Apple iPhone 8 & iPhone 8 Plus: Smartphone INI Punya Kamera Terbaik di Dunia

Bila kalian penggemar fotografi dan mencari smartphone dengan kamera terbaik, kalian perlu mempertimbangkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Mengapa? Kami memiliki alasannya di bawah ini.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus – Smartphone dengan kamera terbaik

Kami tidak ragu mengatakan hal di atas karena DxOMark baru saja merilis daftar smartphone dengan kamera terbaik hingga saat ini. Sekedar informasi, DxOMark adalah situs milik DxO Labs yang memberikan informasi terkait kualitas gambar dari kamera digital, kamera smartphone, serta kualitas lensa. Untuk menentukan peringkat dari kualitas kamera smartphone, DxOMark tentunya mempertimbangkan beberapa hal, termasuk kemampuan perbesaran gambar serta efek bokeh. Hasilnya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus menduduki dua posisi teratas.

Di antara keduanya, iPhone 8 Plus meraih nilai 94 poin, disusul oleh iPhone 8 dengan 92 poin. Seperti kita ketahui, kamera belakang iPhone 8 sama dengan kamera utama milik iPhone 8 Plus. Kamera tersebut mampu menangkap foto dengan mode HDR dengan kualitas yang sangat baik. Nah, yang membuat iPhone 8 Plus lebih unggul adalah kehadiran kamera sekunder yang mendukung pemotretan dengan efek bokeh dan perbesaran optik maupun digital, dua aspek yang ikut dinilai oleh DxO Labs. Selain itu, kedua kameranya juga mampu merekam video dengan kestabilan yang sempurna.

Kamera Terbaik di Dunia

Mari kita ulas sedikit terkait kamera keduanya. iPhone 8 emiliki kamera belakang 12 MP dengan diafragma f/1.8 yang memiliki kemampuan perbesaran optik 5 kali. Sementara itu,, iPhone 8 Plus memiliki dua kamera belakang. Satu kamera 12 MP (f/1.8) dengan sudut lebar dan kamera telefoto 12 MP (f/2.8). Dengan kedua kamera tersebut, iPhone 8 Plus memungkinkan kita untuk menikmati perbesaran digital hingga 10 kali saat memotret foto serta 6 kali saat merekam video. DxO Labs memang masih belum menguji kamera ganda Galaxy Note 8 serta Google Pixel 2 yang baru akan meluncur nanti.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus – Cocok untuk fotografi

Dengan hasil ini, kedua smartphone Apple ini mengungguli berbagai smartphone terbaik yang lahir tahun ini, seperti HTC U11 dengan 90 poin dan bahkan Sony Xperia XZ Premium yang hanya mendapatkan 83 poin. Nah, tentunya keduanya sangat direkomendasikan untuk kalian pecinta fotografi. Kami sampaikan bahwa harga iPhone 8 adalah $699 (Rp 9,4 juta) untuk varian ROM 64 GB dan $849 (Rp 11,4 juta) untuk varian ROM 256 GB. Sementara itu, harga iPhone 8 Plus adalah $799 (Rp 10,75 juta) untuk varian ROM 64 GB dan $949 (Rp 12,7 juta) untuk varian ROM 256 GB.