Smartphone iOS vs Windows: Mana Pilihan Yang Lebih Baik?

Smartphone Android tidak perlu dipertanyakan lagi merupakan smartphone paling populer di pasar saat ini. Namun, ketika mempertimbangkan sistem operasi lain yang masuk dalam urutan tiga besar, kalian lebih memilih smartphone iOS atau Windows?

Windows phone

1 Antarmuka smartphone iOS vs Windows

Pertama, mari kita perhatikan tampilan antarmukanya. Setelah prosesor dan RAM, tampilan antarmuka juga menjadi faktor penting dalam memilih smartphone yang sesuai untuk setiap konsumen. Pada saat Windows pertama kali memperkenalkan format Tile, hal tersebut mendapat respon yang kurang positif dari para konsumen karena sulit untuk dioperasikan. Namun, seiring dengan pertumbuhan smartphone Windows, format yang unik tersebut juga menjadi populer. Terutama setelah pembaharuan sistem operasi Windows 8.1 dipublikasikan, para konsumen mulai menyukai antarmuka Windows. Hal ini terjadi karena segala sesuatu yang diperlukan dapat ditampilkan pada home screen dan mudah dioperasikan meskipun dengan format Tile, membuat multi tasking lebih mudah dan cepat, serta nyaman digunakan untuk mendukung kegiatan kantor dan bisnis.

Sementara itu, antarmuka sistem operasi iOS juga hadir dengan tampilan yang unik. Antarmuka tersebut menawarkan tampilan icon, menu, dan wallpaper yang menarik. Diperlukan beberapa saat agar kalian terbiasa untuk menggunakannya. Bila kalian sudah terbiasa, kalian akan mudah untuk mengoperasikannya.

Windows phone

2 Web browser

Di antara smartphone Windows dan iOS, banyak pengguna mengungkapkan bahwa lebih cepat dan mudah menggunakan web browser pada smartphone Windows karena dibekali Internet Explorer yang telah mengalami kemajuan pesat sejak Windows 8. Pengguna smartphone iOS tentu menggunakan Safari yang juga berkualitas, namun tidak secepat Internet Explorer. Kali ini, smartphone Windows kembali lebih unggul dari pesaingnya.

Windows phone

3 Sistem keamanan

Smartphone iOS dapat membalas dendam pada smartphone Windows pada aspek ini. Sejak sistem keamanan pada smartphone semakin menjadi perhatian utama para konsumen, iPhone lebih diminati karena memiliki sistem keamanan yang sangat baik. Data-data rahasia pada iPhone dapat dilindungi dengan kata sandi, sidik jari, atau pola angka. Pengguna iPhone tidak perlu khawatir data-data rahasianya akan dicuri bila iPhone miliknya ada di tangan orang lain. Sementara itu, sistem keamanan pada smartphone Windows, seperti pada Android, lebih lemah dan mudah ditembus.

Windows phone

4 Hardware dan sistem pendukung

Diciptakan sebagai pendamping kegiatan bisnis, smartphone Windows cenderung memiliki performa yang lebih tangguh dan cepat dengan RAM yang lebih impresif. Di sisi lain, smartphone iOS biasanya hadir dengan RAM dan prosesor yang lebih kecil. Hal ini dapat dipahami karena iPhone diciptakan sebagai perangkat untuk menikmati hiburan daripada untuk bekerja. Dengan demikian, fokus utama dari iPhone adalah desain, kamera, dan berbagai hal yang membuat penggunanya terhibur.

Windows phone

5 Kesimpulan

Seperti yang kami sebutkan di atas, bila kalian mencari smartphone untuk menikmati hiburan, smartphone iOS adalah pilihan yang lebih tepat. iPhone dicintai berkat kualitas kameranya yang sulit ditandingi oleh smartphone lainnya, meskipun resolusinya kecil. iPhone juga hadir dengan fitur pendukung untuk mendengarkan lagu dan desain elegan yang terlihat mewah pada tangan kalian. Bila kalian adalah pekerja yang membutuhkan smartphone dengan performa yang lancar dan cepat, smartphone Windows dengan segala kelebihannya adalah pilihan yang tepat.

Windows phone

Apakah kalian sudah menemukan pilihan kalian? Selain smartphone Android, kalian lebih memilih smartphone Windows atau iOS? Silahkan berbagi dengan kami.