengatasi masalah tersebut, namun Sony berhasil menemukan solusi dengan merilis software update versi 28.0.A.7.24 untuk mengatasi hal tersebut.

Software tersebut berukuran 70 MB dan secara otomatis akan mengubah sistem operasi Android ke versi 5.0.2 Lollipop. Anda dapat mengeceknya melalui menu Settings dan meng-install software tersebut melalui smartphone atau computer Anda, namun data-data yang tersimpan pada smartphone Anda tidak akan hilang. Sony Xperia Z3+

Belum ada konfirmasi lebih lanjut seberapa efektif software update dari Sony dapat mengurangi masalah overheating tersebut. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan mengurangi kecepatan CPU dan GPU.

Masalah overheating juga dialami oleh HTC pada smartphone HTC One M9 dan software update sedikit mengurangi masalah tersebut (mengurangi kecepatan CPU, namun tidak menyelesaikan masalah tersebut secara tuntas), yang tentu akan mengurangi performa dari smartphone tersebut. Hal ini terjadi setelah HTC mengeluarkan software update untuk menjaga temperature HTC One M9 tidak panas meski sedang di-charge. Dengan demikian, menyelesaikan masalah overheating pada Snapdragon 810 tidak mudah.