Siapakah Pemenang Smartphone Dengan Daya Tahan Baterai Paling Lama?

Smartphone dengan baterai besar dan tahan lama selalu menjadi hal yang menarik perhatian banyak orang. Berbagai produsen ikut meramaikan segmen pasar ini. Nah, siapakah yang menjadi pemenang dalam pertarungan smartphone dengan daya tahan baterai paling lama?

long battery life smartphone

Smartphone dengan daya tahan baterai lama – Samsung vs Sony

Baterai menjadi salah satu komponen penting dari smartphone yang menjadi perhatian para konsumen ketika ingin menentukan pilihan smartphone baru. Hal ini yang membuat banyak produsen memberikan perhatian utama pada fitur ini. Banyak merek yang menghadirkan smartphone dengan baterai besar. Mari kita telusuri smartphone apa yang memiliki daya tahan baterai paling impresif berdasarkan hasil penelitian selama tiga tahun yang dilakukan oleh tim PhoneArena.

Seperti yang kalian dapat lihat pada grafik di bawah ini, Samsung dan Sony adalah dua produsen teratas yang menawarkan smartphone dengan baterai terbaik saat ini. Namun, Sony menunjukkan performa yang kurang stabil. Pada awal tahun 2013, rata-rata daya tahan baterainya hanya 300 menit. Kemudian, pada tahun 2014, daya tahan baterainya meningkat drastis dan hal ini ditunjukkan oleh Sony Xperia Z3. Setelah itu, performa baterainya kembali turun dan hal ini ditunjukkan oleh Sony Xperia Z3+ dan Xperia Z5. Pada semester pertama tahun 2016, performanya kembali naik dan ditunjukkan oleh Sony Xperia X.

long battery life smartphone

Di antara berbagai merek besar lainnya, Apple, HTC, LG, dan Motorola, performa baterai smartphone HTC paling stabil (di antara 400 – 450 menit). Hal yang sama juga dialami oleh Motorola. Sementara itu, performa baterai iPhone buatan Apple terus meningkat setelah mendapat banyak keluhan dari para konsumen. Di sisi lain, LG menduduki peringkat paling bawah di antara merek-merek besar lainnya.

Smartphone dengan daya tahan baterai terlama – Sony menjadi pemenangnya

Dengan demikian, Sony dan Samsung menjadi smartphone dengan daya tahan baterai terbaik sejauh ini. Yang menjadi kunci kesuksesan Samsung adalah pada Galaxy Note series dengan daya tahan baterainya yang terus meningkat. Secara umum, smartphone Sony masih mengungguli pesaingnya dari Korea selama dua tahun terakhir.