Smartphone Android Ungguli Smartphone iOS dan Windows

Smartphone Android kini menguasai sebagian besar pasar smartphone global. Dengan Android N, sistem operasi terbaru dari Google, smartphone Android akan semakin menguasai pasar global.

Android smartphone

Smartphone Android – 76% pangsa pasar global

Smartphone yang menjalankan Windows, iOS, dan Android adalah tiga jenis smartphone yang paling banyak digunakan saat ini. Di antara ketiganya, smartphone Android paling mendominasi dan mengungguli dua jenis smartphone lainnya. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian yang dilakukan Kantar Worldpanel. Menurut hasil penelitiannya, smartphone yang menjalankan sistem operasi Android dari Google terus memimpin pasar smartphone global selama tiga bulan pertama tahun 2016. Hal ini tidak terlalu mengejutkan kita semua.

Beberapa waktu yang lalu, Kantar Worldpanel meneliti penjualan smartphone di seluruh dunia. Mereka menyimpulkan bahwa smartphone Android menguasai 76% pangsa pasar smartphone global, meningkat 5,8% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Hal ini kemungkinan disebabkan peralihan pengguna smartphone Windows ke Android yang jumlahnya sekitar 10%.

Android smartphone

Pada tahun lalu, smartphone Windows masih menguasai 3,8% pasar smartphone di Amerika Serikat dan 9,3% di lima negara Eropa (Jerman, Inggris, Perancis, Italia, dan Spanyol). Pada tahun ini, pangsa pasarnya turun menjadi 1,3% di Amerika Serikat dan 4,8% di lima negara Eropa tersebut. Hal ini juga terjadi di berbagai negara lainnya. Sementara itu, smartphone yang menjalankan iOS juga mengalami hal yang sama. Apple hanya menguasai 18,3% pasar Eropa (turun 1%), 20,1% di pasar China (turun 4,4%), dan 30,7% di Amerika Serikat (turun 2,5%).

Smartphone Android – Dapatkah smartphone iOS bersaing?

Smartphone Android masih dan akan terus mengancam smartphone lainnya, terutama smartphone iOS. Hal ini merupakan pertarungan yang panjang. Apple harus mewaspadainya karena juga sedikit kehilangan pangsa pasarnya meskipun di negara tempat ia bermarkas. Apple baru merilis iOS 10, sedangkan Google akan merilis Android N. Nah, apakah smartphone iOS mampu bersaing dengan Android?