Smartphone Xiaomi Berlayar 4,3 Inci: Respon Xiaomi Atas iPhone SE?

Sebagian besar smartphone yang beredar di pasar saat ini memiliki layar dengan bentang mulai dari 5 inci hingga 6 inci. Banyak orang mengatakan bahwa smartphone berlayar besar terkadang sulit digunakan dengan satu tangan saja. Untuk mengatasi hal tersebut, tampaknya beberapa produsen mulai berencana untuk melahirkan kembali smartphone berukuran kecil dengan layar kurang dari 5 inci. Salah satunya adalah Xiaomi.

Smartphone Xiaomi

Smartphone Xiaomi berlayar 4,3 inci – Respon Xiaomi terhadap kehadiran iPhone SE?

Belum lama setelah iPhone SE berlayar 4 inci diluncurkan pada 21 Maret 2016, beredar sebuah kabar bahwa Xiaomi sedang mempersiapkan smartphone berlayar 4,3 inci. Sebelumnya, juga beredar informasi bahwa Samsung juga sedang mengembangkan Samsung Galaxy S7 Mini yang beberapa spesifikasinya juga tidak jauh berbeda dengan dua saudaranya, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Setelah iPhone SE dirilis, tampaknya segmen smartphone berlayar 4 inci kembali menarik perhatian beberapa produsen smartphone.

Smartphone Xiaomi berlayar 4,3 inci terlihat di salah satu situs di China. Layar 4,3 inci tersebut memiliki resolusi 720 x 1280 piksel (High Definition). Selain itu, beberapa spesifikasinya yang diketahui hingga saat ini adalah RAM 3 GB, memori internal 32 GB, kamera utama 13 MP, dan chipset Snapdragon 820 1,8 GHz. RAM dan chipset tersebut sama dengan yang dimiliki Xiaomi Mi 5. Dengan demikian, meskipun berukuran kecil, namun performanya dapat menyaingi Mi 5 yang berukuran lebih besar. Selain itu, bila kalian perhatikan gambar di bawah, smartphone ini memiliki tombol home berbentuk fisik yang terletak di bawah layarnya. Kemungkinan besar tombol home tersebut juga akan dibekali pemindai sidik jari seperti pada Xiaomi Mi 5.

Smartphone Xiaomi

Bila kalian masih ingat, Xiaomi juga pernah menghadirkan smartphone dengan layar 4,3 inci. Smartphone tersebut adalah Mi 2 (2012) dan Mi 2s (2013). Keduanya dibekali spesifikasi yang sama, meliputi layar 4,3 inci beresolusi 720 x 1280 piksel, chipset Snapdragon APQ8064 quad-core, RAM 2 GB, memori internal 16 GB (tanpa slot microSD card), dan baterai 2000 mAh. Untuk fotografi, keduanya didukung kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP. Nah, smartphone Xiaomi terbaru yang berlayar 4,3 inci tersebut jauh lebih mutakhir dan akan melanjutkan kesuksesan dua pendahulunya.

Smartphone terbaru Xiaomi berlayar 4,3 inci – Harga dan ketersediaan

Hingga saat ini, masih belum ada pernyataan dari Xiaomi terkait nama smartphone terbarunya yang memiliki layar 4,3 inci. Untuk harga dan waktu rilisnya, menurut beberapa sumber, smartphone ini akan ditawarkan seharga $275 atau sekitar Rp 3,6 juta dan diperkirakan akan dirilis pada bulan Juni 2016. Kami prediksi akan semakin banyak smartphone berlayar 4 inci yang akan meluncur pada tahun ini. Bagaimana pendapat kalian terkait smartphone berlayar 4,3 inci dari Xiaomi ini?