Smartphone Xiaomi Meledak Saat Digunakan

Bukan kali pertama kita mendengar kabar mengenai smartphone yang meledak. Kali ini, hal tersebut terjadi pada smartphone Xiaomi. Apa yang sebenarnya terjadi?

xiaomi-redmi-note-3-best_-1500x1000

Smartphone Xiaomi meledak – Yang mana?

Pekan lalu, seorang pengguna smartphone Xiaomi bernama Ajay Raj Negi menuiskan pada halaman facebook Mi Mobile mengenai insiden yang dialaminya. Insiden tersebut terjadi ketika dia sedang menggunakan Xiaomi Mi 4i di kantornya pada 16 Juli 2016. Dia juga mengunggah video insiden tersebut pada halaman facebook Mi Mobile. Dalam video tersebut, terlihat seorang pria melempar smartphone ke atas meja dan kemudian smartphone tersebut mengeluarkan api dan meledak.

Untungnya, tidak ada orang yang terluka akibat insiden tersebut. Ajay mengatakan bahwa Xiaomi Mi 4i miliknya dibeli melalui Flipkart. Insiden ini tampaknya bukan kesalahan Xiaomi. Tidak lama setelah itu, Xiaomi memberikan pernyataan resmi bahwa mereka segera melakukan investigasi untuk menemukan penyebab insiden tersebut. Lebih lanjut, Xiaomi menawarkan smartphone baru kepadanya dan belum diketahui apakah smartphone tersebut adalah smartphone Xiaomi jenis lainnya. Akankah pria tersebut ingin menggunakan smartphone Xiaomi lagi?

Kita tentu menanti tanggapan lebih lanjut dari Xiaomi untuk mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan insiden tersebut. Belajar dari berbagai insiden yang pernah terjadi, penyebabnya adalah penggunaan charger atau aksesori yang tidak resmi. Kita harus berhati-hati saat menggunakan smartphone. Tidak asing lagi bila kita mendengar kabar seseorang kehilangan telinga atau beberapa jarinya ketika sedang bertelepon atau bermain internet pada smartphone.

Smartphone meledak – biasanya disebabkan oleh …..

Baterai menjadi sangat panas atau penyebab lainnya. Sebagai contoh, menggunakan smartphone yang sedang di-charge sebenarnya dapat meningkatkan suhu yang lebih tinggi. Penggunaan baterai dan charger yang tidak asli dan meletakkan smartphone langsung di bawah sinar matahari atau benda panas, juga berpotensi memicu ledakan smartphone.